DKI Jakarta

4 Tempat Rekreasi di Jakarta Barat Selain Mall dan Beserta Alamatnya

5 Tempat rekreasi di jakarta barat selain mall dan beserta alamatnya daftar nama daerah hiburan ada taman anak wilayah murah museum wayang arsip nasional of bank mandiri seni rupa keramik4 Daftar Nama Lokasi Liburan Museum Untuk Anak Murah di Daerah Jakarta Barat

Tempat rekreasi di Jakarta Barat cukup banyak, terutama wisata sejarah atau museum. Liburan memang identik dengan bersenang-senang, tapi tak ada salahnya juga jika anda mengajak keluarga dan anak-anak untuk menambah wawasan dengan mengunjungi museum bersejarah.

Bagi sebagian orang memang berwisata ke museum sangat membosankan karena tidak ada kegiatan menarik yang bisa dilakukan selain mengamati benda-benda bersejarah.

Jangan salah, di Jakarta Barat anda bisa mengunjungi sejumlah museum yang menarik dan bisa menggugah kesadaran sejarah sebagai bangsa Indonesia.

Berikut ini beberapa tempat rekreasi di Jakarta Barat yang berupa museum bersejarah yang bisa dikunjungi:

1. Museum Wayang


Di sekitar Kota Tua Jakarta, anda bisa menemukan Museum Wayang yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Jakarta Barat. di museum ini anda bisa menjumpai koleksi wayang yang mencapai 5.147 buah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya museum ini memiliki arsitektur neo renaisance tapi kemudian direnovasi pada tahun 1938 agar sesuai dengan arsitektur khas rumah Belanda.

2. Museum Arsip Nasional


Pada awalnya, gedung yang digunakan sebagai Museum Arsip Nasional adalah bekas tempat tinggal gubernur jenderal VOC Reiner de Klerk yang dibangun pada abad 18.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Kemudian, pada tahun 1925 gedung ini digunakan sebagai gedung arsip pemerintah Belanda maupun pemerintah Republik Indonesia. Saat ini, Museum Arsip Nasional dikelola oleh yayasan dan berlokasi di Jalan Gajah Mada Jakarta Barat.

Museum ini dikelilingi oleh taman penuh bunga yang dijadikan masyarakat sekitar sebagai sarana umum.

3. Museum of Bank Mandiri


Museum of Bank Mandiri pada awalnya adalah sebuah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) yang merupakan perusahaan dagang Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan perbankan.

Pada tahun 1960, gedung ini dirubah menjadi kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN).

Kemudian pada tahun 1968, gedung ini berubah lagi menjadi kantor pusat Bank Export Import (Bank Exim) hingga pada tahun 1999 digunakan sebagai kantor Bank Mandiri. Museum of Bank Mandiri berlokasi di Jalan Lapangan Stasiun No.1 Jakarta Barat.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik


Tempat rekreasi di Jakarta Barat yang berupa museum berikutnya adalah Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di Jalan Pos Kota No.2 Jakarta Barat. Museum yang menempati gedung tua peninggalan Belanda ini dibangun pertama kali pada tahun 1866 hingga 1870.

Pada mulanya, gedung tersebut digunakan oleh pemerintah Belanda sebagai kantor peradilan atau kehakiman. Kemudian digunakan oleh pemerintah Jepang sebagai barak militer dan gudang perbekalan tentara.

Pada akhirnya gedung ini diresmikan oleh Presiden Soeharto sebagai Gedung Balai Seni Rupa dan pada tahun 1990 berganti nama menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik.

Baca Juga :   8 Tempat Wisata Alam Di Jakarta Yang Paling Diminati

Artikel Lainnya

Tags

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker