Jawa Tengah

Dari Wisata Alam Hingga Kuliner, Jogja Punya Segalanya

Dari sekian banyak kota yang kerap dipilih sebagai tempat berlibur, Jogja seakan tak pernah absen dari daftar pilihan. Kota Jogja memang menawarkan sejuta pesona. Bukan hanya akan keramahan warga lokal, jajakan makanan yang nikmat dan tradisional ataupun budaya yang masih terjaga kelestariannya yang membuat Jogja sulit singgah dari hati orang-orang yang pernah menginjakkan kakinya ke sana.

Lebih dari itu, Jogja juga begitu disukai karena adanya tempat-tempat wisata yang menarik untuk didatangi. Yang datang ke Jogja pun bukan hanya wisatawan lokal, tetapi pelancong dari negara lain pun banyak yang memilih kota ini. Jadi, bukan hanya Bali atau Lombok yang terkenal oleh penduduk negara lain, Jogja pun demikian.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Terbaru Di Jogja Yang Hits

Sebagai daerah istimewa, Jogja senantiasa menjaga pesonanya lewat kontribusi antara penduduk lokal dan pihak pemerintah provinsi. Hal ini dapat dilihat dari sekian banyak lokasi wisata yang masih terjaga keindahannya. Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan sejarah bisa dilakukan pelancong saat berkunjung ke tempat ini. Nah, jika Anda berencana untuk mengisi waktu libur untuk datang ke kota Gudeg ini, berikut kami ulas beberapa macam wisata serta rekomendasi tempat yang bisa Anda datangi. 

Wisata Lengkap di Jogja

Wisata Pantai

Wisata Pantai

Berlibur ke Jogja takkan terasa puas jika tidak menyambangi satu atau lebih pantainya. Pantai-pantai yang berada di Jogja menyajikan pemandangan alam yang indah. Bukan hanya terdapat air laut yang membentang luas, tetapi pasir putih yang menghiasi bibir pantai juga dapat Anda temui di beberapa pantai di kota Jogja. Selain itu, ada pula pantai yang menyimpan properti alam alami berupa batu karang, laguna, dan masih banyak lagi.

Ajak keluarga atau teman Anda untuk datang ke pantai Jogja. Anda bisa mencoba pantai-pantai yang terkenal seperti Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, Pantai Nglambor, Pantai Timang, Pantai Nelayan, dan masih banyak lagi. Di beberapa pantai bahkan bisa ditemukan wahana menantang seperti jembatan gantung yang bakal menguji keberanian Anda.

Air Terjun dan Sungai

Air Terjun dan Sungai

Di beberapa titik kota Jogja dapat ditemui air terjun yang mengalir deras. Beberapa air terjun yang tak pernah luput dari rujukan penduduk lokal hingga pelancong yang pernah datang adalah Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang, Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Pulosari, dan masih banyak lagi. Di Air Terjun Sri Gethuk misalnya, di tempat ini Anda bisa melihat warna air yang jernih sehingga Anda pun tak segan untuk berenang di bawahnya.

Selain air terjun, Anda juga bisa mendatangi beberapa spot wisata alam lain seperti sungai. Salah satu sungai yang dijadikan objek wisata adalah sungai Lava Bantal. Sungai ini bukan hanya memperlihatkan aliran air yang akan membuat pikiran tenang. Lebih dari itu, sungai Lava Bantal turut menyajikan pemandangan alam berupa rerumputan yang asri dan menyejukkan mata. Selain sungai Lava Bantal, ada lagi sungai terkenal lain di Jogja seperti Goa Pindul yang menyediakan wahana untuk berkeliling sungai dengan ban.

Wisata Gunung

Wisata Gunung

Kegiatan lain yang dapat dilakukan saat Anda berlibur ke Jogja adalah berwisata gunung. Gunung Merapi merupakan salah satu spot wisata yang difavoritkan banyak pengunjung. Bahkan, lokasi satu ini kerap dipilih sebagai salah satu destinasi oleh pihak sekolah yang mengadakan acara perpisahan untuk kelas tingkat akhir.

Dengan menaiki jeep, motor, atau jalan kaki, pengunjung bisa melihat-lihat bekas erupsi Gunung Merapi. Selain Merapi, ada juga gunung lain bernama gunung Api Purba Nglanggeran yang menyuguhkan bebatuan alam yang telah berumur ribuan tahun. Di gunung satu ini Anda juga bisa bersantai menikmati angin sejuk dan udara yang segar serta tidak bercampur dengan debu atau polusi kendaraan.

Wisata Candi

Wisata Candi

Situs-situs peninggalan bersejarah seperti candi juga dapat dijadikan alternatif untuk Anda yang tidak ingin bermain ke pantai atau dataran tinggi. Selain Candi Prambanan, di Jogja juga dapat dijumpai candi-candi lain seperti Candi Ijo, Candi Ratu Boko, dan lain sebagainya. Bahkan, akhir-akhir ini banyak pula ditemukan candi baru. Namun, candi tersebut belum dibuka sebagai objek wisata karena harus diteliti lebih lanjut.

Nah, misal Anda ingin melihat bangunan bersejarah seperti candi, Anda bisa coba datang ke salah satu candi yang ada di Jogja. Misalnya Candi Prambanan. Di Candi ini, Anda bakal mengenal lebih dekat mengenai sejarah berdirinya candi serta dahulu dijadikan tempat untuk apa. Sementara bagi Anda yang ingin melhat pemandangan terbenamnya sang surya yang indah, Anda bisa datang ke Candi Ratu Boko yang berada di Desa Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman pada sore hari.

Wisata Kuliner dan Oleh-oleh

wisata di jogja dekat malioboro

Setelah mendatangi beberapa situs bersejarah, gunung, atau pantai, mungkin Anda masih belum puas dan ingin menjelajahi kota Jogja lebih lama. Untuk memenuhi keinginan Anda, Anda bisa menunggu malam menjelang dan melakukan wisata kuliner. Saat malam hari, lebih banyak pedagang makanan tradisional yang keluar dan mangkal di pasar. Anda bisa menyicip kenikmatan jajanan tradisional yang jarang Anda temui di kota-kota selain Jogja.

Jangan lupa untuk berburu oleh-oleh juga semisal waktu berlibur Anda hampir habis dan harus kembali ke kota asal. Anda bisa membeli aneka barang mulai dari pakaian, makanan, hingga pernak-pernik unik khas Jogja. Untuk membeli oleh-oleh, Anda bisa datang ke beberapa tempat seperti pasar Beringharjo yang terletak di dekat Malioboro.

Itu dia macam-macam kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan saat berada d Jogja. Sebagai kota yang selalu ramah dengan wisatawan, tentu Anda bakal jatuh hati saat pertama kali menginjakkan kaki ke kota ini. Rasanya, berlibur selama satu minggu belum cukup untuk menjamah seluruh keindahan dan kegembiraan yang ditawarkan oleh Jogja.

Nah bagi anda yang apabila ingin bepergian ke kota jogja dan tidak ingin repot dengan pembelian tiket, sewa mobil, memilih tempat wisata ada baiknya menggunakan paket tour jogja. Karena harga lebih murah, tidak repot dan bisa dapat promo di hari tertentu.

 

Baca Juga :   7 Makanan Khas Jawa Tengah Olahan Nabati Beserta Gambarnya SELAIN Lumpia dan Gudeg

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker