5 Oleh Oleh Khas Lombok Timur Barat Murah : Mutiara, Madu Sumbawa, Susu Kuda Liar DLL

5 Oleh oleh khas lombok timur barat murah mutiara madu sumbawa susu kuda liar di jakarta surabaya mataram online ntb toko jual makanan pusat harga utara jajanan ringan nusa tenggara barat kain tenun sasak dodol rumput laut

Kain Tenun Sasak Khas Lombok

7 Oleh-oleh Lombok yang tidak boleh ketinggalan untuk dibeli

Pulau Lombok adalah sebuah tempat wisata yang sudah sangat terkenal, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona dan eksotis.

Tempat yang terkenal di Lombok adalah Pantai Senggigi. Gunung Rinjani, dan Pulau Gili. Bahkan tempat-tempat tersebut mulai menyaingi Bali yang terletak tidak jauh dari Lombok.

Namun bukan hanya sampai disitu Lombok juga memiliki daya tari wisata kuliner dan lainnya. Jadi sangat disayangkan jika jauh-jauh datang ke tempat ini tanpa merasakan nikmatnya kuliner khas Lombok.

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan dalam liburan adalah oleh-oleh. Lombok memiliki oleh oleh khas Lombok yang sulit untuk ditemukan di tempat lain. Berikut ini adalah daftar oleh-oleh yang wajib anda beli.

  1. Mutiara Lombok

oleh oleh khas lombok

Suvenir yang satu telah sangat terkenal menjadi tentengan wajib untuk dibawa pulang dari Pulau Lombok. Bahkan mutiara Lombok telah menjadi ikon dari Lombok itu sendiri.

Mutiara Lombok adalah mutiara langsung yang berasal dari laut bukan mutiara hasil budidaya air tawar, oleh sebab itu harga mutiara Lombok memiliki harga yang cukup tinggi sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Anda bisa menemukan mutiara ini dijual di berbagai art shop, toko perhiasan dan hotel-hotel.

  1. Kain Tenun Sasak

Jika di Jogja ada batik dan di Medan ada Kain Ulos maka di Lombok ada kain tenun sasak.

Sama seperti kain ulos di Medan, kain tenun sasak juga memiliki varian harga yang cukup tinggi karena dari proses pembuatannya yang cukup rumit dan proses pembuatan yang menempuh rentang waktu yang cukup lama.

Tetapi harga yang mahal dengan kualitas dari kain tardisional ini. kain ini memiliki berbagai motif dan tingkat kehalusan kain. Semakin halus dan semakin rumit motifnya maka akan semakin mahal pula harganya.

Jika anda berminat membeli anda bisa datang ke Sukarara, Lombok Tengah. Di sana anda bisa mendapatkan kain tenun sasak yang dibuat langsung dengan tangan manusia menggunakan cara yang masih sangat tradisional.

  1. Dodol Rumput Laut

Mungkin anda akan kesulitan mendapatkan makanan yang satu ini di luar dari Lombok. Maka dari itu jajanan ini wajib anda cicipi saat anda berada di Lombok.

Agak berbeda dengan dodol lain kebanyakan dodol rumput laut ini memiliki sensasi segar saat dimakan karena terbuat dari tepung rumput laut, gula, dan berbagai campuran buah-buahan segar.

Buah yang biasa dijadikan campuran adalah buah mangga, sirsak, nangka, pisang, dan tomat. Dodol ini dapat anda beli dengan mudah diberbagai tempat wisata yang ada di Lombok, anda juga bisa membelinya di kios-kios bahkan di bandara sekalipun.

Jadi sangat disayangkan jika tidak membeli oleh oleh khas Lombok yang satu ini.

  1. Madu Sumbawa

Di Lombok terdapat sebuah pulau sebagai penghasil madu terbaik di Indonesia yaitu Pulau Sumbawa. Madu Sumbawa dapat anda dapatkan dengan mudah di Lombok. Madu ini dikenal memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Madu Sumbawa memiliki dua jenis yang berbeda yaitu madu biasa yang berwarna kecoklatan dan madu Kristal yaitu madu yang berwarna agak putih karena berasal dari lebah yang hidup di bebatuan.

  1. Susu Kuda Liar

Satu lagi oleh-oleh dari Lombok yang akan sulit anda temukan di tempat lain yaitu Susu Kuda Liar. Susu kuda liar ini sudh terbukti memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan.

Di percaya susu ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan, dan TBC serta leukima karena kandunagn probiotiknya yang begitu alami. Karena susu ini benar-benar diproduksi dari kuda liar yang hidup bebas di Pulau Sumbawa.

Tags: #Dodol Rumput Laut #Kain Tenun Sasak #Madu Sumbawa #Mutiara Lombok #Susu Kuda Liar

Leave a reply "5 Oleh Oleh Khas Lombok Timur Barat Murah : Mutiara, Madu Sumbawa, Susu Kuda Liar DLL"

Author: 
    author