5 Oleh Oleh Khas Balikpapan Kaltim : Bingka, Amplang, Mantau, Bakpia DLL

6118 views

5 Oleh oleh khas balikpapan kaltim toko pusat tempat makanan di jakarta online murah kalimantan timur kota dari ciri kuliner yang souvenir oleh2 bingka amplang mantau bakpia olahan kepiting

Buah tangan dari kota Balikpapan yang menarik

Kota Balikpapan merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Penghuni asli dari tempat ini adalah suku Dayak.

Berkembangnya jaman membuat banyak orang dari daerah lain datang dan menetap di kota ini. Hal tersebut menyebabkan adanya kulturisasi dan berbaurnya budaya yang ada di Balikpapan dengan budaya luar yang dibawa masuk.

Namun tetap orang-orang asli daerah ini tetap menjaga keaslian budaya mereka. Hal itu yang menyebabkan kota Balikpapan menjadi salah satu kota tujuan wisata yang ada di Pulau Kalimantan.

Jika anda datang berlibur ke Balikpapan atau sekedar ada urusan bisnis maka jangan lupa untuk mengisi bagasi bawaan anda dengan oleh olah khas Balikpapan yang begitu istimewa dan menarik. Berikut ini adalah beberapa oleh oleh khas Balikpapan yang bisa anda beli.

  1. Olahan Kepiting

oleh oleh khas balikpapan

Kota Balikpapan adalah sala kota yang menjadi penghasil kepiting yang cukup besar khususnya kepiting bakau. Tidak heran jika di kota Balikpapan terdapat banyak sekali olahan dari kepiting yang bisa dapat anda jumpai.

Jika anda sudah mencicipinya dan ketagihan karena rasanya yang begitu lezat maka jangan takut untuk membawa makanan ini pulang dan dinikmati di rumah, atau juga bisa sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat anda.

Jangan kuatir makanan olahan kepiting ini sudah tersedia dalam bentuk kemasan yang dapat anda bawa pulang tanpa mengubah rasa dari makanan tersebut.

  1. Bingka

Bingka adalah sejenis makanan ringan yang tebuat dari kentang, mentega, gula, telur, dan susu serta santan. Namun bagi anda yang menginginkan lebih sekarang sudah ada bingka dengan berbagai pilihan rasa seperti rasa pisang, coklat, dan keju.

Anda bisa mendapatkan bingka diberbagai tempat penjual kue atau pusat oleh-oleh di Balikpapan. Makanan ini adalah salah satu makanan yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Ada sedikit tips untuk anda yang membawa pulang kue yang satu ini yaitu dengan membeli dihari terkahir kunjungan anda di Balikpapan. Karena kue ini tidak tahan terlalu lama.

  1. Amplang

Amplang adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari tepung, telur dan berbagai campuran rempah-rempah serta daging ikan.

Pada awalnya daging ikan yang dipakai adalah daging ikan pipih atau belida tapi karena jumlah ikan tersebut yang mulai menurun dan sulit ditemukan maka daging ikan tersebut diganti dengan menggunakan ikan tenggiri. Anda bisa mendapatkan amplang ini di toko oleh-oleh di Balikpapan.

  1. Mantau

Sebenarnya mantau adalah sejenis roti yang berasal dari kebudayaan Tionghoa yang ada di seluruh Indonesia. Namun mantau yang ada di Balikpapan memiliki keistimewaannya tersendiri yaitu mantau ini menggunakan daging rusa sebagai isiannya yang dicampur dengan lada hitam.

Daging rusa yang memiliki rasa yang lembut dan agak manis dicampur dengan bumbu lada hitam yang gurih. Untuk menu yang satu ini pasti anda tidak akan mendapatkannya ditempat lain.

Maka dari itu saat anda datang berkunjung ke Balikpapan jangan sampai lupa membawa roti mantau yang satu ini sebagai oleh oleh khas Balikpapan.

  1. Bakpia

Jika kita mendengar bakpia pasti kita mengira ini adalah makanan khas dari Jogja. Namun jangan salah kota Balikpapan juga memiliki bakpia khasnya sendiri. Yang paling membedakan bakpia Balikpapan dengan bakpia tempat lain adalah ukurannya.

Jika bakpian dari daerah lain hanya untuk sekali gigit atau berukuran kecil tapi bakpia Balikpapan memiliki ukuran yang cukup besar. Bakpia Balikpapan juga memiliki tekstur kulit yang renyah dan isian yang begitu lezat.

Isi dari bakpia ini bukan hanya sebatas kacang hijau melainkan juga terdapat rasa keju dam coklat.

Tags: #Amplang #Bakpia #Bingka #Mantau #Olahan Kepiting

Leave a reply "5 Oleh Oleh Khas Balikpapan Kaltim : Bingka, Amplang, Mantau, Bakpia DLL"

Author: 
    author