5 Nama Daftar Makanan Khas Sumatera Utara : Arsik DLL SELAIN Bika Ambon

9195 views
5 Nama daftar makanan khas sumatera utara arsik bika ambon wikipedia dan penjelasannya nabati adalah contoh apa sejarah foto macam dengke mas na niura sambal tuk mie gomak daun ubi tumbuk

Sambal Tuk Tuk Khas Sumatera Utara

5 Hidangan khas Sumatera Utara yang istimewa

Pasti Provinsi Sumatera Utara adalah bukan daerah yang baru bagi para pecinta travel . daerah ini memiliki kebudayaan yang begitu kental. Begitu juga keindahan alamnya yang tiada tara seperti Danau Toba dan Bukit Lawang.

Di Sumatera Utara terdapat suku Batak yang terkenal dalam memegang teguh setiap detail dari kebudayaannya. Namun bukan kebudayaannya saja yang dipertahankan.

Ada berbagai makanan khas Sumatera Utara yang tetap dipertahankan hingga sekarang. Berikut ini adalah beberapa hidangan khas Sumatera Utara yang yang istimewa.

  1. Dengke Mas Na Niura

makanan khas sumatera utara

Makanan ini adalah salah satu makanan khas Batak, yang terbuat dari ikan mas. Makanan ini pada zaman dahulu dipercaya sebagai makanan khusus raja. Namun sekarang anda dapat menikmati makanan yang sangat nikmat ini.

Dengke Mas Na Niura berarti Ikan mas yang tidak dimasak. Sama seperti namanya makanan ini adalah ikan mentah yang langsung diberi bumbu dan tanpa dimasak.

Jadi anda akan merasakan ikan mentah dengan bumbu khusus untuk makanan ini. Bisa dibilang ini adalah sushinya orang Sumatera Utara. Walaupun tidak dimasak tapi rasa dari makanan ini sudah terbukti lezat. Jika tidak percaya cobalah cicipi sesekali.

  1. Sambal Tuk Tuk

Jika anda salah seorang yang mencintai cita rasa pedas anda bisa coba sambal khas masyarakat Batak yang satu ini. sambal ini diberi nama sambal tuktuk. Sambal ini akan terasa berbeda dengan sambal lainnya yang ada di Nusantara.

Hal tersebut dikarenakan adanya campuran daun andaliman yang terdapat pada kuliner sambal yang satu ini. selain itu sambal tuktuk juga dicampur dengan ikan aso-aso atau ikan yang kembung yang sudah melalui proses pengeringan.

Namun tidak jarang juga ikan aso-aso diganti dengan menggunakan ikan teri tawar. Soal rasa tak usah ditanyakan lagi, rasakan saja sendiri nikmatnya sambal ini.

  1. Mie Gomak

Mie Gomak adalah makanan khas Sumatera Utara atau khususnya warga Batak.

Makanan ini memiliki beberapa nama lain selain mie gomak yaitu mie lidi karena bentuk mie yang begitu panjang dan ada juga menyebutnya sebagai spaghetti Batak, karena bentuknya yang sangat mirip dengan sphagetti dari Italia.

Nama gomak sendiri berati diambil dengan menggunakan tangan. Dan memang benar mie ini diambil dengan menggunakan tangan saat dihidangkan ke atas piring.

Namun tenang saja si penjual pasti sudah mencuci tangannya, namun tetap ada beberapa penjual yang menggunakan sendok atau piring kecil untuk mengambil mie ini. Saat ini mie gomak memiliki berbagai varian seperti mie gomak kuah, mie gomak goreng, dan mie gomak bumbu kacang.

  1. Arsik

Arsik atau ikan mas arsik adalah jenis makanan yang sudah menjadi legendaries di masyarakat Batak. Makanan ini bukan hanya sekedar sajian kuliner bagi para masyarakat Batak melainkan sebagai nilai budaya.

Makanan ini biasa dihidangkan diberbagai upacara adat dan juga momen-momen penting dalam adat istiadat Batak. Masakan yang satu ini terbuat dari ikan mas arsik yang terdapat banyak di Danau Toba.

Masakan ini memiliki bumbu yang sangat khas seperti lokio, andaliman, kemiri, jahe, dan berbagai bahan rempah-rempah lainnya. Ikan mas arsik ini memang dibumbui oleh beragam rempah-rempah yang membuatnya menjadi sangat lezat dan sangat pas dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

  1. Daun Ubi Tumbuk

Bagi anda yang vegetarian pasti akan senang dengan makanan yang satu ini. makanan ini terbuat dari daun singkong yang di tumbuk sampai halus lalu dicampur dengan berbagai bumbu, santan, dan bunga kincung, terkadang terdapat tambahan ikan teri.

Tapi jika anda tidak suka dengan ikan teri anda bisa menghilangkan tambahan yang satu itu. Soal rasa sama seperti halnya makanan sayuran lainnya, bagi meraka yang tak suka sayuran mungkin akan mengatakan makanan ini pahit.

Tapi makanan begitu banyak manfaat bagi tubuh manusia karena memang benar-benar makanan hijau.

Tags: #Arsik #Daun Ubi Tumbuk #Dengke Mas Na Niura #Mie Gomak #Sambal Tuk Tuk