7 Masakan Dan Makanan Khas Padang Sumatera Barat Dan Penjelasannya : Rendang DLL

7 Masakan dan makanan khas padang sumatera barat dan penjelasannya rendang panjang pariaman lawas utara adalah daerah kota suku orang sidempuan tradisional dari tempat rumah makan

Ikan Balado Khas Padang

Masakan Padang yang paling lezat

Kita pasti sudah sering melihat restoran Padang yang tersebar luas di luar padang terlebih lagi di ibu kota Jakarta. Oleh karena itu kita tidak perlu lagi repot-repot lagi untuk datang ke Padang agar dapat menikmati masakan Padang.

Tapi apakah semua kuliner Padang dijual di rumah makan tersebut. Beberapa tidak dijual mungkin karena terbatasnya bahan baku yang mungkin hanya bisa ditemukan di Padang.

Makanan khas Padang didominasi oleh rasa pedas, walaupun begitu kelezatan dari masakan tersebut tidak tertutup oleh rasa pedasnya. Berikut ini adalah beberapa masakan Padang yang paling lezat.

  1. Ikan Balado

makanan khas padang

Ikan Balado adalah ikan goreng yang diberi bumbu balado saat masa penggorengan. Balado sendiri adalah sambal khas Padang yang sudah terkenal dan digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai bahan makanan.

Setiap restoran dan rumah makan Padang memiliki bumbu khusus untuk sambal baladonya. Kerana rasa masakan sangat dipengaruhi oleh sambal balado ini. Namun pada umumnya sambal balado terbuat dari cabai merah, jeruk nipis, bawang merah, tomat, dan gula.

Sambal balado biasanya dipadukan dengan ikan goreng dan mencipatakan rasa yang pedas manis pada rasa ikan balado tersebut.

  1. Gulai Itiak

Itiak adalah sebutan bebek bagi kota Padang. Gulai itiak adalah daging bebek yang dipotong secara tipis-tipis lalu ditambahkan dengan beberapa bumbu khusus serta dimasak dengan kuah gulai yang terbuat dari santan dan campuran dari berbagai rempah-rempah.

Masakan ini adalah salah satu makanan khas Padang yang memiliki cita rasa yang pedas dan berwarna kehijuaan saat siap disajikan. Menu jarang terlihat di rumah makan Padang pada umumnya. Namun di kotanya anda bisa menemukan menu ini dengan mudah.

  1. Sate Padang

Sate Padang merupakan menu makanan Padang yang dapat kita jumpai dengan mudah di luar kota Padang khususnya di Jakarta. Sate Padang tebuat dari daging yang potong kecil-kecil lalu ditusuk layaknya sate pada umumnya namun biasanya daging yang digunakan adalah daging sapi.

Yang membedakan dengan sate yang lainnya adalah bumbunya. Sate padang menggunakan bumbu khusus yang sangat memikat, dan berbagai campuran rempah-rempah yang menjadikan selera penikmat sate ini meningkat.

Namun makanan ini salah satu makanan yang memiliki kolesterol yang cukup tinggi. Cukup berbahaya jika dinikmati terus-menerus dengan intensitas yang terlalu sering apalagi yang memiliki penyakit darah tinggi.

  1. Kerupuk Sanjai

Kerupuk Sanjai adalah kerupuk khas Padang yang dapat mendampingi berbagai menu Padang lainnya agar terasa lebih nikmat. Kerupuk yang terbuat dari parutan singkong ini memiliki rasa yang ringan tidak seperti makanan Padang lainnya yang terkenal sebagai makanan berat.

Bumbu dari kerupuk adalah sebatas garam saja, dan tanpa tambahan bumbu lainnya itulah menyebabkan rasa dari kerupuk ini begitu ringan dan gurih.

  1. Teh Talua

Anda tidak bisa memesan teh ini di rumah makan Padang biasa. Namun pada restoran Padang yang skala besar minuman sudah tersedia dalam menunya. Teh talua sudah menjadi salah satu minuman terlezat di dunia.

Minuman ini terbuat dari teh yang dicampur dengan kuning telur lalu ditambahkan gula dan perasan air jeruk nipis. Bagi anda pecinta teh wajin mencoba minuman khas padang yang satu ini.

  1. Gulai Paku

Mungkin namanya gulai paku tidak berarti paku yang diberi bumbu gulai. Gulai Paku adalah gulai daun pakis atau biasa disebut juga Gulai Pakis. Gulai ini adalah masakan tradisional Padang.

Daun Pakis dimasak dengan saus kelapa yang diberi bumbu cabai, jahe, dan lengkuas. Bagi anda pecinta menu vegetarian cobalah sesekali menu sehat khas Padang yang satu ini.

  1. Rendang

Rendang bukan hanya makanan telezat di Padang tetapi juga di Indonesia bahkan di dunia. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak hingga empuk di dalam sebuah bumbu rendang yang penuh dengan campuran rempah-rempah.

Masakan ini adalah menu yang wsajib ada dalam setiap rumah makan ataupun restoran Padang.

Tags: #Gulai Itiak #Gulai Paku #Ikan Balado #Kerupuk Sanjai #Rendang #Sate Padang #Teh Talua

Leave a reply "7 Masakan Dan Makanan Khas Padang Sumatera Barat Dan Penjelasannya : Rendang DLL"

Author: 
    author