Jawa Barat

7 Jajanan Khas Bandung Murah Yang Sedang Trend Terbaru 2018 : Combro, Misro, Cireng DLL

sewa mobil jogja banner
7 Jajanan khas bandung murah yang sedang trend terbaru 2018 batagor fifit photos seblak di jakarta online enak pedas tempat toko cendol combro misro cireng bajigur colenak surabi
Misro Khas Bandung

Lezatnya 7 jajanan Bandung yang dapat memanjakan lidah

Bandung adalah kota yang memiliki berbagai julukan beberapa diantaranya adalah kota kembang, dan Paris Van Java. Dikatakan Paris Van Java karena memang kondisi kota Bandung menyerupai kota Paris di Perancis.

Kota Bandung juga bisa dibilang kotanya anak muda, kota ini dipenuhi banyak pemuda yang terkenal karena memiliki kreativitas dan keahlian dibidang seni.

Sejalan dengan itu kota Bandung juga memiliki banyak tempat berkumpul anak muda. Tempat berkumpul atau tempat bermain pasti sangat erat hubungan dengan jajanan.

Di Bandung terdapat banyak sekali jajanan yang sebenarnya namanya sudah terkenal dan memiliki rasa yang lezat. Berikut ini adalah beberapa jajanan khas Bandung.

  1. Cendol

Cendol adalah sejenis minuman es yang sangat segar yang bisa anda jumpai dengan mudah di Jakarta sekalipun. Cendol sendiri adalah salah satu sajian kuliner khas Sunda.

Minuman adalah minuman yang terbuat dari tepung beras yang di olah menjadi potongan-potongan kecil cendol yang berwarna hijau. Lalu ditambahkan dengan gula merah, serta santan sebagai airnya.

Minuman ini memiliki rasa yang sangat lezat dan segar. Minuman dapat anda mudah jumpai di Bandung dan sangat pas disajikan saat cuaca sedang panas.

  1. Comro

Comro adalah makanan ringan dari Bandung. Makanan ringan bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner tradisional Sunda.

Baca Juga :   6 Minuman Khas Indonesia dan Asalnya yang Terkenal di Dunia + Gambarnya

Comro adalah makanan yang terbuat dari parutan singkong yang dijadikan adonan lalu dibentuk bulat lonjong lalu ditengahnya diisi dengan menggunakan sambal yang terbuat dari oncom.

Nama comro merupakan singkatan dari oncom di jero yang artinya oncom di dalam. Makanan ini banyak dijual oleh para pedangan gorengan keliling yang ada di Bandung.

  1. Misro

Misro adalah makanan yang sejenis dengan oncom hanya berbeda dengan isian dan bentuknya saja. Sama halnya dengan comro. Misro juga terbuat dari parutan kelapa yang dibuat menjadi adonan.

Bedanya adalah misro dibentuk lebih bulat dan ditengahnya diisi dengan gula jawa atau gula merah yang dicairkan. Nama misro merupakan singkatan dari amis di jero yang artinya manis di dalam. Biasanya gorengan yang satu ini dijual juga oleh para penjual gorengan comro.

  1. Cireng

jajanan khas bandung

Satu lagi jajanan khas Bandung yang telah menjadi terkenal dan dijual dibanyak tempat. Cireng adalah makanan yang terbuat dari aci atau tepung kanji. Cireng juga terkadang memiliki isian didalamnya.

Sekarang sudah banyak rasa atau isian cireng, dari sossis, keju, kacang hijau, dan pedas. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. di Bandung anda dapat dengan mudah menemukana jajanan yang satu ini.

  1. Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas Bandung. Jika di Jawa ada wedang jahe maka di Bandung ada Bajigur. Bajigur terbuat dari olahan gula aren dan santan, biasanya dihidangkan dalam keadaan yang sangat panas.

Baca Juga :   5 Oleh Oleh Khas Cirebon Jawa Barat : Sirup Tjampolay, Batik, Kerupuk Melarat, Terasi Udang DLL

Pada umumnya bajigur dijual bersama makanan ringan lainnya seperti ubi rebus, pisang, kacang rebus, dan yang lainnya.

  1. Colenak

Colenak adalah pengembangan dari peuyeum atau tape Bandung. Tape tersebut dibakar dan dimakan dengan bumbu gula meran dan parutan kelapa.

Namun sekarang sudah ada colenak yang diberi topping tambahan seperti tambahan keju, dan coklat. Colenak sendiri adalah singkatan dari dicocol enak.

  1. Surabi

Surabi adalah makanan khas Bandung yang sudah sangat populer. Surabi terbuat dari tepung beras yang dibakar. Surabi juga terkadang memiliki berbagai isian didalamnya seperti isi buah-buahan, oncom, hingga sosis.

Namun sekarang ada juga surabi yang diberikan topping tambahan di atasnya. Surabi adalah jajanan dari Bandung yang mirip dengan pancake.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh