6 Makanan Khas Lombok NTB Tengah, Timur, Utara SELAIN Beberuk : Ayam Taliwang DLL

6 Makanan khas lombok NTB tengah timur utara beberuk di jakarta jogja masakan kabupaten tradisional daerah kering kue nusa tenggara barat rumah makan bandung surabaya mataram bali senggigi malang bogor

Plecing Kangkung Khas Lombok

Lezatnya 6 sajian khas Lombok ini

Lombok adalah salah satu tujuan wisata yang sangat populer di mata masyarakat lokal maupun di mata dunia. Banyak sekali tempat-tempat yang indah di Lobok seperti Gunung Rinjani, dan Pulau Gili.

Lombok juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para peselancar. Meraka datang menikmati bagusnya ombak yang ada di Lombok dan bukan hanya itu mereka datang juga untuk menikmati kuliner khas Lombok yang memiliki rasa yang lezat.

Untuk yang anda yang pernah mengunjungi atau berlibur ke Lombok pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Lombok yang berikut ini. Namun untuk anda yang baru pertama kali ke Lombok pastikan anda tidak melewati makanan di Lombok yang dapat memanjakan lidah anda.

  1. Ayam Taliwang

makanan khas lombok

Ayam Taliwang adalah makanan yang sangat terkenal di Lombok. Ayam taliwang juga kuliner yang bercita rasa pedas, jadi jika anda penyuka pedas anda akan sangat menyukai makanan yang satu ini.

Kuliner yang satu ini biasanya menggunakan ayam kampung untuk meningkatkan rasa dari masakan ini menjadi lebih lezat. Ayam taliwang dapat dimasakn dengan berbagai cara seperi dibakar, digoreng atau dipanggang.

Jadi jika anda datang berlibur ke Lombok pastikan mencicipi makanan ini sebelum pulang.

  1. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung memang makanan yang dapat anda rasakan diberbagai tempat makan. Namun kangkung yang ada di Lombok berbeda dengan kangkung yang tumbuh di Pulau Jawa.

Kangkung diberi bumbu yang terbuat dari terasi, cabai, garam dan tomat. Makanan ini juga salah makanan yang memiliki cita rasa pedas, namun anda bisa menetralkan ras pedas terseut dengan menggunakan tambahan kacang goreng dan toge.

Plecing kangkung dapat anda temukan berbagai tempat makan di Lombok.

  1. Nasi Balap Puyung

Jika anda penyuka rasa pedas anda pasti akan sangat menyukai makanan yang satu ini.

Masakan ini sebenarnya adalah masakan yang cukup sederhana yaitu berupa nasi yang diberi tambahan lauk seperti suwiran ayam, kacang kedelai, udang kering, dan abon, serta belut goreng. Walau hanya sebuah masakan sederhana, anda pasti akan ketagihan begitu pertama kali mencobanya.

  1. Sate Bulayak

Mungkin anda sudah sering dengan nama makanan sate, tapi pernahkah anda mencoba sate bulayak khas Lombok. Sate bulayak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sate-sate yang lainnya. Namun ada beberapa hal yang unik dan menarik tentang sate ini.

Bulayak sendiri adalah sejenis lontong yang dibungkung dengan daun aren. Satenya sendiri terbuat dari daging sapi yang diberi bumbu khusus khas suku Sasak. Yang uniknya lagi anda tidak sediakan garpu atau sendok untuk menyantap bulayaknya, jadi harus mencocolnya sendiri ke bumbu sate.

  1. Sate Rembiga

Satu lagi makanan khas Lombok yang berupa sate. Kali ini adalah sate Rembiga, yaitu sate yang terbuat dari bahan dasar daging sapi. Rasa sate ini asam, manis, dan pedas yang bercampur menjadi satu.

Yang menjadikannya berbeda adalah bumbunya yang begitu khas. Jika anda tertarik mencoba makanan yang satu ini anda bisa datang ke Warung Rembiga di Jalan Dakota No 2.

  1. Ares

Ares Merupakan sebuah makanan sayuran yang berasal dari Lombok. Masakan ini terbuat dari gedebok pisang atau pelepah pisang yang dimasak dengan menggunakan santan.

Pada awalnya masakan ini adalah kuliner yang berasal dari suku Sasak yang biasa disajikan saat ada acara pernikahan. Namun sekarang anda dapat mencari di beberapa restoran yang ada di Lombok. Makanan sangat pas jika dinikmati selagi hangat dengan sepiring nasi putih.

Tags: #Ares #Ayam Taliwang #Nasi Balap Pucung #Plecing Kangkung #Sate Bulayak #Sate Rembiga

Leave a reply "6 Makanan Khas Lombok NTB Tengah, Timur, Utara SELAIN Beberuk : Ayam Taliwang DLL"

Author: 
    author