Promosi

6 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Liburan

Aktivitas dan pekerjaan yang padat sering membuat kita merasa penat sehingga liburan kerap menjadi alternatif terbaik untuk menenangkan pikiran. Tak peduli dengan padatnya jadwal pekerjaan, dua hari di akhir pekan pun dianggap cukup untuk kabur dari segala kerumitan yang melanda kehidupan. Waktu luang pada hari Sabtu dan Minggu pun kerap dijadikan sebagai weekend gateway untuk mengunjungi tempat baru dan mencari pengalaman untuk melupakan beban pikiran. Apalagi jika ada tanggal merah di pertengahan minggu, siapa yang tak mau untuk melewatkan kesempatan merasakan libur panjang?

tips traveling sehat

Liburan memang akan membuat pikiran terasa segar dan meminimalisir stress akibat aktivitas rutin yang itu-itu saja. Bertemu orang baru, mencoba hal baru, hingga melancong ke tempat baru akan membuat hati merasa senang. Jika Anda ingin liburan yang lebih praktis, staycation bisa menjadi pilihan tepat mengingat liburan tak melulu soal jalan-jalan, tapi juga bisa menjadi waktu yang pas untuk beristirahat dengan tenang. Anda bisa menginap di hotel populer yang berada di kota Anda dan menikmati semua sajian yang ditawarkan. Menikmati semua layanan hotel pun menjadi cara baru bagi mereka yang ingin liburan tapi tidak memiliki banyak waktu luang.

Baca Juga :

Terlepas dari bagaimana Anda memanfaatkan waktu di tengah padatnya jadwal pekerjaan, traveling adalah sebuah hal yang sangat penting. Melancong ke pantai, gunung, taman, danau, ataupun sekedar ‘ngamar’ akan menjadikan waktu luang lebih berharga dan tidak terbuang sia-sia. Dan yang lebih penting, liburan bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh, organ, dan juga pikiran.

Baca Juga :   9 Tips Berlibur Hemat Ketika di Malang
tips sehat selama travelling
sumber pexels.com

Tips Tetap Sehat saat Liburan

Namun apa jadinya jika saat traveling justru berantakan karena tubuh lemah dan akhirnya jatuh sakit? Tentu Anda tidak mau hal buruk seperti ini terjadi dan menjadi pengalaman pahit saat traveling. Nah, bagi Anda yang ingin tetap sehat saat traveling di akhir pekan, yuk ketahui beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat liburan!

  1. Istirahat Cukup

Kunci utama liburan menyenangkan dan menyehatkan adalah memiliki waktu istirahat yang cukup. Perjalanan yang jauh, tubuh yang lelah setelah bekerja siang dan malam, hingga faktor lain seperti begadang selama perjalanan bisa mengurangi waktu istirahat Anda. Meski Anda sedang liburan, pastikan Anda tetap memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup agar tubuh juga bisa rileks. Jangan paksakan untuk mengejar waktu dengan mengunjungi banyak tempat yang justru bisa memberikan resiko kelelahan.

 

  1. Selektif Memilih Makanan dan Minuman

Selama kita liburan, sulit rasanya untuk mengawasi makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berada di tempat baru dan mengkonsumsi makanan atau minuman khas daerah tersebut tentu akan menjadi pengalaman tersendiri. Tapi pastikan Anda tetap selektif dalam memilih apa yang dikonsumsi selama traveling. Sah-sah saja jika Anda ingin mencari makanan yang enak, unik, dan belum pernah dicoba sebelumnya. Tapi tetap perhatikan faktor kebersihan dan kandungan gizi makanan agar tubuh tetap sehat selama perjalanan. Hindari pula makanan yang bisa menyebabkan alergi Anda kambuh.

  1. Jangan Menyentuh Hewan

jangan menyentuh hewan saat travelling
sumber : pexels.com

Peraturan ini berlaku saat Anda traveling ke negara lain. Selama perjalanan mungkin Anda akan menemukan seekor anjing ataupun kucing lucu yang menggemaskan. Namun Anda perlu menyadari bahwa menyentuh hewan di tempat asing bukan hal yang direkomendasikan mengingat perilaku dan kehidupan hewan tersebut sangat berbeda dengan dimana negara kita berasal. Menyentuh hewan juga berpotensi menularkan virus ataupun bakteri.

  1. Olahraga

Liburan juga bisa menjadi saat yang tepat untuk melakukan olahraga. Apalagi jika selama ini Anda tidak memiliki waktu khusus untuk olahraga karena padatnya aktivitas dan pekerjaan. Saat berlibur ke pantai atau gunung, Anda bisa melakukan jogging sembari menikmati keindahan alam sekitar. Dengan demikian Anda bisa melakukan aktivitas yang menyeenangkan sekaligus menyehatkan.

  1. Biasakan Cuci Tangan

Bertemu orang baru, pergi ke tempat baru, dan bersentuhan dengan sesuatu yang baru memang pengalaman yang menyenangkan. Namun jangan sampai hal tersebut justru menjadi jembatan virus dan kuman. Biasakan cuci tangan secara rutin, terutama saat Anda bepergian ke tempat umum dan memegang benda asing di perjalanan.

  1. Bawa Vitamin dan Obat Sendiri

Terakhir, bawa beberapa jenis obat yang diperlukan selama perjalanan. Jika Anda memiliki alergi atau ketergantungan obat, jangan lupa bawa obat sesuai dosis yang didasarkan pada lamanya perjalanan. Beberapa jenis obat yang perlu dibawa seperti aspirin, obat sakit kepala, obat sakit gigi, hingga obat topikal seperti salep kulit, gel nyeri sendi, atau obat-obatan lain. Jangan lupa untuk membawa vitamin guna menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga :   Sewa Bus Pariwisata Jakarta Bali Murah Terbaru Harga 2019

Itulah 6 tips menjaga kesehatan tubuh selama traveling agar rencana perjalanan bisa terwujud dengan sempurna. Dengan menjaga kesehatan, Anda akan tetap fresh setelah liburan usai.

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker