Peta dan Profil Kabupaten Raja Ampat Selatan + Utara Papua Barat Indonesia

Peta Profil kabupaten raja ampat selatan utara papua barat indonesia administrasi lpse logo pemerintah kode pos jumlah penduduk kab wikipedia pdf pemekaran dalam angka kepulauan

Menengok Warisan Alam dan Kekayaan Alam Bawah Laut di Kawasan Wisata Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kawasan wisata yang namanya mulai tersohor hingga ke mancanegara. Kekayaan alam bahari yang dimiliki oleh Raja Ampat lah yang membuat kawasan ini menarik dan mendapat banyak pujian.

Secara administratif, kawasan wisata Raja Ampat ini merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Raja Ampat. Raja Ampat sebagai kabupaten merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Sorong di tahun 2002 lalu, bersamaan dengan pemekaran dari 14 kabupaten baru di Tanah Papua.

Pembentukan Raja Ampat sebagai kabupaten dideklarasikan melalui UU No. 26 tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Sarmi, Kabupaten Kerom, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Raja Ampat, tanggal 3 Mei tahun 2002.

Pemerintahan baru di kabupaten ini baru efektif tanggal 9 Mei 2003.

Pusat pemerintahannya terletak di kota Waisai, Distrik Waigeo Selatan, sekitar 36 mil dari Kota Sorong.

Sebagai sebuah kabupaten, Raja Ampat berada di bawah Provinsi Papua Barat dan melingkupi hingga 1.800 pulau besar dan kecil serta wilayah perairan yang terbentang di antara kepulauan tersebut.

Kabupaten ini membentang dengan luas sekitar 4,6 juta hektar dengan mayoritas wilayahnya berupa perairan. Setidaknya, perbandingan luas daratan dan perairannya yakni 1 : 6. Raja Ampat terdiri dari 24 distrik, 117 kampung, dan 4 kelurahan.

Ke-24 distriknya meliputi Distrik Misool Utara, Distrik Waigeo Utara, Waigeo Selatan, Distrik Salawati Utara, Distrik Kepulauan Ayau, Distrik Misool Timur, Distrik Waigeo Barat Daratan, Distrik Waigeo Timur, Distrik Teluk Mayalibit, Distrik Kofiau.

Selanjutnya Distrik Meosmanswar, Distrik Batanta Selatan, Distrik Misool Selatan, Distrik Wawarboni, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Distrik Misool Barat, Distrik Kepulauan Sembilan, Distrik Wasai Kota.

Lalu Distrik Salawati Tengah, Distrik Salawati Barat, Distrik Ayau, Distrik Tiplol Mayalibit, Distrik Batanta Utara, dan Distrik Supnin.

Peta Administrasi

Secara geografis, kawasan Raja Ampat berbatasan dengan beberapa daerah di Indonesia, sekaligus berbatasan langsung dengan negara lain yakni Republik Federal Palau, tepatnya di Pulau Fani, Raja Ampat.

Karena berbatasan langsung dengan negara lain, Raja Ampat pun memegang peranan geopolitics yang penting.

Tak hanya itu, peran Raja Ampat sebagai pusat ekowisata pun juga teramat penting. Raja Ampat memang berada di lokasi yang sangat strategis di jantung pusat segitiga karang dunia atau Coral Triangle.

Letaknya yang strategis inilah yang membuat Raja Ampat menjadi pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya yang ada di dunia. Kekayaan, keunikan serta keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Raja Ampat memang luar biasa tinggi.

Di wilayah perairan kepulauan Raja Ampat ini, paling tidak dapat ditemukan hingga 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak) dan 537 jenis hewan karang.

Aneka jenis terumbu karang indah yang ada di Raja Ampat ini jauh lebih banyak dari yang dapat ditemukan Lautan India Barat, pesisir Srilanka, India, Pakistan, Karibia, maupun daerah lain yang terkenal akan kekayaan terumbu karangnya.

Bahkan, banyak dari terumbu karang, serta flora tropis yang ada di Raja Ampat ini yang belum pernah ditemukan di daerah mana pun di dunia ini. Kekayaan itu ada di Raja Ampat, terutama di Pulau Salawati dan Batanta.

Bahkan, tak hanya wilayah perairannya saja yang penuh dengan kekayaan. Di kawasan Raja Ampat juga dapat ditemukan hamparan padang lamun, hutan mangrove, serta pantai dengan tebing berbatu yang memiliki panorama begitu memukau.

Dengan kekayaan seperti ini, wajar saja kalau Raja Ampat memiliki potensi eko wisata yang begitu besar.

Bahkan, pemerintah Indonesia yang menyadari akan potensi besar dari Raja Ampat ini pun telah mendaftarkan Raja Ampat sebagai Lokasi Warisan Dunia (World Herritage Site).

Untuk pengembangan wisata bahari Raja Ampat, dipusatkan di area Pulau Kofiau, Misool, Waigeo Selatan dan Barat, serta Kepulauan Ayau.

Dengan kekayaan seperti ini, siapa yang masih meragukan kabupaten Raja Ampat sebagai wilayah paling potensial sebagai destinasi ekowisata terbaik di dunia.

Leave a reply "Peta dan Profil Kabupaten Raja Ampat Selatan + Utara Papua Barat Indonesia"

Author: 
    author