Jawa Tengah

5 Tempat Wisata di Solo Surakarta Yang Dekat Dengan Stasiun Balapan dan Sekitarnya

5 Lokasi Rekreasi Menarik di Kota Surakarta (Solo atau Sala) provinsi Jawa Tengah

Mencari tempat wisata di Solo tidak sulit, karena kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki cukup banyak tempat wisata yang menarik.

Jika anda sedang berlibur di Yogyakarta, tak ada salahnya anda singgah ke Solo karena jaraknya juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar satu setengah jam perjalanan dengan kendaraan.

Di Solo, anda bisa menikmati wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Bagi anda yang masih bingung menentukan destinasi liburan kali ini, mungkin anda bisa berkunjung ke Solo. Berikut ini beberapa tempat wisata di Solo yang bisa dikunjungi:

 

5 Tempat wisata di solo surakarta yang dekat dengan stasiun balapan dan sekitarnya obyek daftar karesidenan jawa tengah terbaru baru murah terkenal raya bagus alam malam ada

1. Tawangmangu


Objek wisata Tawangmangu terletak di kaki Gunung Lawu. Disini anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan asri dengan udara yang sejuk. Yang paling menarik di Tawangmangu adalah adanya Grojogan Sewu yang berupa air terjun setinggi 81 m.

Suara gemuruh air terjun akan langsung menyapa anda begitu tiba di tempat ini. Selain dapat menikmati indahnya air terjun, anda juga bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia seperti outbond, flying fox, pemancingan, playground, dll.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi di Solo Jawa Tengah Dekat Stasiun Yang Wajib Dikunjungi Malam Hari

2. Pandawa Water World


Pandawa Water World merupakan tempat wisata kelas dunia yang berada di Solo Baru, Sukoharjo.

Objek wisata ini berupa taman dunia air yang penuh petualangan dan memiliki berbagai macam wahana menarik, diantaranya Action River, Wave Pool, Warm Spa, Aerated Spa, Fantastic Slide, Sight Tower, dan masih banyak lagi.

Untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini, anda harus mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 100 ribu per orang pada akhir pekan.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat


Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu ikon tempat wisata di Solo yang harus anda kunjungi. Keraton yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744 ini terletak di dekat alun-alun kota Solo.

Area keraton memiliki halaman yang berpasir yang khusus diambil dari laut selatan. di dalam keraton terdapat museum untuk menyimpan barang-barang peninggalan sejarah kota Solo, diantaranya pakaian raja-raja terdahulu, peralatan perang, dan kereta kuda.

4. Kompleks Makam Astana Giri Bangun


Kompleks Makam Astana Giri Bangun merupakan sebuah kompleks pemakaman keluarga presiden Orde Baru, Soeharto. Lokasi pemakaman ini berlokasi di Desa Girilayu, Matesih, Karanganyar, sekitar 35 km dari kota Solo.

Pemakaman ini berada di atas bukit, tepat dibawah Astana Mangadeg yang merupakan kompleks pemakaman para raja Mangkunegaran.

5. Museum Batik Danar Hadi Solo


Museum Batik Danar Hadi yang terletak di Jalan Slamet Riyadi 261 Surakarta adalah museum yang memiliki koleksi kain batik terbanyak dan telah diakui MURI (Museum Rekor Indonesia). Disini anda bisa menemukan hingga 10.000 helai kain batik dari berbagai motif dan corak.

Baca Juga :   8 Penginapan di Semarang Termurah Dibawah 100 Ribu Dekat Stasiun Poncol, Tembalang, Simpang Lima

Artikel Lainnya

Tags

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker