6 Makanan Khas Kalimantan Timur Beserta Gambarnya dan Keterangannya : Amplang DLL

6 Makanan khas kalimantan timur beserta gambarnya dan keterangannya amplang penjelasannya samarinda wikipedia adalah berau daerah dari balikpapan dayak provinsi tarakan bontang yang ada tradisional

Ayam Cincane Khas Kaltim

6 Sajian lezat dari Kalimantan Timur

Dunia telah mengakui jika Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan di kebudayaannya dan beragam cirri khasnya.

Selain itu makanan Indonesia juga telah diakui dunia akan kelezatannya. Indonesia yang memiliki wilayah yang cukup luas memiliki berbagai unsure budaya yang berbeda dari satu daerah ke daerah yang lainnya.

Salah satunya adalah Kalimantan Timur. Provinsi yang satu ini memiliki budaya yang berbeda dengan provinsi lainnya di Indonesia. Kalimantan Timur terletak di Pulau Kalimantan.

Kalimantan Timur bukan hanya memiliki kebudayaan yang menarik tapi memiliki juga resep-resep kuliner yang menarik. Untuk anda yang kurang bisa memasak cukup cobalah cicipi beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini.

  1. Ayam Cincane

makanan khas kalimantan timur

Makanan dari Kalimantan Timur yang pertama adalah ayam cincane. Masakan yang satu sudah sangat terkenal sekali khususnya di kota Samarinda. Ayam cincane adalah salah satu sajian lezat dari Kalimantan Timur.

Jika kita lihat sekilas saja masakan ini tidak berbeda dengan masakan ayam lainnya yang ada di Indonesia, namun cobalah cicipi rasanya. Anda akan menemukan perbedaanya yang begitu mencolok.

Yang memebuatnya berbeda adalah bumbu merahnya yang sangat begitu khas kota Samarinda. Biasanya anda bisa menemukan hidangan ini di berbagai acara seperti acara pernikahan dan acara lainnya. Tapi menu ini juga tersedia di berbagai tempat makan yang ada di Samarinda.

  1. Nasi Bekepor

Mungkin anda masih asing mendengar nama makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini, namun jika anda pecinta kuliner dan senang berburu kuliner mencoba rasanya pasti lidah anda akan familiar dengan rasa dari nasi ini.

Nasi Bekepor adalah nasi liwet yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah, serta ikan asin. Saat dihidangkan biasanya nasi ini disajikan bersama daging masak bumi hangus serta sayur gangan asam kukar.

Sayur gangan ini adalah sejenis sayur asem yang di dalamnya ditambah dengan kepala ikan dan ubi manis. Rasa dari menu lengkap sajian kuliner ini akan benar-benar memberikan rasa yang ramai di lidah anda.

  1. Amplang

Amplang merupakan makanan ringan dari Kalimantan Timur yang berupa gorengan kerupuk. Kerupuk ini memakai ikan sebagai bahan dasarnya. Sama dengan kerupuk udang yang memiliki rasa udang yang begitu kuat di kerupuknya makan amplang juga demikian.

Rasa ikan begitu terasa dalam setiap gigitan pada kerupuk amplang. Yang membuat kerupuk ini unik adalah bentuknya yang tidak begitu besar dan menyerupai kuku macan. Kerupuk ini sangat pas dijadikan pelengkap menu makan anda.

  1. Gangan Manok

Gangan Manok adalah makanan yang sejenis bakso. Bedanya bakso yang satu ini menggunakan bahan daging ayam sebagai bahan utama untuk membuat baksonya.

Selain bakso yang terbuat dari daging ayam kauh baksonya pun terbuat dari kaldu ayam. Maka anda akan merasakan kuliner yang bercita rasa ayam yang begitu kental dan kuat. Bakso ini juga menambahkan potongan bayam dan oyong sebagai pelengkapnya.

  1. Nasi Kuning

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Nasi Kuning adalah makanan dari Kalimantan yang sudah sangat terkenal akan kelezatannya. Warna kuning dari masakan ini didapat dari pewarna makanan alami yaitu dari kunyit.

Tambahan santan dan rempah-rempah sebagai bumbu membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat untuk dinikmati.

Biasanya nasi kuning disajikan dengan berbagai lauk standard Indonesaia pada umumnya, seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, telur dadar dan lain-lain.

  1. Lempok Durian

Lempok durian adalah makanan ringan atau cemilan khas Samarinda yang berupa dodol. Lempok durian ini cukup terkenal di Samarinda dan menjadi salah satu oleh-oleh khas kota tersebut.

Dodol ini memiliki rasa yang begitu manis dan lezar karena memakai bahan dasar durian. Lempok biasanya hanya dibuat dari buah durian sebagai bahan utamanya.

Tags: #Amplang #Ayam Cincane #Gangan Manok #Lempok Durian #Nasi Bekepor #Nasi Kuning

Leave a reply "6 Makanan Khas Kalimantan Timur Beserta Gambarnya dan Keterangannya : Amplang DLL"

Author: 
    author