Alamat Lokasi Raja Ampat Papua Dimana? Ini Peta Letak Geografis -nya

1857 views

Alamat lokasi raja ampat papua dimana peta letak geografis taman laut nasional pantai foto sorong ke kebupaten kepulauan dan pulau menuju wisata daerah tempat diving sail lengkap dive resort lodge

Letak Strategis Raja Ampat sebagai Amazon Lautan Dunia

Kalau mencari sebuah objek wisata yang berada di lokasi super strategis, mungkin jawaban yang tepat adalah Raja Ampat. Raja Ampat memang berada di lokasi yang tepat sehingga membuatnya begitu kaya dengan warisan alam bahari.

Kekayaan alam inilah yang membuat Raja Ampat menjadi sebuah destinasi yang sangat mengagumkan. Bahkan, kekayaan alam bahari Raja Ampat ini pun telah tersohor hingga seantero dunia. Ya, para pecinta wisata alam bahari seluruh dunia pastilah mengenal Raja Ampat Papua ini.

Dan mereka yang pernah datang ke Raja Ampat ini, tentu setuju kalau warisan alam bahari yang dimiliki Raja Ampat sungguh pantas disebut sebagai jawaranya pariwisata bahari seluruh dunia.

Profil Kabupaten Raja Ampat

Kawasan wisata Raja Ampat ini termasuk dalam wilayah administratif kabupaten Raja Ampat.

Raja Ampat adalah sebuah kabupaten yang baru dideklarasikan tahun 2003 lalu melalui UU No. 26 tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Sarmi, Kabupaten Kerom, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Raja Ampat.

Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu dari 14 kabupaten baru di Provinsi Papua Barat yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Sorong. Dalam kabupaten Raja Ampat terdapat 1.800-an pulau kecil, atol dan taka serta 4 pulau besar.

Empat pulau besarnya meliputi Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Dari keseluruhan pulau yang ada di Raja Ampat, hanya 35 pulau saja yang dihuni penduduk. Ibu kotanya sendiri ada di kota Waisai.

Lokasi Kabupaten Raja Ampat

Raja Ampat secara geografis berada di 2º25’ LU – 4º25’ LS dan 130º – 132º55’ BT. Tepatnya ada di bagian barat paruh burung pulau Papua.

Luas Kabupaten  Raja Ampat sekitar 881.953 km2 dengan luas daratan hanya sekitar 6.084,50 km2, dan panjang wilayah garis pesisir pantai lebih dari 753 km. Perbandingan wilayah daratan dan lautannya mencapai 1 : 6, dengan wilayah perairan yang lebih dominan.

Kepulauan Raja Ampat dibagi menjadi 24 distrik, 117 kampung, dan 4 kelurahan. Secara administratif, sebelah utara Raja Ampat berbatasan dengan Samudera Pasifik, dan wilayah Negara Palau.

Di sebelah timur berbatasan dengan Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. Sebelah selatannya berbatasan dengan Kabupaten Seram Utara, Provinsi Maluku. Serta di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

Raja Ampat Sebagai Amazon Lautan Dunia

Lokasi Raja Ampat dianggap sebagai sebuah lokasi yang sempurna yang mampu membuat perairannya menjadi rumah bagi ratusan bahkan ribuan jenis flora dan fauna lautan. Sebuah tempat yang mampu menghasilkan sebuah panorama surga bahari dunia.

Ya, Raja Ampat menjadi sebuah tempat yang paling kaya akan flora dan fauna laut di dunia. Tak ada tempat dengan luasan yang sama dengan Raja Ampat, yang memiliki jumlah spesies flora dan fauna seperti Raja Ampat.

Ketenaran Raja Ampat ini pun telah sampai ke seluruh dunia. Bahkan, sebuah film dokumenter pernah dibuat untuk menunjukkan keindahan alam bahari dari Raja Ampat. Film yang berjudul ‘Edis Paradise 3’ itu dibuat oleh Avant Premeire dan ditayangkan perdana di Swiss.

Dalam film itu, Raja Ampat pun disebut sebagai Amazon Lautan Dunia. Julukan Amazon Lautan Dunia ini diberikan kepada Raja Ampat karena posisinya yang ada di pusat segitiga karang dunia.

Sebagai Amazon Lautan Dunia, Raja Ampat pun memiliki kekayaan alam bahari berupa koral yang begitu banyak. Setidaknya, sekitar 75 % dari seluruh spesies koral yang ada di dunia ini dapat Anda temukan di wilayah perairan Kepulauan Raja Ampat.

Berada di jantung pusat segitiga karang dunia (Coral Triangle) memang menjadikan Raja Ampat menjadi pusat keanekaragaman hayati laut tropis paling kaya di dunia saat ini.

Kekayaan dan keunikan spesies di Raja Ampat ini menyimpan hingga 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak) dan 537 jenis hewan karang. Begitu pun kekayaan terumbu karang, hutan mangrove, hamparan padang lamun, serta pantai tebing berbatu yang indah ada di Raja Ampat.

Kekayaan ini pula yang membuat Raja Ampat dirasa pantas menyandang gelar Lokasi Warisan Dunia (World Herritage Site).

Tags: #Lokasi Kabupaten Raja Ampat #Profil Kabupaten Raja Ampat #Raja Ampat Sebagai Amazon Lautan Dunia

Leave a reply "Alamat Lokasi Raja Ampat Papua Dimana? Ini Peta Letak Geografis -nya"

Author: 
    author