5 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Kalimantan : Kain Sasirangan, Miniatur Rumah Adat Banjar DLL

5 Oleh-oleh khas banjarmasin kalimantan pusat toko tempat dari online di jakarta makanan surabaya kota jual apa kue kain sasirangan batu mulia painting miniatur rumah adat banjar kaos

Buah tangan yang menarik dari Banjarmasin

Banjarmasin adalah sebuah kota yang berada di Kalimantan Selatan yang menjadi salah satu kota tujuan wisata di tempat tersebut.

Salah satu tempat yang terkenal di Bnajarmasin adalah pasar apung kuin. Pasar apung tersebut sudah sangat dikenal oleh banyak orang.

Dan bukan hanya tempat wisata yang dipunya kota Banjarmasin tetapi juga berbagai makanan sebagai cirri khas dari kota ini. salah makanan yang paling terkenal adalah soto banjar. Soto banjar telah menjadi salah makanan yang paling terkenal di kota ini.

Kota yang memiliki julukan kota seribu sungai ini juga mempunyai berbagai oleh oleh khas Banjarmasin yang dapat anda bawa pulang untuk orang-orang terdekat di rumah. Berikut ini adalah beberapa dari oleh-oleh tersebut.

  1. Kain Sasirangan

Jika di Padang ada kain songket di Jogja ada kain batik maka di Banjarmasin ada kain Sasirangan. Kain sasirangan ini memang menjadi kain tradisional dari kota Banjarmasin.

Kain sasirangan sebenarnya adalah kain yang dipakai hanya pada saat ada acara adat. Kain ini memiliki 19 motif yang berbeda dan tentunya arti yang berbeda dalam setiap motifnya.

Tapi seiring perkembangan jaman banyak yang tertarik dengan motif-motif dari kain sasirangan, hal tersebut membuat kain ini menjadi salah satu incaran para wisatawan yang datang ke Banjarmasin.

  1. Batu Mulia

oleh oleh khas banjarmasin

Banjarmasin adalah salah kota yang menjadi sumber dari batu mulia. Anda bisa menemukan berbagai jenis batu mulia di kota ini. dari harga yang paling murah hinggan ke harga yang paling mahal yang bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Bahkan ada tempat khusus yang menjual dan menjadi sentra penjual batu mulai. Pasar tersebut masih menggunakan metode pasar tradisional maka jangan heran interaksi antara penjual dan pembeli akan sangat intens.

Selain itu pasar ini juga selalu ramai oleh pengunjung yang datang mencari batu untuk dijadikan oleh oleh khas Banjarmasin.

  1. Painting

Painting adalah salah satu alat music tradisional dari Banjarmasin. Alat music ini memiliki kemiripan dengan alat music gambus arab, namun painting memiliki bentuk yang lebih kecil.

Kata painting memiliki arti dipetik, sama dengan alat music yang satu ini yang dimainkan dengan cara dipetik. Painting memiliki banyak ukiran yang terdapat pada alat music tersebut.

Pada awalnya painting memiliki tiga dawai yang dapat dimainkan namun seiring dengan berkembang jaman dawai tiga diganti dengan empat dan bahan dari dawaipun diganti dengan nilon untuk menghasilkan suara yang lebih merdu.

  1. Miniatur Rumah Adat Banjar

Kota Banjarmasin memiliki berbagai jenis rumah adat yang menarik dan memiliki daya tarik yang luar biasa. Untuk sebagai oleh-oleh dari kota ini anda bisa membeli miniature dari rumah-rumah adat tersebut.

Miniature rumah adat ini terbuat dari kayu, dan beberapa miniature dibuat dengan menggunakan jenis kayu yang sama dengan bahan pembuatan rumah adat yang aslinya. Miniature rumah adat ini telah menjadi salah satu buruan para kolektur miniature yang datang ke Kota Banjarmasin.

  1. Kaos Banjar

Kaos adalah sebuah oleh-oleh yang sudah sangat wajib dibawa jika berkunjung ke suatu daerah. Banyak daerah atau kota lain yang memiliki kaos khas daerahnya sendiri yang menjadi buruan para wisatawan. Begitu juga dengan Banjarmasin.

Di kota ini terdapat banyak tempat yang menjual kaos khas dari kota Banjarmasin. Mungkin dari modelnya sama saja tetapi yang menjadi pembeda adalah dari segi desain dan tulisan kaos yang memiliki tema kota Banjarmasin.

Anda bisa membeli oleh-oleh yang satu dengan jumlah yang banyak karena tidak akan terlalu menguras kantong dan tempat.

Tags: #Batu Mulia #Kain Sasirangan #Kaos Banjar #Miniatur Rumah Adat Banjar #Painting

Leave a reply "5 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Kalimantan : Kain Sasirangan, Miniatur Rumah Adat Banjar DLL"

Author: 
    author