7 Oleh Oleh Khas Manado yang Enak dan Halal : Biapong, Dodol Amurang, Klapertart DLL

7 Oleh oleh khas manado yang enak halal pusat jual toko online di jakarta makanan surabaya dari kota bitung barang ciri baju kain tempat klapertart panada biapong kue pinende dodol amurang kacang goyang pisang goroho

7 Cemilan dari Manado yang bisa dijadikan oleh-oleh

Manado adalah sebuah kota yang berada di Sulawesi Utara. Kota tersebut telah menjadi salah kota sebagai tujuan wisata favorit.

Tempat yang paling diminati di kota ini adalah Taman Laut Bunaken. Selain tempat wisata yang sangat menarik tersebut anda juga bisa menemukan berbagai sajian kuliner yang berbeda dengan tempat yang lain.

Berikut ini adalah cemilan khas dari Manado yang bisa anda jadikan sebagai oleh oleh khas Manado. Karena sangat disayangkan jikan anda datang jauh ke Manado tetapi tidak membeli berbagai cemilan berikut ini yang mungkin saja hanya terdapat di kota Manado.

  1. Panada

oleh oleh khas manado

Panada adalah kuliner sejenis roti yang sebenarnya berasal dari bangsa Portugis. Makanan ini dibawa oleh bangsa Portugis saat datang ke kota ini pada jaman dahulu. Roti panada memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue pastel.

Kue panada memiliki isian dari daging ikan cakalang. Ikan cakalang tersebut diberi bumbu panpis. Bumbu panpis adalah bumbu yang terbuat dari ikan cakalang yang disuwir kecil-kecil lalu diberi tambahan bawang merah dan daun jeruk, kemangi, cabe merah, serta daun bawang.

  1. Klapertart

Klappertart adalah kue khas Manado yang terbuat dri tepung terigu, susu, mentega, telur, dan kelapa. Jika dilihat sekilas makanan ini terlihat seperti pizza. Klappertart memiliki dua jenis.

Jenis pertama yaitu klappertart yang dimasak dengan dipanggang dan menggunakan roti. Klappertart yang dipanggang akan menghasilkan kue yang lebih terasa padat. Namun ada juga klappertart yang tidak dipanggang yang memiliki tekstur yang lebih lembut.

  1. Biapong

Biapong adalah makanan dari Manado yang hampir sama dengan bakpao. Bahkan bisa dibilang jika biapong ini adalah bakpaonya Minahasa.

Namun berbeda dengan bakpao biasa, biapong memiliki bentuk yang lebih besar, dan dialaskan dengan daun pisang, lalu diolesi dengan minyak kelapa agar terlihat lebih mengkilap.

Biapong biasanya memiliki isian daging babi, namun tidak jaran juga terdapat isian gula aren atau kacang hitam. Minuman ini sangat pas dinikmati dengan segelas kopi atau kopi susu

  1. Kue Pinende

Kue pinende adalah kue tradisioanal dari kota Manado. Kue Pinende ini terbuat dari campuran tepung ketan dengan parutan kelapa.

Lalu kedua bahan tersebut diolah dan dibentuk menjadi adonan lalu dibuat seperti mangkuk kecil lalu dibagian atasnya diberi tambahan kinca atau sirup gula merah.

Sirup gula merah yang manis serta parutan kelapa yang gurih membuat rasa kue sangat lezat. Kue ini sangat pas dinikmati saat sore hari dengan segelah teh atau segelas kopi.

  1. Dodol Amurang

Dodol amurang ini adalah sejenis dodol khas Manado. Dodol amurang biasanya disajikan saat terdapat acara-acara syukuran di Manado.

Dodol ini terbuat dari beras ketan, dan gula aren yang terkadang ditambahkan kacang kenari untuk menambahkan rasa dodol ini lebih lezat. Dodol ini menggunakan daun kelapa atau janur untuk membungkunya.

  1. Kacang Goyang

Cemilan selanjutnya yang bisa dijadikan oleh oleh khas Manado adalah kacang panjang. Dinamakan kacang goyang karena proses pembuatannya. Kacang tanah yang sudah dibersihkan digoyang-goyangkan di atas bara api.

Kacang goyang ini memiliki warna-warni yang sangat menarik sehingga menjadi salah satu oleh-oleh Manado yang sangat laris dibeli oleh para wisatawan.

  1. Pisang Goroho

Pisang goroho adalah pisang jenis lokal yang mudah dijumpai di Sulawesi Utara. Biasanya makanan ini diolah dengan cara direbus atau di goreng dengan terlebih dahulu diiris tipis-tipis.

Jika direbus biasanya pisang ini dinikmati dengan ikan bakar dan sambal dabu-dabu. Namun pada umumnya pisang goroho ini disajikan bersama dengan segelas teh manis.

Tags: #Biapong #Dodol Amurang #Kacang Goyang #Klappertart #Kue Pinende #Panada #Pisang Goroho

Leave a reply "7 Oleh Oleh Khas Manado yang Enak dan Halal : Biapong, Dodol Amurang, Klapertart DLL"

Author: 
    author