7 Makanan Khas Yogyakarta Dan Beserta Penjelasannya : Gudeg DLL SELAIN Bakpia

7 Makanan khas yogyakarta dan beserta penjelasannya gudeg selain bakpia wikipedia adalah hewani di malioboro yang terkenal sejarah yogya terbuat dari olahan nangka jakarta dari minuman sate klatak sup kembang waru tempe benguk oseng mercon angkringan sego pecel

Sate Klatak Khas Yogyakarta

Rasakan 7 kelezatan makanan tradisional khas Yogyakarta ini

Yogyakarta adalah satu-satunya kota yang memiliki gelar Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang sangat terkenal maka dari itu tak salah jika kota ini adalah salah satu kota pariwisata yang ada di Indonesia.

Pesona kota ini bukan hanya pada tempat dan pemandangan alamnya yang indah melainkan budaya dan pastinya kuliner-kulinernya yang begitu menarik.

Karena banyak orang yang datang ke kota ini bukan hanya untuk berwisata alam tapi juga berwisata kuliner. Berikut ini bebera menu makanan khas Yogyakarta yang wajib anda cicipi setibanya di kota ini.

  1. Gudeg

makanan khas yogyakarta

Gudeg adalah makanan dari Yogyakarta yang sudah sangat terkenal hingga ke berbagai daerah seluruh Indonesia. Namun merasakan gudeg Yogyakarta langsung di kota asalnya membuat sensasi makan lebih berasa.

Gudeg sendiri adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan. Biasanya sebagai pelengkap makanan ini dihidangkan bersama nasi, ayam, tahu, dan telur. Anda bisa menemukan banyak tempat makan di Yogyakarta yang menjual menu yang satu ini.

  1. Sate Klatak

Sate klatak adalah makanan khas Yogyakarta yang sangat unik. Keunikan dari makanan yang satu ini adalah dari proses penghidangannya dan proses pembuatannya.

Sate klatak adalah sate yang ditusuk dengan jeruji sepeda dan hanya menggunakan bumbu garam saja saat pembakarannya. Garam ditaburkan saat proses pembakaran sehingga menimbulkan bunyi gemletak. Itulah sebabnya sate ini dinamai dengan nama sate klatak.

  1. Sup Kembang Waru

Makanan selanjutnya yang wajib diburu adalah sum kembang waru. Sup ini cukup sulit ditemukan di kota Yogyakarta sekalipun. Karena biasanya makanan ini hanya disajikan saat pada momen-momen tertentu seperti hajatan atau pernikahan.

Jika anda penasaran terhdapar makanan yang satu ini anda bisa datang ke Pasar Beringharjo. Di sana ada food court yang menjajakan makanan yang satu ini.

  1. Tempe Benguk

Tempe benguk adalah tempe yang sangat berbeda dengan tempe-tempe lain pada umumnya. Tempe ini terbuat dari biji benguk. Benguk sendiri adalah sejenis tanaman koro.

Tempe benguk diolah menggunakan santan dan bumbu khusus yang dapat membuat makanan yang satu ini begitu gurih dan lezat.

  1. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng mercon merupakan masakan tumis tetelan sapi. Tetelan sapi tersebut dimasak dengan menggunakan cabai dan beberapa bumbu yang dapat membuat aroma dari masakan ini begitu kuat.

Jika anda pecinta masakan pedas mungkin ini adalah salah makanan yang wajib anda cicipi. Karena oseng-oseng mercon ini adalah salah satu makanan yang memiliki cita rasa pedas yang begitu kuat.

  1. Angkringan

Angkringan sebenarnya adalah bukan nama dari menu makanan melainkan sejenis tempat penjual sajian kuliner ala kota Yogyakarta. Angkringan dapat anda temui dengan mudah diberbagai penjuru kota Yogyakarta.

Menu yang dapat anda nikmati di angkringan adalah nasi kucing yang menjadi daya tarik dari angkringan itu sendiri selain itu anda bisa menimati berbagai menu lainnya seperti satu usus, sate telur puyuh, sate kerang, oseng tempe, oseng teri dan masih banyak menu sederhana lainnya.

Angkringan biasanya buka hanya pada malam hari namun dalam beberapa tempat di Yogyakarta ada juga yang berdagang pada pagi hari.

  1. Sego Pecel

Sego pecel atau nasi pecel adalah makanan yang tebuat dari berbagai sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, dan disiram dengan menggunakan bumbu pecel.

Selain itu ada juga pelengkap menu yang satu ini sepeti tahu, tempe, kerupuk, telur ceplok, dan menu pelengkap lainnya. Di Yogyakarta banyak tempat yang menyediakan menu ini dalam daftar list menunya.

Tags: #Angkringan #Gudeg #Oseng-oseng Mercon #Sate Klatak #Sego Pecel #Sup Kembang Waru #Tempe Benguk