7 Makanan Khas Jambi Dan Penjelasannya Beserta Keterangannya : Tempoyak DLL Lengkap

7 Makanan khas jambi dan penjelasannya beserta keterangannya tempoyak lengkap dari umbi gambarnya wikipedia nama minuman ciri segar tradisional daerah kota masakan kue srikaya jus pinang nasi gemuk gandus gulai tepek ikan cumi cah kangkung

Nasi Gemuk Khas Jambi

7 Sajian Kuliner yang begitu gurih dari kota Jambi

Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki nama ibu kota yang sama dengan nama provinsinya. Jambi adalah salah satu kota yang memiliki kebudayaan Melayu yang cukup kental.

Selain budaya Jambi juga memiliki berbagai makanan khas Jambi yang pasti akan membuat anda ketagihan dalam mencobanya. Berikut ini adalah sajian-sajian kuliner Jambi yang wsajib diburu saat anda sedang berada di kota tersebut.

  1. Kue Srikaya

Dari namanya pasti banyak yang mengira kue yang satu ini terbuat dari olahan buah srikaya. Srikaya adalah buah yang biasa dijadikan sebagai sirup dan selai. Naum kue ini bukanlah kue yang terbuar dari buah srikaya walaupun dari namanya mengatakan begitu.

Kue srikaya terbuat dari tape yang oleh dengan santan yang kemudian diberi pewarna alami hijau yaitu daun pandan. Selain menjadi pewarna alami daun pandan ini juga menjadikan rasa dari kue ini begitu nikmat dan gurih untuk disantap sebagai cemilan.

  1. Jus Pinang

Berbeda dengan kue srikaya yang tida terbuat dari buah srikaya, jus pinang adalah jus yang benar-benar terbuat dari buah pinang yang diberi tambahan jahe merah dan gula merah, pandan, cengkeh, serai, dan kulit manis.

Jus ini juga dipercaya bisa menambah daya tahan tubuh meningkatkan stamina dan mengobati sakit masuk angin.

Pada umunya jus pinang dicampur dengan telur ayam kampung dan agar mendapatkan khasiatnya lebih maksimal terkadang jus ini dicampur dengan berbagai jenis rempah-rempah.

  1. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk adalah makanan khas Jambi yang bisa anda dapatkan di Malaysia dan Singapura namun memiliki nama berbeda. Jika di Malaysia dan SIngapura makanan ini disebut dengan nasi lemak.

Nadi Gemuk sendiri adalah salah satu makanan yang termasuk kedalam nasi rasa. Makanan ini adalah menu favorit bagi para masyarakat Jambi untuk mengisi sarapan mereka. Nasi Gemuk adalah makanan yang terbuat dari nasi, santang, daun salam, daun pandan serta daun jeruk.

  1. Gandus

Mungkin anda belum banyak mendengar makanan Gandus. Gandus adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, sagu, bawang putih, dan santan yang dicampur menjadi satu lalu dicetak menggunakan cetakan khususk kue ini yang berbentuk bulat.

Setelah matang keu ini biasanya dipotong kecil-kecil dan dihidangkan menggunakan menu pelengkap seperti ebi, ayam, udang, daging giling dan ayam.

  1. Gulai Tepek Ikan

Gulai tepek ikan adalah kuliner kota Jambi yang hampir tidak ada bedanya dengan gulai-gulai ikan lainnya. Perbedaan yang mencolok adalah makanan ini biasanya hanya dibuat untuk acara-acara penting saja.

Seperti hajatan, kenduri, pesta budaya, jamuan tamu, dan pernikahan. Maka dari itu jika anda ke Jambi dan bisa mendapatkan makanan yang satu ini anda termasuk wisatawan yang beruntung.

  1. Cumi Cah Kangkung

Dari namanya saja pasti anda sudah bisa menebak seperti apa bentuk makanan yang satu ini.

Cumi cah kangkung adalah makanan yang terbuat dari campuran cumi dan kangkung yang dimasak dengan bumbu yang membuat kedua bahan makanan tersbut terasa sangat lezat saat dinikmati. Bumbu yang dipakai biasanya adalah bumbu rempah-rempah, minyak wijen, dan kecap.

  1. Tempoyak

makanan khas jambi

Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari buah durian yang difermentasikan menjadi lauk atau menu pelengkap menu lainnya yang lebih pokok.

Jarang sekali orang mau memakan langsung tempoyak ini. Tempoyak adalah makanan yang memiliki rasa yang asam dan memiliki aroma yang begitu khas seperti halnya buah durian.

Tags: #Cumi Cah Kangkung #Gandus #Gulai Tepek Ikan #Jus Pinang #Kue Srikaya #Nasi Gemuk #Tempoyak

Leave a reply "7 Makanan Khas Jambi Dan Penjelasannya Beserta Keterangannya : Tempoyak DLL Lengkap"

Author: 
    author