6 Makanan Khas Sumatera Selatan dan Penjelasannya : Pempek Palembang DLL + Keterangannya

6 Makanan khas sumatera selatan dan penjelasannya pempek palembang keterangannya makan tradisional nabati daerah provinsi lahat adat masyarakat sepinggan ringan kecil ciri nama daftar macam jenis menu 5 10

6 Deretan Makanan Lezat dari Sumatera Selatan yang Memiliki Cita Rasa Istimewa

Jika anda ingin berwisata kuliner dan mencicipi berbagai makanan lezat yang ada di Indonesia mungkin anda sangat perlu datang ke Provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan adalah salah provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera yang memiliki kebudayaan melayu. Karena kulturnya ini membuat beberapa makanan terpengaruh dari kebudayaan Melayu di sekitar daerah tersebut.

Sumatera Selatan yang beribukotakan Palembang memiliki beragam jenis masakan yang pastinya dapat menggugah selera anda.

Walaupun sama-sama memiliki budaya Melayu tetapi masakan yang ada di Sumatera Selatan agak berbeda dengan yang ada di Sumatera bagian lainnya, walaupun beberapa masakan masih terpengaruh masakan Sumatera bagian lain.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Sumatera Selatan yang wajib anda cicipi

  1. Pempek

Siapa yang tidak tahu dengan makanan lezat yang satu ini. walaupun sebenarnya makanan ini sudah banyak tersebar di berbagai kota besar namun anda akan merasakan sesuatu yang berbeda kala mencicipi pempek langsung di tempat asalnya yaitu Palembang, Sumatera Selatan.

Pempek adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung dan olahan daging ikan. Pempek sendiri disajikan bersama potongan timun kecil-kecil, dengan kuah cuko.

Pempek sebenarnya memiliki beragam jenis, salah satu jenis yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. anda dapat dengan mudah menemukan pempek di seluruh penjuru Sumatera Selatan sekalipun.

  1. Pindang

Pindang adalah makanan khas Sumatera Selatan yang sangat diminati bagi wisatawan yang datang ke Sumatera Selatan. Masakan ini juga termasuk masakan yang cukup terkenal di Sumatera Selatan.

Anda bisa menemukan berbagai jenis pindang di Sumatera Selatan, seperti pindang ikan, pindang udang, bahkan hingga pindang tulang. Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah di Sumatera Selatan.

  1. Mie Celor

Mie celor adalah makanan tradisional dari Sumatera Selatan. Makanan ini menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Selain udang ada juga tambahan telur, tauge, daun seledri dan perasaan jeruk nipis sebagai isiannya.

Untuk kuahnya makanan ini menggunakan santan hingga menciptakan rasa yang begitu gurih. Yang unik dari makanan ini adalah beberapa bahan diatas disiram dengan air panas dahulu sebelum dimasukan kedalam kuah santan.

Makanan ini sangat pas dinikmati saat masih terasa panas, dan cocok untuk hidangan saat udara dingin.

  1. Tekwan

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. tekwan adalah menu yang sangat terkenal dan anda dapat mendapatkanya dengan mudah di luar daerah Sumatera Selatan sekalipun.

Tekwan adalah kuliner yang terbuat dari sagu dan ikan yang diolah menjadi bentuk yang kecil-kecil. Sebagai pelengkap biasanya ada tambahan bihun, jamur, daun bawang, bengkoang, dan seledri. Kuah yang digunakan makanan ini adalah kuah yang memiliki cita rasa udang.

  1. Burgo

Mungkin nama makanan ini masih agak terasa asing. Burgo adalah makanan asli dari Palembang makanan ini memiliki kuah santan, dan burgo sendiri memiliki tekstur yang kenyal. Makanan ini lebih lezat jika dinikmati dengan sambal.

Jika anda berkunjung ke Sumatera Selatan khususnya Palembang jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini. Karena mungkin anda tidak menemukannya ditempat lain.

  1. Lenggang

makanan khas sumatera selatan

Lenggang adalah salah kuliner inovasi dari pempek Palembang. Makanan ini terbuat dari telur dan pempek. Pempek dimasukan kedalam adonan telur dan setelah itu telur digoreng dadar.

Setelah matang ditambahkan bumbu cuka seperti halnya pempek pada umumnya. Dan sebagai pelengkap biasanya ditambahkan potongan timun, dan bawang goreng. Jika anda berkunjung ke Sumatera Selatan jangan lupa mencoba makanan ringan yang satu ini.

Tags: #Burgo #Mie Celor #Pempek #Pindang #Tekwan

Leave a reply "6 Makanan Khas Sumatera Selatan dan Penjelasannya : Pempek Palembang DLL + Keterangannya"

Author: 
    author