5 Makanan Khas Balikpapan Kaltim Adalah Olahan Kepiting : Peyek, Abon, Keripik, Pepes, Dendeng DLL

5 Makanan khas balikpapan kaltim adalah di jakarta dan samarinda ciri oleh2 ringan sunda kota bakpia amplang mantau bingka olahan kepiting peyek abon keripik pepes dendengKurang Lengkap Tanpa Mencicipi 5 Sajian khas Kota Balikpapan ini

Balikpapan adalah sebuah kota yang cukup terkenal di Indonesia. Sebenarnya Balikpapan adalah sebuah kota kecil yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Namun kota Balikpapan adalah sebuah kota yang berkembang dengan cepat.

Kota Balikpapan adalah sebuah kota yang memiliki berbagai suku di dalamnya namun suku aslinya adalah Suku Dayak. Banyaknya orang yang datang ke Balikpapan sedikit banyak mempengaruhi dari budaya yang ada di Balikpapan.

Begitu juga dengan makanan atau kuliner yang ada di Balikpapan sedikit terpengaruh dari budaya luar Balikpapan. Dan karena banyaknya yang masuk ke kota Balikpapan baik kulner dan budaya lainnya menjadi semakin kaya.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Balikpapan yang wajib anda cicipi saat anda berkunjung ke Balikpapan.

  1. Bakpia

Bakpia adalah makanan yang sebenarnya berasal dari Tionghoa, namun di Indonesia bakpia yang paling terkenal adalah bakpia pathok yang ada di Jogja. Ternyata di Balikpapan bakpia juga menjadi makanan khas kota Mereka.

Dari bahan pembuatannya memang relative sama hingga dari isiannya juga mempunyia varian yang sama, seperti kacang hijau dan coklat. Namun yang berbeda adalah bentuk dari bakpia Balikpapan jauh lebih besar dari bakpia di tempat lain.

Selain itu rasa dari bakpia Balikpapan lebih renyah dan gurih. Jika anda berkunjung ke Balikpapan lagi suatu saat jangan lupa mencoba menikmati bakpia khas Balikpapan. Tempat yang terkenal dalam menjual bakpia ini adalah di Jalan A. Yani, Balikpapan.

  1. Amplang

makanan khas balikpapan

Amplang adalah makanan ringan khas kota Balikpapan sejenis kerupuk. Amplang terbuat dari tepung, telur, rempah-rempah, dan daging ikan. Pada awalnya daging ikan yang digunakan adalah daging ikan pipih atau ikan belida.

Namun karena sekarang ikan pelipih atau ikan belida sulit ditemukan maka daging ikan tersebut diganti dengan menggunakan ikan tenggiri. Bentuk kerupuk ini cukup beragam dari yang bulat memanjang hingga yang berbentuk seperti kuku macan.

Rasa gurih dan nikmat dari kerupuk ini sangat pas dijadikan sebagai salah satu teman makan. Jika anda tertarik dan penasaran dengan rasa amplang ini anda bisa datang ke sepanjang jalan A. Yani di Balikpapan yang terdapat banyak sekali penjual makanan khas yang satu ini.

  1. Mantau

Satu lagi yang sebenarnya adalah makanan khas Tionghoa yang telah beradaptasi dan mengalami proses kulturisasi sehingga menjadikan makanan ini juga termasuk kedalam makanan khas Balikpapan.

Mantau atau bisa disebut juga dengan roti span jika dilihat sekilas maka akan seperti kue bakpao. Mantau khas Balikpapan ini diisi dengan olahan daging rusa. Daging rusa yang terdapat pada roti mantau diberi bumbu tambahan yaitu lada hitam.

Karakter daging rusa yang berasa agak manis dengan tambahan dari lada hitam yang gurih membuat rasa dari mantau ini begitu nikmat. Makanan yang sulit anda temukan di tempat lain ini bisa anda jadikan salah oleh-oleh khas dari Balikpapan.

  1. Bingka

Bingka merupakan makanan ringan yang terbuat dari campuran telur, gula, susu, mentega, dan kentang serta santan. Karena bahan-bahan campuran tersebut membuat rasa dari keu ini sangat nikmat dan gurih.

Sekarang sudah ada bingka dengan berbagai varian rasa yang dapat membuat lidah anda ketagihan seperti rasa coklat, pisang, keju, dan gula merah.

  1. Olahan Kepiting

Tidak bisa dipungkiri lagi jika kota Balikpapan adalah salah kota penghasil kepiting terbaik di Indonesia.

Oleh karena itu anda bisa menemukan berbagai tempat makan yang menyajikan berbagai olahan kepiting yang begitu nikmat dan gurih, antara lain peyek, abon, keripik, pepes, dendeng, kenari dan olahan lainnya.

Kurang lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Balikpapan tanpa mencicipi makanan khas dari Balikpapan yang satu ini.

Tags: #Amplang #Bakpia #Bingka #Mantau #Olahan Kepiting

Leave a reply "5 Makanan Khas Balikpapan Kaltim Adalah Olahan Kepiting : Peyek, Abon, Keripik, Pepes, Dendeng DLL"

Author: 
    author