7 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Terkenal Enak : Bubur Tinutuan, Cakalang Fufu, Dabu-Dabu DLL

7 Makanan khas manado yang halal dan terkenal enak bubur tinutuan adalah kucing rw di surabaya pangi panada tikus jue ringan wisata di jakarta bandung kelapa gading surabaya paniki cakalang fufu dabu-dabu saguer nasi kuning janur gohu

7 Makanan khas Manado dan semua keunikannya

Manado adalah kota yang berada di Sulawesi Utara. Di Mando ada beberapa tempat wisata yang sangat terkenal karena keindahannya seperti Taman Laut Bunaken.

Karena itulah Mando menjadi kota yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Namun ternyata banyak wisatawan datang ke Manado bukan hanya untuk menikmati keindahan dari wisata alamnya saja, wisatawan yang ingin mencoba berbagai kuliner khas Manado yang begitu unik dan sangat sulit ditemukan ditempat lain bahkan beberapa hanya ada di Manado.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Manado yang unik.

  1. Bubur Manado Tinutuan

makanan khas manado

Seperti halnya bubur pada umunya makanan ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Namun dalam segi bentuk isian menu ini berbeda sekali dengan bubur pada biasanya.

Bubur ini tidak memiliki campuran daging sama sekali bubur penuh dengan sayuran, sayuran yang dipakai untuk bubur yang satu ini adalah sambiki, beras bayam, kangkung, jagung, daun gedi, singkong, dan kemangi.

Oleh karena makanan yang satu ini sangat pas untuk anda yang suka dengan sayuran. Ada beberapa orang yang menyebut bubur manado ini dengan sebutan tinutuan.

  1. Cakalang Fufu

Cakalang fufu adalah hidangan yang terbuat dari olahan ikan cakalang. Ikan cakalang dibelah menjadi dua bagian setelah dibersihkan bagian dalamnya, lalu setelah itu dijepit dengan kerangka barulah setelah itu ikan dibumbui dengan garam dan bubuk soda.

Cakalang fufu hanya melalui proses pengasapan saja dalam proses pemasakannya. Namun proses pengasapan dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu mencapai setidaknya 4 jam. Namun cakalang adalah makanan yang dapat bertahan cukup lama.

  1. Paniki

Paniki adalah salah satu makanan khas Manado yang unik dan lumayan terbilang ekstrim. Paniki adalah sajian yang terbuat dari daging kelelawar.

Pada awalnya kelelawar dibakar terlebih dahulu dan setelah itu barulah daging kelelawar yang sudah di bakar dimasak dengan bumbu santan. Bagi anda yang tertarik dengan makanan ini maka jangan lupa untuk berburu makanan ini saat anda sedang berada di Manado.

  1. Saguer

Saguer adalah minuman beralkohol yang alami seperti halnya dengan tuak. Saguer diperoleh dari pohon enau. Pohon enau adalah pohon yang banyak tumbuh di hutan-hutan perkebunan yang ada di Manado.

Saguer memiliki rasa yang manis dan asam, minuman ini memiliki kadar alcohol mencapai 5 persen. Minuman ini banyak dijual di warung-warung dan sering disajikan dalam acara kumpul keluarga di Manado.

  1. Nasi Kuning Manado Janur

Nasi kuning Manado ini sebenarnya sama dengan nasi kuning lainnya yang ada di Indonesia namun perbedaan mencolok adalah dalam segi penyajiaannya.

Nasi kuning Manado disajikan dalam bukusan janur yan membuat rasa agak berbeda dengan nasi kuning lainnya. Bukan hanya itu nasi kuning ini ditaburkan bumbu khusus diatas nasi untuk menambah cita rasa dari nasi kuning itu sendiri.

  1. Dabu-dabu

Dabu-dabu adalah sejenis sambal khas dari kota Manado. Dabu-dabu merupakan campuran dari berbagai sambal seperti cabai merah, cabai rawit, serta irisan dari bawang merah yang dicampur dengan potongan tomat lalu semuanya dibumbui dengan kecap.

Biasanya kuliner ini disajikan sebagi pelengkap nasi atau makanan pokok lainnya.

  1. Gohu

Gohu adalah makanan yang terbuat dari irisan buah papaya yang diremdang dengan cairan asam cuka , cabe, jahe, dan cabe. Bisa dikatakan gohu adalah asinan papaya khas dari Manado.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau sekedar cemilan. Sempatkanlah berburu makanan ini di Manado karena makanan ini cukup sulit ditemukan diluar kota Manado apalagi di luar Provinsi Sumatera Utara.

Tags: #Bubur Manado #Cakalang Fufu #Dabu-dabu #Gohu #Nasi Kuning Manado Janur #Paniki #Saguer

Leave a reply "7 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Terkenal Enak : Bubur Tinutuan, Cakalang Fufu, Dabu-Dabu DLL"

Author: 
    author