Kepulauan Bangka BelitungPromosi

Belitung – Pulau dengan Beragam Pesona Wisata

sewa mobil jogja banner

Belitung Atau Belitong dalam bahasa lokal bermakna seperti siput laut yang gambaran dari Pulau Belitung sendiri apabila dilihat dari atas. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbentuk sejak tahun 2000, sebagai momentum bersatunya dua pulau, antara Bangka dan Belitung. Untuk Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ada di Pulau Bangka, yaitu Kota Pangkal Pinang.

Bandara di Pulau Belitung

Bandara yang ada di Pulau Belitung sendiri adalah Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin atau sebelumnya dikenal juga dengan nama Bandar Udara Buluh Tumbang adalah sebuah Bandar udara internasional yang terletak di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Belitung terletak di sebelah timur pulau Sumatera dan juga berbatasan langsung dengan bengkulu Singapura dan Tanjung Pandan.

Di Belitung banyak sekali ditemukan bahan-bahan tambang seperti timah putih pasir kuarsa tanah liat dan berbagai macam granit Selain itu untuk produk pertanian di Belitung sebagai penghasil sahang atau lada putih.

Sebagian besar penduduk Belitung merupakan pesisir pantai dan tentunya sangat familiar dengan kehidupan bahari dan laut tentunya juga dengan makanan khas dari Belitung kebanyakan makanan khas laut.

peta belitung
Peta belitung Source : wikipedia

Wisata alam di Belitung

Untuk wisata alam di Belitung yang paling terkenal adalah Wisata Batu mentas dimana yang tajam dan memiliki potensi yang sangat bagus untuk sebuah destinasi wisata yang terpadu.

Baca Juga :   Sewa Bus Pariwisata Jakarta Bali Murah Terbaru Harga 2019

Selain itu itu masih memiliki hutan yang sangat lebat serta masyarakat lokal yang sangat ramah terdapat berbagai macam tumbuhan flora dan fauna seperti kebun nanas dan lada dan juga seni yang ada di Belitung sendiri memberikan nilai yang dapat disimpan oleh hati wisatawan.

Hitung sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang tersembunyi. Munculnya film Laskar Pelangi sedikit banyak pulau Belitung terekspos ke dunia luar dan juga masyarakat di seluruh Indonesia.

Nah untuk lebih lengkapnya kita akan lihat ada apa saja yang wisata di Belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi belitung

Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan salah satu pantai yang berada di sisi Utara Belitung tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan.

Sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi pantai ini memiliki keindahan pasir putih air laut yang jernih serta batu granit yang super besar.

Ombak yang ada di pantai Tanjung Tinggi relatif tenang dan kamu pun dapat bermain dan berenang tanpa takut terbawa ombak.

Apabila kamu lapar dan haus dapat di tepi pantai terdapat berbagai macam warung yang menjajakan makanan khas laut. Apabila kamu ingin merasakan lebih lengkap dapat memilih jasa paket tour belitung terbaik.

2. Bukit berahu

pantai bukit berahu

Bukit berahu merupakan 1 tempat perpaduan antara Villa resto dan bungalow yang terletak di pinggir pantai indah di Pulau Belitung.

Baca Juga :   Sewa Alphard di Jakarta murah dengan harga terlengkap di tahun 2019

Bukit berahu sendiri terletak sangat dekat dengan Tanjung Tinggi dan apabila dilihat dari atas bukit berahu kamu dapat menikmati keindahan pantai khas Belitung yang berpasir putih dan warna air laut biru muda yang sangat jernih.

3. Pulau Lengkuas

pulau lengkuas belitung

Saat melakukan tour belitung jangan lewatkan satu lagi yang sangat terkenal di Pulau Belitung adalah pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas terletak di sebelah utara Pulau Belitung dan cukup menyeberang sekitar 30 menit untuk mencapai ke pulau ini.

Di pulau Lengkuas kamu dapat melihat mercusuar yang menjulang tinggi yang terletak di tengah-tengah pulau.

Mercusuar di pulau Lengkuas ini sudah ada sejak tahun 1882 dan dari atas mercusuar kamu dapat menikmati keindahan pantai yang ada di Belitung dari ketinggian

Baca Juga:

4. Pantai punai

pantai punai belitung

Pantai punai terletak di sebelah timur Belitung yang lebih tepatnya berada di Desa Tanjung kelumpang. Berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di Belitung untuk pantai punai ini sendiri tidak besar namun berombak kecil dengan pasir putih dan suasana yang lebih tenang.

Pantai Punai ini kurang begitu terkenal sebagai tujuan wisata para wisatawan, namun kamu dapat mengunjunginya kalau masih ada waktu ketika ada di Pulau Balitung.

5. Museum Kata Andrea Hirata

museum kata andrea hirata

Museum Kata Andrea Hirata dapat dikatakan sebagai museum tempat laskar pelangi lahir. Dan dikatakan juga setelah lahirnya film laskar pelangi pada tahun 2008 hal tersebut juga menjadi momentum bangkitnya pariwisata di Pulau Belitung. Moment ini berlangsung secara bertahap, dari mulai melejitnya Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata hingga diadaptasi menjadi Film Layar lebar yang juga memiliki judul yang sama.

Baca Juga :   Liburan Ke Bangka Belitung Murah 2018 Ala Backpacker, Kunjungi 3 Pantai dan 2 Pulau Ini

Museum kata Meraih Predikat Museum Terunik 2017

Museum Andrea Hirata ini menjadi sebuah museum unik dimana didalam museum terdapat berbagai macam ruangan belajar dan mengkaji agama. Tentunya bagian belajar agama ini sudah menjadi satu bagian yang utuh dalam novel Laskar Pelangi. Disebelah ruangan belajar terdapat berbagai karya dan foto foto dari para tokoh sastrawan dunia.

Untuk sekedar kamu tahu kalau Museum Kata Andrea Hirata ini diresmikan sejak November 2012. Dan sampai saat ini telah banyak wisatawan yang mampir untuk mengenal lebih jauh mengenai laskar pelangi dan keindahan pulau Belitung sendiri. Pada tahun 2017 museum kata Andrea Hirata mendapatkan predikat sebagai museum terunik.

***
Itu tadi sebagian dari berbagai tempat wisata yang ada di pulau Belitung, artikel ini akan selalu diupdate untuk terus memberikan informasi selengkapnya kepada kamu mengenai pulau Belitung.

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh