DKI Jakarta

7 Makanan Khas Jakarta Timur, Pusat, Selatan, Barat, Utara Yang Bervitamin Tahan Lama

sewa mobil jogja banner
7 Makanan khas jakarta timur pusat selatan barat utara yang bervitamin tahan lama yg tts tradisional restoran adalah diulang disebut terkenal enak minuman kerak telor nasi uduk ulam ketupat sayur semur jengkol gado ketoprak
Gado Gado Khas Jakarta

7 Sajian Kuliner Asli Dari Ibu Kota Jakarta yang Tersedia Banyak Disekitar Kita

Jakarta merupakan sebuah kota metropolitan yang terbesar di Indonesia. di Jakarta terdapat banyak sekali orang dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Karena banyak orang pedesaan yang mengira Jakarta adalah kota yang menyimpan banyak sekali kesempatan untuk sukses dan berkarir. Karena banyak orang yang datang ke kota metropolitan banyak sekali budaya yang membaur menjadi satu di tempat ini.

Namun dalam segi makanan, makanan khas Jakarta masih bertahan dalam masuknya berbagai budaya dari tempat lain. Berikut ini adalah makanan asli Jakarta yang masih ada di sekitar kita.

  1. Nasi Uduk

Makanan yang satu ini pasti banyak orang sudah mengetahuinya dan bahkan orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pasti pernah mencicipi makanan ini.

Nasi Uduk adalah nasi yang dimasak dengan menambahkan santan dan daun pandan dalam proses pemasakannya agar menadapatkan aroma dan rasa yang begitu khas.

Sebagai pelengkap nasi uduk akan disajikan dengan bihun, telur rebus, semur tahu, tempe orek, dan sambal serta kerupuk. Nasi ini biasanya disajikan untuk sarapan ataupun makan malam.

  1. Nasi Ulam

Nasi Ulam adalah makanan Jakarta yang terpengaruh oleh budaya Cina. Nasi ulam sendiri adalah nasi yang yang terbuat dari campuran nasi pera yang ditambah dengan semur telur, semur tahu, semur kentang.

Baca Juga :   8 Tempat Wisata Alam Di Jakarta Yang Paling Diminati

Nasi ulam juga terkadang ditambah dengan bihun goreng, irisan telur dadar, dan perkedel kentang. dan sebagai topping pelengkap biasanya ditambahkan bawang goreng, taburan kacang tanah tumbuk, kemangi dan sambal.

  1. Ketupat Sayur

Ketupat sayur adalah makanan khas Jakarta yang sangat identik dengan sarapan. Karena saat pagi anda dapat mudah sekali menemukan penjaja menu makanan ini diseluruh penjuru kota Jakarta dan sekitarnya.

Ketupat sayur sendiri adalah makanan yang sebenarnya adalah makanan yang sederhana yaitu makanan yang terbuat dari ketupat yang disiram dengan kuah santan pedas. dan sebagai pelengkap biasanya akan ditambahkan bawang goreng, kacang kedelai dan kerupuk atau emping.

  1. Semur Jengkol

Tidak bisa disangkal lagi jika jengkol adalah menu makanan yang sangat erat ikatannya dengan kota Jakarta. Biasanya jengkol diolah menjadi semur jengkol.

Semur jengkol adalah salah satu olahan jengkol yaitu buah jengkol direndam di dalam air kapur untuk menghilangkan baunya lalu dijadikan menjadi semur.

Di Jakarta anda bisa menemukan dengan mudah makanan yang biasa dijadikan menu pelengkap, seperti nasi ulam, nasi uduk, atau sebagai lauk nasi saja.

  1. Gado-gado

Jika di Jawa Barat terdapat karedok maka di Jakarta ada gado-gado. Gado-gado adalah makanan yang terbuat dari berbagai bahan sayuran rebus yang dicampur menjadi satu lalu disiram menggunakan saus bumbu kacang.

Sebagai pelengkap makanan ini disajikan bersama nasi hangat dan kerupuk. Beberapa orang menyebutnya jika gado-gado ini adalah seladanya orang Indonesia.

  1. Ketoprak
Baca Juga :   25 Cafe dan Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan Yang Asik dan Murah

Ketoprak adalah makanan sederhana selanjutnya yang berasal dari ibukota Jakarta. Ketoprak adalah makanan yang terbuat dari potongan lontong yang dicampur dengan tahu goreng yang dipotong kecil-kecil, lalu bihun dan dilengkapi dengan kerupuk.

Lalu semua itu disiram dengan menggunakan saus bumbu kacang. Anda bisa mendapatkan makanan ini sebagai menu makan malam anda yang mudah ditemui berbagai penjuru kota Jakarta

  1. Kerak Telor

makanan khas jakarta

Kerak telor adalah makanan yang sangat identik dengan kota Jakarta. Kerak telor biasanya sangat mudah ditemukan di kawasan Kemayoran saat perayaan ulang tahun kota Jakarta pada sekitar bulan Juni hingga Juli.

Namun pada hari biasa anda bisa tetap menemukan beberapa pedagang kerak telor yang hanya ada di beberapa tempat di Jakarta.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh