Jawa Timur

15 Destinasi Wisata Semarang Yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki keindahan alam menakjubkan dan juga terdapat banyak surga yang tersembunyi di Semarang kota maupun kabupaten. Sebenarnya masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan alam dan suasana objek wisata Semarang.

Kota Lumpia ini memiliki banyak objek wisata yang keren dan hits, mulai dari wisata religi, situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto yang hits, sampai ada curug atau air terjun yang sangat indah. Bagi yang sedang berkunjung ke Semarang tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati beberapa objek wisata Semarang. Dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata yang paling populer dan hits di Semarang.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung semarang jawa tengah

Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki design arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu ikon kota Semarang karena banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain menjadi tempat untuk ibadah, masjid Agung Jateng juga menyuguhkan deretan informasi dan bukti sejarah perkembangan Islam di Jawa Tengah.

Museum sejarah ini terletak di Tower Asmaul Husna tepatnya di lantai 2 dan 3 yang berada di dekat masjid. Selain bisa belajar sejarah di museum atau juga dapat naik lagi ke lantai paling atas untuk melihat luasnya Kota Semarang.

Masjid ini menjadi salah satu wisata Semarang yang memiliki keunikan tersendiri dan bisa dibilang canggih. Pada bagian luar Masjid Agung Jawa Tengah ini sudah dilengkapi dengan payung besar seperti yang ada di masjid-masjid besar di Madinah, yaitu Nabawi. Biasanya banyak orang menyaksikan proses pemasangan payung pada saat melakukan shalat jum’at.

Bagi yang sedang berkunjung ke Semarang dapat singgah dulu ke Masjid Agung Jateng ini yang bisa ditemukan di Jl. Gajah Raya, Kec. Gayamsari, Semarang. Disini pengunjung cukup membayar parkir kendaraan saja dan untuk masuk museum dapat membeli tiket dengan harga sekitar 5 ribu sampai 10 ribu.

Baca Juga : Inilah 5 Wisata Yang Ada Di Semarang Yang Menarik

2. Klenteng Sam Po Kong

klenteng sam poo kong

eamudian untuk wisata Semarang yang kedua adalah salah satu klenteng megah yang terletak di kawasan Bongsari, Semarang Barat. Rasanya belum puas kalau misalkan tidak mampir ke Klenteng yang satu ini. Klenteng ini selain menjadi spot foto yang bagus juga dapat menikmati suasana dengan bangunan yang bersejarah.

Sedikit cerita bahwa lokasi ini dulunya merupakan tempat untuk singgah dan pendaratan perdana dari Laksamana China. Beliau dikenal dengan nama Cheng Ho yang memeluk Agama Islam.

Untuk tiket masuk hanya sekitar 5 ribu saja dan jangan lupa juga untuk menyewa pakaian klenteng atau pakaian adat cina yang tersedia di dekat loket utama. Disarankan kepada pengunjung  untuk mengunjungi Klenteng Sam Po Kong adalah pada saat sore hari.

3. Wisata Sejarah Lawang Sewu

lawang sewu semarang

Salah satu bangunan peninggalan Belanda di Semarang ini sampai sekarang masih menjadi minat dan daya tarik para pengunjung daerah maupun luar. Dengan banyaknya film horror yang melibatkan lawang sewu, sampai saat ini sebagian besar orang mengetahui bahwa lawang sewu memang terkesan mistis. Padahal bangunan bersejarah ini juga memiliki sejarah tantang perkeretaapian di Indonesia pada jaman dahulu.

Sebelum lawang sewu menjadi objek wisata seperti saat ini, gedung tersebut sempat menjadi tempat untuk pemerintahan pada jaman penjajahan belanda. Disini dapat belajar tentang banyak hal dan juga terdapat banyak spot foto yang bisa dibilang klasik.

Baca Juga :   6 Tempat Sewa Mobil di Surabaya Dengan / Tanpa Sopir (Driver) Lepas Kunci Harga Murah

Bagi yang sedang berlibur ke Semarang tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu objek wisata Semarang ini. Lawang sewu terletak di Jalan Pemuda, Sekayu berdekatan dengan tugu muda Semarang. Untuk dapat memasuki tempat ini, pengunjung dikenakan tarif untuk membeli tiket seharga 10 ribu untuk orang dewasa dan 5 ribu untuk anak-anak.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata ԁі Semarang уаng Wajib Kаmυ Sambangi

4. Kota Lama

 

Objek wisata Semarang selanjutnya adalah kota lama, seperti yang diketahui banyak orang kalau ada kota tua di Jakarta. Akan tetapi di Semarang juga memiliki kota lama yang menjadi tempat wisata sejarah. Disitu terdapat beberapa bangunan tua dengan gaya khas arsitektur Eropa yang terlihat klasik yang sudah berusia kurang lebih dari satu abad.

Di objek wisata kota lama ini pengunjung bisa menemukan banyak spot foto yang instagramable dan hit banget. Untuk lokasi kota lama ini terletak di Jalan Ltjn Suprapto No.22, Tanjung Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah.

5. Museum Kereta Ambarawa

museum kereta api ambarawa

Di museum kereta api ini, pengunjung bisa melihat secara langsung kereta api uap kuno yang pernah beroperasi pada jamannya. Kemudian pengunjung juga bisa menemukan banyak spot foto bersama bangkai kereta api uap. Mungkin pengunjung juga bisa berkeliling dengan menggunakan kereta api yang masih beroperasi untuk wisata.

Objek wisata Semarang ini terletak daerah desa Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Kemudian untuk harga tiket masuknya cukup murah, yaitu sekitar 10 ribu saja.

6. Wisata Apung Kampung Rawa

kampoeng kampung rawa ambarawa

Salah satu objek wisata di Kabupaten Semarang ini memiliki keunikan tersendiri nih, karena kampung wisata ini terletak di pinggir Rawa Pening yang melegenda dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Untuk fasilitasnya disini terdapat rumah makan apung yang dimana pengunjung nantinya dapat menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan rawa.

Kemudian  juga terdapat ATV, wisata perahu untuk keliling rawa pening, becak mini dan masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya yang bisa dicoba. Kampung Rawa ini bisa ditemui di Jalan Sarbini Kilometer 03, Ambarawa, Rawapening, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

7. Bukit Cinta

Sesuai dengan namanya, yaitu bukit cinta ini menjadi tempat wisata favorit anak muda. Salah satu objek wisata Semarang ini terletak di sekitar rawa pening tepatnya di Desa Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Kebanyakan  orang yang berkunjung kesini datang bersama pasangannya untuk menikmati pemandangan di bukit cinta ini.

Tempat wisata Semarang ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap kok. Disitu terdapat taman yang luas, tempat untuk bermain anak-anak, dan juga penyewaan perahu motor. Disini para pengunjung objek wisata bukit cinta bisa sewa perahu motor jika ingin berkeliling menikmati pemandangan rawa pening. Kemudian untuk harga tiket masuk ke bukit cinta hanya merogoh kocek sebesar 6 ribu per orang.

8. Umbul Sidomukti

Terasa lelah dalam perjalanan dan penat akan pikiran pekerjaan, maka itu menandakan butuhnya waktu untuk bersantai. Jika misalkan ingin berenang atau bersantai di kolam renang dengan mata air alami yang memiliki pemandangan eksotis di sekelilingnya, Umbul Sidomuktilah jawabannya.

Jadi, di Umbul Sidomukti ini terdapat beberapa kolam renang yang bisa dikatakan menyatu dengan alam, karena tempatnya yang terbuka dan dikelilingi pemandangan yang asri.

Sebagian pengunjung di salah satu wisata Semarang ini memiliki tujuan untuk santai menikmati alam yang masih asri. Bukan hanya terdapat kolam renang saja di Umbul Sidomukti, akan tetapi juga terdapat wahana-wahana yang menyenangkan.

Baca Juga :   6 Rental Sewa Mobil di Malang Lepas Kunci Tanpa / Dengan Sopir Murah 2018

Seperti ATV yang dapat bisa disewa, flying fox yang menantang adrenaline karena disini pengunjung akan ditantang untuk melewati jurang dan juga wahana ekstrem lainnya.

Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Sidomukti, Bandungan, Kab. Semarang, Jateng. Umbul Sidomukti ini termasuk wisata di kawasan Ungaran yang tergolong murah. Untuk masuk ke tempat wisata yang satu ini, untuk tiket masuknya bisa dibeli dengan harga sekitar 5 ribu saja.

9. Curug Lawe

Wisata yang satu ini merupakan salah satu wisata alam yang berdekatan dengan Gunung Ungaran. Jalur Curug Lawe ini hampir sama dengan air terjun Benowo yaitu sama-sama terletak di daerah Kalisidi, Ungaran Barat. Jika misalkan ingin berwisata ke curug lawe, tentunya bisa langsung mengunjungi dua air terjun sekaligus dengan sekali perjalanan.

Sensasi sejuk dapat dirasakan di Curug Lawe ini, karena terdapat pemandangan yang sangat indah. Namun, untuk mencapai ke lokasi air terjun, pengunjung tempat wisata curug lawe harus berjalan kaki dulu dari parkiran sekitar 1,5-2 km. Dijamin nantinya tidak akan menyesal ketika berjalan menuju ke air terjun, karena dalam perjalanan terdapat pepohonan rindang dan kicauan burung alam yang natural.

10. Curug Benowo

Air terjun ini memiliki jalur yang sama tetapi yang membedakan adalah curug ini bisa dikatakan tersembunyi, karena jalannya cukup sulit. Tetapi dalam perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih asri seperti pohon besar dan persawahan diiringi dengan kicauan burung.

Untuk lokasi Curug Benowo ini sama dengan Curug Lawe, yaitu di Desa Kalisidi, Ungaran Barat. Untuk menjumpai objek wisata yang satu ini tanpa harus mengeluarkan banyak uang, karena tiket masuk gratis alias hanya bayar parkir saja.

11. Kampoeng Kopi Banaran

Bagi para pecinta kopi wajib untuk datang ke salah satu objek wisata ini, karena disini pengunjung akan dapat mencoba menikmati kopi asli tanpa bahan kimia. Kampoeng kopi Banaran merupakan tempat wisata alam terbuka yang paling tepat dijadikan alternatif rekreasi.

Disini para wisatawan akan diberikan hiburan edukasi tentang kopi dengan cara berkeliling kebun kopi menaiki kereta mini atau mobil golf. Pengunjung bisa juga melihat seperti apa proses pemetikan kopi, dan pengolahan biji kopi yang baik dan benar.

Selain adanya wisata edukasi tentang kopi, disini juga terdapat beberapa wahana permainan lainnya seperti kolam renang, taman bermain anak, outbound, dan flying fox. Atu mungkin juga bisa mengelilingi kebun kopi menggunakan ATV yang disewakan. Tempat ini tepatnya berada di Jl. Raya Semarang-Solo KM.35, Bawen yang buka setiap hari pukul 07:00-21:00 WIB.

12. Candi Gedong Songo

Semarang juga memiliki beberapa objek wisata sejarah, salah satunya yaitu Candi Gedong Songo. Dalam bahasa jawa songo itu berarti angka sembilan. Walaupun sekarang sudah tidak lagi utuh 9 candi, namun pemandangan di sekeliling tempat wisata Semarang ini sangat menakjubkan.

Objek wisata Semarang yang satu ini berada di Dsn Darum, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jateng. Tempat ini merupakan salah satu wisata di Kabupaten Semarang yang sampai sekarang masih ramai pengunjung. Untuk dapat memasuki objek wisata Semarang ini pengunjung perlu menyiapkan dana sebesar 7 ribu untuk warga lokal dan 50 ribu untuk turis.

13. Kawasan Pemancingan Blater

Tetap di kawasan yang berdekatan yaitu di daerah Bandungan, Semarang ini Masyarakat setidaknya harus tahu salah satu kawasan pemancingan yang terletak di timur pasar Jimbaran. Sebagian banyak orang menyebutnya kawasan Pemancingan Blater. Disana bisa menemukan banyak sekali kolam-kolam ikan dengan berbagai jenis ikan.

Blater ini merupakan nama dari sebuah desa dekat pasar Jimbaran dan dekat juga dengan desa Poncoruso. Di desa Blater, hampir setiap rumah dan pesantren banyak memiliki kolam ikan air tawar dan juga pemancingan. Tak heran, jika disana banyak wisatawan yang mampir untuk istirahat dan menikmati hidangan ikan tawar.

Baca Juga :   Mengeksplor Tempat Wisata Di Malang Batu Bersama Keluarga

Untuk menuju kesana, jika dari arah Semarang kota bisa melewati jalur Babadan-Bandungan. Jika dari arah Solo maupun Jogja bisa melewati jalur Ambarawa. Disana pengunjung akan disuguhkan dengan lika-liku jalan yang keren karena kawasan pegunungan yang penuh dengan pemandangan hijau dan udara yang segar.

14. Goa Kreo

Goa Kreo merupakan sebuah destinasi wisata alam berupa goa kuno peninggalan Sunan Kalijaga. Menurut kisah masyarakat setempat, katanya goa kreo merupakan salah satu tempat di mana salah satu walisongo, yaitu Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak.

Dari sisi lain terlepas dari mitos, tempat ini juga sangat menarik untuk dijadikan objek wisata keluarga, karena di sini masih sangat asri. Dapar dilihat dari lingkungannya saja mulai dari tempat parkir kendaraan hingga ke sekitar goa terdapat banyak monyet ekor panjang.

Goa Kreo terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang. Jadi para pengunjung akan merasa seolah-olah seperti sedang berada di sebuah pulau pada saat posisi berada di Goa Kreo.

Selain wisata berkunjung ke goa, pengunjung juga bisa menikmati beberapa kegiatan lainnya seperti naik boat mengelilingi goa kreo, trakking, dan kulineran di warung dan restoran di sekitar waduk.

Tempat wisata di Semarang ini terdapat keunikan yang berbeda dengan lainnya. Pengunjung dapat bersantai menikmati segelas kopi di restoran berbentuk rumah pohon di sekitar goa kreo. Pengunjung juga bisa bersantai di gazebo yang sudah disediakan di area objek wisata.

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini yang berada di daerah Desa Kandri, Kec. Gunung Pati, Semarang, Jateng. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 5 ribu saja dengan jam operasional pukul 05:00-18:00 WIB. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke goa kreo ini adalah pada sore hari, karena disitu bisa menikmati sunset sambil bersantai ditemani segelas kopi.

15. Saloka Park

Objek wisata Semarang yang terakhir adalah Saloka, yang dimana tempat wisata ini terletak di daerah Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga.

Saloka Park dapat menjadi alternatif bagi penduduk Jawa Tengah khususnya daerah Semarang. Yang dimana Saloka Park ini menjadi objek wisata termegah di Jawa Tengah.

Destinasi wisata baru di Jateng, Saloka Park memiliki lahan yang cukup luas yaitu sekitar 18 ha. Saloka kini menjadi taman wisata terbesar di Jateng dan memiliki banyak wahana seru yang wajib di coba. Untuk harganya sekitar 120 ribu untuk hari biasa dan 150 ribu untuk hari libur.

Saloka Park memiliki fasilitas dan keseruan yang bisa dirasakan oleh para pengunjung, karena dalam kawasan bermain dibagi menjadi 4 zona. Terdapat zona laut, zona hutan, zona kerajaan, dan zona kartun. Tidak kalah unik lagi, Tempat wisata keluarga yang satu ini memiliki kiranya ada sekitar 25 wahana permainan yang siap untuk dinikmati para pengunjung.

Nah, itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata Semarang yang sedang populer pada saat ini dan wajib untuk dicoba ketika sedang berkunjung ke Semarang. Dari beberapa tempat wisata diatas setidaknya sudah mewakili dari keindahan Semarang.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker