5 Makanan Khas Papua Barat, Timur, Tengah, Jayapura Selain Papeda : Ikan Bakar Manokwari DLL

5 Makanan khas papua barat timur tengah jayapura selain papeda ikan bakar manokwari dari cakalang dan penjelasannya adalah nama makan daerah tradisional kue sagu atau bagea masakan bubur keterangannya gambarnya singkong

Ikan Bakar Manokwari Khas Papua

5 Kuliner dari bagian paling timur Indonesia

Indonesia merupaka sebuah negara kepulauan yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Dari berbagai tempat di seluruh kepulauan Indonesia memiliki berbagai kebudayaan yang berbeda satu sama lainnya. Begitu juga dengan makanannya.

Untuk anda yang tinggal di bagian barat Indonesia pasti sangat jarang menemui makanan yang berasal dari bagian timur Indonesia.Oleh karena itu bagi anda suka berpetualang dan mampir di pulau.

Papua yang notabenenya adalah salah satu pulau besar yang ada di timur Indonesia maka tidak ada salah salahnya anda berburu makanan khas Papua yang pastinya akan sangat sulit anda temukan di tempat lain, atau bahkan mustahil anda temukan di tempat lain selain di Papua.

Berikut ini adalah daftar makanan Papua yang wajib anda coba cicipi.

  1. Papeda

Pasti anda sudah tidak asing mendengar nama makanan yang satu ini, tapi apakah anda pernah mencobanya. Pasti kebanyakan dari anda belum pernah mencoba makanan yang satu ini.

Papeda adalah makanan dari Papua yang paling terkenal diantara yang lainnya. Papeda sendiri adalah makanan yang terbuat dari sagu atau bisa dikatakan bubur sagu.

Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket dan terlihat seperti lem. Makanan ini adalah salah satu makanan pokok yang biasa disajikan bersama ikan tongkol atau ukan mubara.

  1. Aunu Senebre

Aunu Senebre adalah sajian kuliner dari Papua yang terbuat dari ikan teri nasi yang dicampur dengan irisan daun talas.

Makanan ini memiliki tekstur yang agak basah campuran daun talas dari makanan ini biasanya adalah sebagai penambah rasa untuk menjadikan makanan ini terasa lebih gurih dan nikmat saat disantap.

Aunu Senebre adalah jenis makanan lauk atau pelengkap yang biasanya dihidangkan bersama seporsi papeda atau dengan umbia-umbian. Untuk anda yang berkunjung ke Papua cobalah sempatkan diri anda untuk mencari makanan yang satu ini.

Karena mungkin makanan ini tidak dapat anda temui di tempat lain selain Papua.

  1. Ikan Bakar Manokwari

Seperti namanya anda pasti sudah bisa menebak sedikit tentang makanan yang satu ini. Ikan Bakar Manokwari adalah makanan khas dari masyarakat Manokwari Papua.

Pasti anda pernah memakan menu makanan ikan bakar. Karena ikan bakar adalah menu makanan yang hampir ada di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Tetapi ikan bakar asal Papua ini sedikit berbeda dengan ikan bakar di tempat lain.

Jika pada biasanya ikan bakar tidak diberi bumbu atau diberi bumbu dengan taburan kecap saja atau tambahan sambal saja berbeda dengan ikan bakar khas Manokwari yang satu ini.

Ikan bakar ini menggunakan bumbu khusus yang membuat rasa dair ikan bakar bertambah lezat dan memanjakan lidah serta ditambah dengan siraman sambal yang sangat khas. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tongkol.

  1. Ikan Bungkus

Nama dari makanan ini sama sederhanya dengan cara memasaknya. Ikan bungkus adalah makanan yang berupa ikan yang dibungkus dengan daun talas dalam proses pemasakannya.

Ikan laut ini hanya dibungkus menggunakan daun talas lalu diberi bumbu garam untuk menghilangkan getah pada daun talasnya nanti. Dan biasanya diberi sedikit bumbu tambahan. Setelah itu dibakar diatas api kecil hingga matang.

  1. Sate Ulat Sagu

Sate ulat sagu adalah salah makanan khas Papua yang cukup ekstrim dan menantang. Makanan ini benar-benar terbuat dari ulat sagu yang ditusuk menggunakan sebatang lidi lalu dibakar.

Yang lebih ekstrim adalah ulat sagu ini bisa disantap dalam keadaan hidup ataupun sudah menjadi menu Sate Ulat Sagu. Ulat sagu adalah ulat yang hidup di batang pohon sagu dan pada umunya ulat sagu berukuran sebesar jempol orang dewasa.

Tags: #Aunu Senebre #Ikan Bakar Manokwari #Ikan Bungkus #Papeda #Sate Ulat Sagu

Leave a reply "5 Makanan Khas Papua Barat, Timur, Tengah, Jayapura Selain Papeda : Ikan Bakar Manokwari DLL"

Author: 
    author