Yogyakarta

Menyibak Air Terjun Sri Gethuk, Foto + Tiket Masuk, Surga Tersembunyi Di Gunungkidul

sewa mobil jogja banner

Daerah Istimewa Yogyakarta memang se-istimewa namanya. Banyak orang akan setuju dengan kalimat tersebut. Kota istimewa yang penuh kenangan, budaya khas, hingga keramahtamahan penduduknya. Tidak heran, banyak turis lokal maupun asing yang senang dan sering mengunjungi Yogyakarta. Ada satu tempat wisata yang juga wajib dimasukkan ke dalam daftar liburan, selain Candi Borobudur dan Malioboro. Wisata ini bernama Air Terjun Sri Gethuk. Pernah mendengarnya? Penasaran seperti apa penampakan air terjun sri gethuk? Mari simak ulasan berikut.

air terjun sri gethuk

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Jalan menuju kawasan wisata ini dari pusat kota terbilang cukup mudah. Apabila merasa kebingungan, lebih efektif bila memanfaatkan google maps. Dari pusat kota berjarak sekitar 42 km dengan lama perjalanan 1 sampai 1,5 jam. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Hanya dengan Rp. 7.000,- sudah bisa menikmati panorama keindahan air terjun. Harga tersebut sudah dengan biaya parkir kendaraan. Dan jika ingin berkeliling, ada jasa sewa perahu, cukup dengan membayar Rp. 10.000,-. Kawasan ini dibuka pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga :   Foto Pantai Sundak di Gunung Kidul Jogja + Harga Tiket Masuk dan Letak Rute Alamat Peta Map

Penampakan Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung masih harus menyusuri sungai dengan jarak kurang lebihnya 700 meter. Bisa menggunakan perahu dengan waktu tempuh 10-15 menit. Tapi bisa juga dengan berjalan kaki di jalan setapak naik turun bukit. Letak air terjun diapit oleh tebing tinggi dengan tinggi berkisar 50 meter. Pengunjung akan disuguhi pemandangan hijaunya persawahan mengelilingi air terjun. Aliran airnya berasal dari 3 sumber mata air dengan debit air 30-60 liter per-detik.

Air yang jatuh dari atas ketinggian yang memiliki 3 cabang, akan ditampung oleh Sungai Oya. Arus Sungai Oya ini relatif tenang dengan bentuknya yang meliuk-liuk. Sungai Oya memiliki air yang jernih dan bersih. Air Terjun Sri Gethuk semakin eksotis dipadukan dengan pemandangan bebukitan, hijaunya sawah, dan air sungai yang mengalir tenang.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Selain duduk-duduk santai menikmati panorama keindahan yang disuguhkan Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain, diantaranya :

1. Tracking / Trekking

kegiatan trekking

Bagi pengunjung yang memilih jalur darat untuk mencapai lokasi air terjun, kegiatan itu bisa disebut sebagai tracking. Aktivitas tracking ini terbilang cukup seru. Sepanjang perjalanan menyusuri Sungai Oya, pengunjung dapat sering menemukan spot foto menarik.

2. Body Rafting

Body-Rafting
ilustrasi

Body rafting adalah kegiatan menghanyutkan diri di permukaan air dengan pelampung. Aktivitas ini bisa membantu merilekskan pikiran dan otot-otot tubuh.

Baca Juga :   8 Tempat Wisata Alam Di Yogyakarta Yang Menarik Dikunjungi

3. Cliff Jumping

Aktivitas ini dilakukan dengan cara melompat dari atas tebing kemudian menceburkan diri di Sungai Oya. Untuk naik ke atas tebing, bisa dilakukan dengan meniti tali yang sudah disediakan.

4. Mencicipi Makanan Tradisional

nasi-tiwul-ikan-kelong-khas-pacitan

Tidak ada salahnya mampir ke warung-warung di sepanjang pintu masuk yang menyediakan masakan khas Gunung Kidul. Salah satunya adalah Nasi Tiwul.

5. Mengunjungi Tempat Di Sekitar Air Terjun

air-terjun-sri-gethuk-jogja

Kawasan wisata ini juga menyediakan tiket terusan untuk masuk ke Goa Rancang Kencono. Goa ini dulunya dijadikan tempat menyusun strategi perang oleh Laskar Mataram. Ruangan di dalam goa cukup luas seperti hall, dan sudah berusia ribuan tahun.

Itu dia sekilas ulasan Air Terjun Sri Gethuk. Membayangkannya saja sudah membuat penasaran. Bagaimana rasanya jika menyaksikan panoramanya secara langsung? Tentu akan membuat terpana, ya. Dengan pemandangan yang ditawarkan, harga yang sangat terjangkau, juga banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan. Cukup untuk membuktikan bahwa kawasan wisata ini sangat pantas dikunjungi, kan? Selamat meluangkan waktu untuk berlibur ke Yogyakarta. Jangan lupa mampir ke Air Terjun Sri Gethuk.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh