6 Oleh Oleh Khas Palembang Selain Makanan Pempek : Adaan Kue 8 Jam Songket DLL

6 Oleh oleh khas palembang selain makanan pempek pusat toko jual tempat online di kota jakarta empek dari selatan murah souvenir baju kaos ciri barang adaan kue 8 jam songket

Buah tangan yang Sangat Menarik dari Kota Palembang dan Tidak Boleh Lupa Dibeli

Jika berbicara tentang Palembang maka yang terbesit dipikiran kita adalah jembatan ampera dan makanan khasnya yaitu pempek.

Palembang adalah salah kota yang terletak di Pulau Sumatera dan memiliki budaya melayu, namun sekarang orang-orang yang tinggal di Palembang berasal dari beragam daerah yang menyebabkan kota Palembang tidak hanya didominasi oleh budaya Melayu.

Namun walau begitu budaya melayu di Palembang masih cukup kental. Selain itu kota Palembang juga menjadi salah satu kota sebagi tujuan wisata, karena bukan hanya tempat wisata saja yang dapat dinikmati di Palembang.

Anda juga bisa menikmati berbagai jenis kuliner. Dan jika anda sudah puas dengan berlibur di Palembang jangan sampai lupa membawa pulang oleh oleh khas Palembang yang sangat dinantikan oleh orang-orang terdekat anda.

  1. Pempek

oleh oleh khas palembang

Pempek memang sebuah kuliner khas Palembang yang sudah sangat terkenal hingga ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Pempek merupakan sebuah makanan berbahan dasar ikan yang dibuat menjadi sebuah adonan lalu dibentuk menjadi berbagai jenis pempek.

Salah satu jenis pempek yang paling terkenal adalah pempek kapal selam, namun selain pempek tersebut ada juga pempek jenis lainnya seperti pempek lenjer, pempek telor, pempek kepiting dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pempek disajikan bersama bumbu cuko. Cuko adalah sejenis saus yang dibuat menggunakan berbagai bumbu khusus sehingga menjadikan makanan pempek ini lebih terasa nikmat dan gurih.

  1. Adaan

Adaan adalah makanan ringan dari Palembang yang mungkin belum banyak orang yang tahu. Adaan adalah sejenis pempek juga namun memiliki bentuk yang berbeda. Adaan tidak memiliki jenis yang beragam seperti pempek.

Adaan berbentuk bulat dan dibuat dengan bahan yang sama seperti membuat pempek. Namun bagi beberapa orang kue yang satu ini lebih nikmat dan gurih dibandingkan dengan pempek karena terdapat potongan bawang merah yang membuatnya lebih beraroma dan berasa gurih.

Jika anda berkunjung ke Palembang, adaan adalah oleh oleh khas Palembang yang sangat pas dan cocok untuk dibawa pulang.

  1. Kue 8 Jam

Dari nama kue ini memang unik. Kue 8 jam adalah kue tradisional khas Palembang. Dinamakan kue 8 jam karena proses pembuatannya yang memang membutuhkan waktu setidaknya 8 jam dan prosesnya yang rumit.

Kue ini biasanya disajikan sebagai hidangan untuk tamu istimewa atau disajikan saat hari raya. Kue ini terbuat dari telur dan mentega sebagai bahan dasarnya. Kue ini juga memiliki ukuran yang cukup besar, namun disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil seperti kue lapis.

  1. Kaos

Benda yang tidak boleh ketinggalan untuk dijadikan oleh-oleh adalah kaos. Diberbagai daerah sudah menjadi suatu yang wajib untuk membawa oleh-oleh berupa kaos.

Setiap daerah memiliki brandnya masing-masing seperti di Jogja ada Dagadu, di Bali ada Joger, dan Palembang ada kaos Nyenyes. Kaos bisa dikatan menjadi buah tangan yang universal karena bisa diberikan kepada siapa saja.

  1. Souvenir

Oleh-oleh lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah souvenir. Di Palembang terdapat banyak sekali toko souvenir yang menjual beragam jenis souvenir mulai dari gantungan kunci sampai miniature yang bertemakan kota Palembang. Yang paling sering adalah miniature jembatan Ampera.

  1. Songket Palembang

Kota Palembang juga memiliki kain songket khas kota meraka sendiri. Namun sama seperti kain songket lainnya kain songket Palembang juga memiliki harga yang tidak murah.

Biasanya kain songket dihadiahkan kepada orang-orang terdekat yang special karena memang harga dari kain in cukup tinggi. Namun harga kain tergantung pada motif kain yang digunakan.

Tags: #Adaan #Kaos #Kue 8 Jam #Pempek #Songket Palembang #Souvenir

Leave a reply "6 Oleh Oleh Khas Palembang Selain Makanan Pempek : Adaan Kue 8 Jam Songket DLL"

Author: 
    author