Promosi

10 Es Khas dari Indonesia, Kamu Sudah Mencoba yang Mana Aja?

Es dari Indonesia – Indonesia merupakan negara yang sangat besar dimana memiliki beragam budaya kuliner khas dan juga macam-macam suku dan bahasa.

Nah menarik kalau di ulas mengenai keberagaman banyak sekali yang mengulas mengenai rumah daerah makanan daerah suku-suku ataupun bashasa nah kali ini salah tempat akan mencoba mengolah minuman ataupun es khas yang tersebar di seluruh Indonesia dan pasti ada yang menjual di daerah tersebut.

Indonesia merupakan negara tropis gimana memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau saat musim kemarau di Indonesia banyak sekali para penjual es yang menjajakan jajanannya selain rasanya yang segar juga dapat mengubah mood menjadi happy ataupun senang. Tapi tahu nggak kalau teman-teman semuanya teman-teman beli itu berasal dari daerah mana saja kalau kisah cek di tulisan ini.

Baca Juga :

Es Khas Dari Indonesia

1. Es dawet Ireng

resep es dawet

Ireng dalam bahasa Jawa diartikan hitam Apa saja isi dari es dawet Ireng ini?

Es dawet Ireng ini karena kuahnya berwarna hitam dan kuah hitam ini berasal dari proses pembakaran merang atau Abu Bakar jerami dan yang lebih unik lagi sajian dawet Ireng ini lebih banyak dapatnya daripada kuahnya.

 

2. Es dawet

es dawet enak

Es dawet sangat terkenal dan hampir selalu ada di setiap pasar di Indonesia baik itu pasar di level Desa maupun Kecamatan pasti ada yang menjual dawet.

Baca Juga :   Mudahnya Bisnis Online Menggunakan VPS dan Google Bisnisku

Asal teman-teman tahu dawet berasal dari Banjarnegara Jawa Tengah. Dan terbuat dari bahan dasar tepung beras yang diolah kemudian diberi warna hijau dari daun suji ataupun daun pandan.

Untuk dapat sendiri biasanya bisa dipadupadankan di era modern ini dengan berbagai macam olahan lain seperti buah, cincau ataupun bahan-bahan yang lainnya.

Baca Juga : 6 Makanan Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan SELAIN Masak Habang

3. Es doger

es doger

Es Doger ini memiliki bahan dasar dari santan kelapa Kemudian untuk isiannya terdiri dari berbagai macam isian seperti tape ketan hitam alpukat dan beberapa potong daging kelapa

Biasanya juga diberikan tambahan potongan roti ataupun sagu mutiara yang berwarna merah.

Uniknya es doger ini merupakan singkatan dari 2 kata yakni dorong gerobak yang kemudian disingkat menjadi satu menjadi awalannya skgr ini sendiri berasal dari para penjual es yang berada di Cirebon dan menjajakan es nya dengan mendorong gerobaknya secara langsung.

Es Khas Indonesia Terenak

4. Es Podeng

es Podeng khas madura

Es podeng ini berasal dari bahasa daerah Madura di mana artinya adalah putar. Nah S peduli sendiri setelah diputar dimana bahan es dimasukkan ke dalam wadah dan diluar wadah diberikan es batu dengan taburan garam biar esnya tidak segera mencair dan sehingga menjadi sebuah es krim.

Penyajian es potong sendiri biasanya diberikan kacang tanah yang dicincang kasar serta diberikan meses dan susu coklat kental manis.

5. Es Selendang Mayang

es selendang mayang dari Betawi

Untuk es yang satu ini berasal dari betawi dan saat ini sudah sangat sulit ditemukan. Biasanya penyajian es Selendang Mayang ada dalam pernikahan orang-orang Betawi ataupun lebaran.

Baca Juga :   6 Minuman Khas Indonesia dan Asalnya yang Terkenal di Dunia + Gambarnya

Uniknya es Selendang Mayang ini selain juga menyegarkan dia juga mengenyangkan karena terbuat dari tepung hunkwe yang diolah menjadi es sehingga memakan es ini juga membuat perut terisi.

6. Es Goyobod

Satu lagi es yang berasal dari tanah Jawa Barat dan khususnya orang Sunda adalah es goyobod. Es goyobod dikenal berasal dari Garut Jawa Barat dan berasal dari seorang pedagang es dari Bandung yang bernama Junaidi.

Goyobod dalam bahasa Sunda memiliki makna basah kuyup silakan berdasarkan gambar es krim yang sudah ada.

7. Es pisang ijo

Es pisang ijo ini merupakan salah satu minuman es yang paling terkenal di Indonesia di mana beberapa tahun yang lalu ada Franchise yang menawarkan kepemilikan oleh sebab itu es pisang ijo tersebar hampir di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri.

Atau tidak kalau es pisang ijo Ini asalnya dari Makassar Sulawesi Selatan. Dinamakan dengan es pisang ijo karena pembuatannya berbahan dasar pisang dan diberikan hijau.

Tambahan yang lain dalam es pisang ijo adalah santan serta sirup yang membuatnya semakin nikmat untuk dimakan ada juga di tambah-tambahan sumsum ketan hitam serta sagu mutiara.

10 Es Dari Indonesia

8. Es cendol

Es cendol merupakan minuman khas dari Sunda yang dibuat dan berbahan utama dari tepung hunkwe.

Apabila di Jawa kita mengenalnya dengan es dawet berbeda dengan es buatan dan khas Sunda ini karena nama channel ini bermula dari ketika pembeli yang merasakan jendolan di cendolnya disebut jendol jendol cendol.

Baca Juga : 9 Kuliner Yang Bisa Dijadikan Oleh Oleh Khas Cirebon

9. Es Nona

Es nona ini memiliki sejarah di mana dahulu saat awal penjualan es Nona berawal penjualnya adalah seorang perempuan dengan sapaan nona. SMP dekat dari Pontianak Kalimantan Barat ini berisi dengan potongan pepaya kacang merah tapi serta susu kental manis.

Baca Juga :   Jalan Jalan Tenang dengan Periksa Kesehatan Melalui SehatQ.com

Uniknya untuk isian Pepaya yang digunakan dalam sini sudah direndam dalam air kapur dicampur sirih sehingga kayaknya menjadi renyah ketika digigit.

10. Es teler

Es teler ini telah ada sejak 1957 dari darmo Putro yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.

Uniknya pada tahun 2005 Pemerintah Kabupaten Sukoharjo resmi menjadikan Ester sebagai minuman khas daerah Sukoharjo ini semakin mengukuhkan bahwa sekedar kuliner es dapat menjadikan identitas dari suatu daerah

Nama es teler sendiri bermula saat pengunjung yang membeli es teler ini es nya bikin teler karena apa makan es teler katanya bikin merem melek dari berbagai macam isiannya.

Isian dari es teler sendiri terdiri dari beberapa buah seperti semangka nangka anggur apel alpukat kelapa serta susu kental manis.

***

Nah itu tadi 10 es khas yang berasal dari Indonesia Apabila teman-teman semuanya berkunjung ke suatu daerah jangan lupa dengan mencoba kuliner khas yang ada termasuk asas yang didasarkan di daerah tersebut.

Dengan berbelanja di suatu daerah tertentu Kita membantu untuk menggerakkan ekonomi daerah. Saat ini Apabila teman-teman ingin berpisah dengan berbagai macam rasa sangat mudah karena buahan lokal dapat kita jumpai di berbagai macam toko buah Anda juga dapat memilih toko jual bubuk minuman.

Tags

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker