6 Foto Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bojong Koneng Sentul Bogor, Map Peta Alamat Lokasi + Tarif Tiket Masuk

Lokasi Alamat : Letaknya di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Rute Koordinat GPS Google Maps, Klik : Petunjuk Arah Jalur Menuju Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Range Biaya / Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp.10.000 / orang*
Jam Operasional (Jam Buka / Jam Tutup) :
Nomer Telepon :
*Harga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

6 Foto Pemandian air panas gunung pancar bojong koneng sentul bogor jawa barat 2017 map maps peta lokasi malam hari indonesia babakan madang wisata tarif khasiat htm penginapan kolam alamat tempat koordinat arah harga tiket masuk biaya denah hutan pinus fasilitas giritirta hotel jalan ke menuju jam buka rute operasional letak manfaat nomor telepon sumber berendamPemandian Air Panas Gunung Pancar Bojong Koneng Sentul Bogor Jawa Barat 2017

Jawa Barat utamanya Bogor memang dikenal dengan destinasi wisata alamnya. Diantara sekian banyak wisata alam yang ada di Bogor, salah satu yang menjadi favorit dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan, utamanya masyarakat Jakarta dan sekitarnya adalah pemandian air panas Gunung Pancar.

Yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, dengan koordinat map/GPS 6.597588.106.941763 (Android, Waze, dan iOS).

Berada pada ketinggian 300 – 800 meter dpl dan memiliki kemiringan sekitar 15 – 40%, kawasan wisata ini dikelilingi oleh hutan alam dataran rendah dengan berbagai macam jenis tanaman serta semak belukar yang membuat suasana sekeliling terlihat asri dengan udara yang sejuk.

Pada siang hari suhu maksimal sekitar 33 derajat Celcius, sedang pada malam hari berkisar 24 derajat Celcius.

Peta Wisata

Papan Petujuk Arah : satyawinnie.com

Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas Gunung Pancar tidaklah sulit jika menggunakan kendaraan pribadi serta memanfaatkan denah, peta atau menggunakan koordinat maps/GPS pada gadget.

Dan bisa ditempuh dari berbagai rute, baik dari Jakarta, Bandung, maupun Kota Bogor. Jika dari Jakarta, jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke lokasi sekitar 45 km.

Perjalanan dari Jakarta bisa diawali dengan memasuki jalan tol yang menuju ke arah Bogor, dilanjutkan dengan memasuki tol Sentul City dan mengambil arah sebelah kanan yang menuju ke jalan Sentul Raya.

Setelah perjalanan menempuh sekitar 8 km, akan dijumpai bundaran berbentuk setengah, dan lanjutkan perjalanan dengan mengambil arah kiri hingga jarak yang ditempuh sekitar 600 meter. Selanjutnya, ambil arah yang ke kanan dan cari jalan ke babakan Madang.

Jika perjalanan dilakukan dengan menggunakan kendaraan umum, dapat menggunakan angkutan umum jurusan Jungle Land Sentul City. Begitu turun, lanjutkan perjalanan dengan mengendarai ojek dengan ongkos sekitar Rp. 20.000 – Rp. 25.000.

Sebelum sampai di pemandian air panas Gunung Pancar, pengunjung akan terlebih dahulu melewati gerbang Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang dikelola oleh PT Wana Wisata Indah.

Untuk memasuki gerbang ini para pengunjung akan dikenai bea masuk sebesar Rp. 5000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 15.000 untuk wisman, ditambah dengan bea masuk kendaraan sebesar Rp. 1000 untuk kendaraan roda dua, Rp. 1500 untuk mobil dan Rp. 2500 untuk bus dan truk.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini merupakan kawasan konservasi alam dan kawasan hutan lindung berupa hutan pohon pinus serta beberapa jenis tumbuhan yang lain, seperti Rasamala, Beringin, Saninten, Puspa, dan pohon Jamuju.

Sementara untuk jenis satwa yang menempati kawasan hutang lindung ini terdiri dari berbagai jenis unggas, seperti burung jalak, elang, kutilang, srigunting, dan ayam hutan merah, serta berbagai satwa lainnya, seperti kera, owa, babi hutan, surili, dan jelarang.

Bagi mereka yang senang menyusuri kawasan hutan, terdapat trek yang menuju kawasan hutan pinus. Meski berupa hutan dan tidak tertata rapi sebagaimana halnya sebuah taman, namun suasana yang melingkupi hutan pinus cukup menarik untuk dijadikan background pengambilan foto, bahkan untuk foto pre-wedding sekalipun.

Suasana Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Kolam umum tidak begitu luas, namun cukup nyaman jika kondisi lagi sepi : northeist.wordpress.com

Setelah melewati Taman Wisata Alam Gunung Pancar, tidak butuh waktu lama untuk sampai di pintu gerbang pemandian air panas Gunung Pancar yang memiliki jam buka atau jam operasional selama 24 jam.

