5 Tempat Wisata di Sidoarjo dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

54029 views

5 Tempat wisata di sidoarjo dan sekitarnya yang wajib dikunjungi objek jawa timur kota kabupaten baru waru outbound jatim surabaya murah obyek ebad agrowisata daerah duta delta fishing5 Destinasi Obyek Wisata Liburan di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur

Jika anda sedang mencari tempat wisata di Sidoarjo, anda bisa menemukannya di artikel ini. Kabupaten Sidoarjo yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur ini dalam satu dekade terakhir sangat terkenal dengan lumpur Lapindo.

Wilayah Sidoarjo berbatasan dengan kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di sebelah utara, Kabupaten Pasuruan di arah Selatan, Selat Madura di sebelah timur, dan Kabupaten Mojokerto di bagian barat.

Meskipun merupakan kabupaten terkecil di Jawa Timur, tapi Sidoarjo memiliki cukup banyak tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi.

1. Lumpur Lapindo


Lumpur Lapindo memang masih menjadi masalah bagi bangsa, tapi di sisi lain juga menjadi salah satu tempat yang menarik untuk hunting foto.

Ya, Lumpur Lapindo menyajikan pemandangan yang eksotis dengan tanggul-tanggul yang dibangun di sekitar Jalan Raya Porong cukup menarik untuk berfoto.

Namun perlu diingat, anda harus tetap hati-hati dan menjaga jarak saat berfoto karena bisa saja semburan lumpur Lapindo akan menyembur sewaktu-waktu.

2. Pantai Kepetingan


Pantai Kepetingan merupakan salah satu tempat wisata di Sidoarjo yang wajib anda kunjungi. Pantai ini terletak di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Untuk mencapai lokasi ini, anda bisa menggunakan perahu yang dapat disewa dari nelayan setempat.

Jalur darat tidak memungkinkan untuk menuju lokasi, karena medannya sangat sulit penuh dengan hutan mangrove. Pantai Kepetingan banyak dikunjungi wisatawan pada hari libur, terutama pada saat upacara Nyadran.

3. Candi Pari


Candi Pari merupakan peninggalan sejarah yang masih dilestarikan dan patut anda kunjungi. Letak candi ini di Desa Sawahan, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo atau sekitar 2 km ke arah barat laut dari Lumpur Lapindo.

Menurut sejarah, candi ini dibangun untuk mengenang tempat hilangnya sahabat dari salah satu putra Prabu Brawijaya yang tidak mau tinggal di Keraton Majapahit.

4. Sun City Waterpark


Tempat wisata di Sidoarjo yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Sun City Waterpark. Meskipun baru dibangun pada tahun 2004, tempat rekreasi ini banyak menarik perhatian masyarakat untuk mengunjunginya.

Tempat ini memiliki wahana air yang cukup lengkap dan luas, seperti water boom, dragon sliding, dan sebagainya. Untuk fasilitasnya disediakan panggung hiburan, life guard, dan medical center.

5. Alun-alun Sidoarjo


Untuk menghabiskan waktu malam, anda bisa mengunjungi alun-alun Sidoarjo yang berada di tengah kota. Alun-alun Sidoarjo merupakan salah satu simbol pemerintahan Sidoarjo.

Disini terdapat tugu dan pendopo yang bisa dijadikan untuk tempat hunting foto sebagai kenang-kenangan saat anda liburan di Sidoarjo.

Selain itu juga terdapat bangunan lain seperti Wisma Delta Wibawa, Masjid Agung Sidoarjo, dan Tugu Sidoarjo. Di malam hari tempat ini dihiasi lampu-lampu sehingga suasananya terasa lebih indah.

Tags: #Alun-alun Sidoarjo #Candi Pari #Lumpur Lapindo #Pantai Kepetingan #Sun City Waterpark