7 Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Adalah? Lumpia, Tahu Gimbal DLL SELAIN Ganjel Rel

7 Makanan khas semarang yang terkenal adalah lumpia tahu gimbal ganjel rel jawa tengah di jakarta apa malam hari kuliner kue minuman makan siang kering jajanan masakan souvenir

Tahu Gimbal Khas Semarang

7 Kuliner yang katanya paling enak di semarang

Semarang adalah salah kota tujuan wisata yang ada di Indonesia. Selain sebagai tempat tujuan wisata Semarang juga adalah kota sebagia surga kuliner.

Lidah anda akan diberikan sebuah pengalaman baru saat memakan kuliner khas Kota Semarang ini. Kota Semarang juga mempunyai beberapa makanan yang sangat enak. Inilah beberapa makanan khas semarang yang memiliki rasa yang enak.

  1. Lumpia

makanan khas semarang

Lumpia adalah sejenis jajanan yang ada di Semarang. Jajanin telah menjadi makanan yang ikonik untuk Kota Surabaya. Lumpia sendiri adalah makanan perpaduan dari Tionghoa dan Indonesia.

Karena hal tersebut akan membuat lidah anda akan sulit rasa dari makanan yang satu ini. Dan karena itu juga makanan ini menjadi makanan yang sering diburu oleh para wisatawan khususnya mereka para pecinta kuliner.

Makanan ini mudah ditemui di Semarang, banyak dijual dipingggir jalan khususnya di daerah sekitar Simpang Lima.

  1. Babat Gongso

Babat Gongso adalah makanan yang terbuat dari babat dan jeroan lainnya seperti limpa, ati, dan paru, yang dimasak dengan kuah dan bumbu kecap yang kental. Babat Gongso ini memiliki rasa yang manis dan pedas.

Karena rasanya ini akan menggoyang lidah anda saat mencicipinya. Untuk anda yang tertarik dengan babat ini cobalah datang ke Jalan Pemuda, Semarang. Disana ada tempat makan yang menjual babat gongso yang katanya salah satu yang paling enak di Semarang.

  1. Tahu Pong

Dari namanya saja sudah unik apalagi dari segi rasanya. Sebenarnya tahu ini adalah tahu bisa yang tidak memiliki isi alias kopong, itulah sebabnya tahu dinamakan menjadi tahu pong.

Tahu ini paling enak dimakan saat masih hangat, jika ingin menambah rasa tahu menjadi lebih nikmat anda bisa mencocol tahu ini dengan sambal petis, atau sambal hijau yang diulek dengan kasar.

Anda dapat menemukan penjual tahu pong dengan mudah di sekitar Simpang Lima, atau di Jalan Gajah Mada.

  1. Tahu Gimbal

Sama seperti halnya dengan tahu pong, tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang berbahan dasar tahu. Perbedaannya tahu gimbal ini terdiri dari tahu goreng, tempe, gimbal, dan irisan kol yang dibumbui dengan sambal kacang.

Mungkin makanan ini terkesan sangat sederhana namun soal rasa makanan ini memiliki kelezatannya tersendiri. Harganyapun murah. Sangat cocok untuk anda yang suka berwisata dengan cara backpacker dan penikmat jajanan pinggir jalan.

  1. Wingko Babat

Wingko babat adalah jenis jajanan khas semarang yang paling sering dibeli untuk dijadikan oleh-oleh. Wingko babat ini terbuat dari beras ketan dan kelapa yang dibakar.

Namun sekarang wingko babat memiliki varian rasa yang menarik seperti cokelat, durian, kelapa muda, dan nangka. Anda bisa membeli wingko di sekitar daerah Simpang Lima, disana banyak toko yang menjualnya.

  1. Es Conglik

Ada sebuah jajanan yang sangat digemari di Semarang yaitu Es Congklik. Di Semarang ada beberapa tempat yang menjual Es Conglik yaitu Simpang Lima, Waroeng Semawis, dan Kawasan Pecinan Semarang.

Anda bisa menikmati es congklik dengan berbagai varian rasa seperti rasa sirsak, coklat, leci, kacang ijo, durian, alpukat dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah makanan sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dbuat dengan cara dipresto yaitu dimasak dalam panci bertekanan tinggi.

Selain jadi makanan favorit di Semarang, bandeng presto juga menjadi oleh-oleh yang sering dibeli oleh para wisatawan. Salah satu tempat penjual bandeng presto yang terkenal di Semarang adalah Bandeng Juwana. Bandeng ini biasanya menjadi lauk dari nasi hangat dan sambal.

Tags: #Babat Gongso #Bandeng Presto #Es Congklik #Lumpia #Tahu Gimbal #Tahu Pong #Wingko Babat

  1. 7 Oleh Oleh Khas Semarang Yang Tahan Lama Dan Makanan Terkenal Enak : Ganjel Rel DLL | WisataTempat.com2 months ago

    […] Baca Juga : Daftar Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Adalah? Lumpia, Tahu Gimbal SELAIN Ganjel Rel […]

    Reply
  2. 6 Rental Sewa Mobil di Semarang Lepas Kunci Dengan / Tanpa Sopir (Driver) Daerah Tembalang, Ngaliyan DLL | WisataTempat.com2 months ago

    […] Baca Juga : Daftar Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Enak di Simpang Lima […]

    Reply

Leave a reply "7 Makanan Khas Semarang Yang Terkenal Adalah? Lumpia, Tahu Gimbal DLL SELAIN Ganjel Rel"

Author: 
    author