Untuk dapat menikmati lokasi wisata, pengunjung dikenai harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp. 10.000 dan tiket untuk anak-anak seharga Rp. 3.000. HTM tersebut tidak termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 4.000 untuk kendaraan roda empat.

Lokasi parkir di tempat wisata ini sangat luas dengan permukaan tanah yang miring, dan di sisi sebelah kanan area parkir banyak berjajar warung-warung sederhana yang menjual berbagai macam makanan, buah-buahan, serta souvenir.

Untuk menuju ke lokasi pemandian, pengunjung harus melewati jalan menurun yang dinaungi pohon-pohon bambu yang lebat, sehingga suasana sekeliling terasa rindang dan sejuk.

Pengunjung berendam di kolam umum : travel.kompas.com

Setiba di kompleks pemandian air panas Gunung Pancar, akan dijumpai dua buah kolam pemandian terbuka berukuran 10 x 8 meter yang satu sama lain disekat tembok, satu kolam khusus untuk laki-laki sedang kolam lainnya khusus untuk perempuan.

Kolam terbuka ini dialiri air panas alami yang sumbernya dari Gunung Pancar dan dialirkan dengan menggunakan pipa-pipa. Untuk dapat memanfaatkan kolam terbuka, pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis.

Selain dua kolam pemandian terbuka tersedia pula 6 kolam rendam tertutup untuk keluarga dengan lantai keramik dan dilengkapi bathub. Kolam rendam air panas tertutup ini dapat dimanfaatkan dengan membayar tarif sebesar Rp. 25.000 jika seorang diri dan Rp. 100.000 jika bersama keluarga untuk setiap jamnya.

Berbeda dengan pemandian air panas di Indonesia pada umumnya yang sumber airnya mengandung belerang, air panas yang terdapat di pemandian air panas Gunung Pancar ini tidak mengandung belerang sama sekali sehingga tidak menebarkan aroma yang menyengat.

Air panas Gunung Pancar hanya mengandung kadar mineral sebesar 100.8 dan kalsium 70.3, demikian menurut keterangan yang tertulis pada papan informasi di lokasi pemandian tersebut.

Dengan kandungan mineral dan kalsium serta bersuhu panas/hangat, membuat aktifitas berendam di pemandian ini memiliki khasiat untuk menghilangkan rasa capek dan lelah, meregangkan otot, membuat tubuh lebih rileks serta dapat menyembuhkan penyakit rematik, encok, pegal-pegal, asam urat dan linu pada tulang.

Fasilitas Pemandian

Selain dua kolam pemandian terbuka berukuran 10 x 8 meter dan 6 buah kamar rendam tertutup, pemandian air panas Gunung Pancar juga dilengkapi dengan pondok lesehan untuk tempat beristirahat yang dapat disewa dengan tarif Rp. 10.000 perjamnya.

Lahan parkir yang cukup luas membuat para pengunjung dapat leluasa memarkir kendaraan yang mereka bawa.

Tidak hanya itu, pihak pengelola juga menyediakan jasa pijat, masker, dan lulur tanpa mematok tarif, sehingga pengunjung cukup membeli masker lumpur mineral seharga Rp. 15.000 perbungkus dan memberi tips yang pantas bagi pekerja.

Masker lumpur mineral : satyawinnie.com

Masker lumpur mineral tersebut konon dapat mencegah dan menyembuhkan jerawat serta mengangkat sel-sel kulit yang mati, sehingga kulit menjadi cantik alami. Bagi pengunjung yang menderita penyakit stroke dan persoalan kesehatan yang lain, pihak pengelola juga menyediakan jasa terapi air panas.

Jika ingin bersantap, membeli buah-buahan atau souvenir untuk oleh-oleh, semua tersedia di warung dan toko yang ada di sekitar pemandian air panas Gunung Pancar.

Begitu juga untuk para wisatawan yang tidak memiliki kerabat di sekitar lokasi wisata, tidak perlu bingung mencari penginapan, karena di sekitar Gunung Pancar banyak terdapat hotel, resort, cottage dan villa.

Salah satu tempat yang bisa dijadikan rujukan dalam memilih tempat menginap adalah Giritirta Hotspring.

Giritirta Hot Spring Resort and Spa : tempatwisatadibogor.net

Hotel & Resor yang memiliki alamat di Jl Raya Babakan Madang, Karang Tengah, Bogor dengan nomor telepon: 0856-9285-2317 ini selain memberikan suasana yang tenang dan nyaman karena letaknya di tengah belantara pinus, juga menyediakan sumber air panas pribadi bagi tamu-tamunya.

Itulah gambaran sekilas tentang pemandian air panas Gunung Pancar yang tidak pernah sepi dari pengunjung sepanjang tahun 2017 ini.

Leave a reply "6 Foto Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bojong Koneng Sentul Bogor, Map Peta Alamat Lokasi + Tarif Tiket Masuk"

Author: 
    author