Jawa Tengah

13 Kuliner Semarang Yang Menggoyang Lidah

Semarang  tidak hanya kaya dengan bangunan bersejarahnya, seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Klenteng Sam Poo Kong, Masjid Kauman Semarang, dan lain sebagainya,  tapi juga kaya akan wisata kuliner. Ada banyak sekali jenis makanan di Semarang yang enak dan unik yang sayang jika dilewatkan. Nah, jika berkunjung ke Ibu Kota Provinsi ini jangan lupa untuk mencoba kuliner Semarang berikut ini:

Wisata Kuliner di Semarang

1. Ayam Geprek warung ijo

ayam geprek sambel ijo

Akhir-akhir ini kuliner ayam geprek sangat digemari oleh kaula muda. Banyak sekali yang menjajakan kuliner ayam geprek ini di pinggir jalan. Namun, jika ingin wisata kuliner ayam geprek di Semarang, kuliner ayam geprek warung ijo ini tempat makan yang paling recommended.

Berbeda dengan ayam geprek kebanyakan yang hanya memakai lombok dan bawang putih mentah untuk sambalnya, di warung ijo untuk sambelnya semua bahannya dikukus terlebih dahulu. Untuk rasa dari ayam geprek warung ijo ini sangat istimewa dan harganya juga sangat terjangkau yakni hanya sepuluh ribu rupiah per porsi. Bagaimana tertarik untuk mencoba ayam geprek warung ijo ini?

Ayam geprek warung ijo ini buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Untuk wisatawan yang mau berkunjung loksinya berada di gang 41 segaran 4 Ngaliyan Semarang.

2. Seblak Nugroho

seblak semarang

Bagi pecinta kuliner tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan seblak. Makanan khas Bandung ini sudah banyak dijual di Semarang. Jadi, untuk pecinta seblak  tidak perlu pergi ke Bandung untuk dapat menikmati seblak yang istimewa. Seblak Nugroho ini sangat recommended untuk dicoba kalau berkunjung ke Semarang.

 Seblak Nugroho menawarkan berbagai macam varian seblak dari mulai seblak bakso, ceker, sayuran, sosis, dan telur. Ciri Khas dari seblak Nugroho ini adalah menggunakan satu buah telur untuk satu porsi seblaknya. Seblak nugroho sangat terasa akan bawang putihnya. Untuk harga dari seblak nugroho ini kurang dari sepuluh ribu perporsinya.

Seblak Nugroho ini ada tiga cabang sendiri di Ngaliyan salah satunya di depan kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Walau tempatnya sederhana tapi pembelinya ramai sekali.

3. Nasi Goreng Sedap Mantap

nasi goreng babat semarang

Nasi goreng merupakan makanan yang mudah di buat. Bahkan banyak sekali warung warung tenda pinggir jalan yang menjajakannya. Namun berbeda dengan nasi goreng kuliner Semarang ini yang sangat legendaris. Tak heran jika setiap harinya nasi goreng sedap mantap ini selalu ramai pembelinya. Tempatnya memang terlihat sederhana, tapi untuk rasanya setara dengan bintang tujuh.

Nasi Goreng sedap mantap ini ada berbagai macam varian campuran yang ditawarkan, seperti ayam, babat, telur, seafood dan lain sebagainya. Untuk bisa menikmati nasi goreng sedap mantap ini datang saja lansung ke Ngaliyan, tepatnya di sebrang pasar Ngaliyan.

Tapi kalau datang ke tempat ini harus ekstra sabar. Karena yang ngantri banyak sekali terutama pada jam makan siang dan pada malam hari. Untuk harga dari nasi goreng sedap mantap mulai dari 15.000-30.000 tergantung jenis nasi gorengnya.

4. Bakso Mintogo Roso

Bakso adalah makanan yang sangat digemari seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bahkan banyak sekali penjual bakso, dari mulai penjual bakso keliling, bakso warung pinggir jalan, sampe bakso level bintang lima. Bagi pecinta bakso jangan lewatkan bakso mintogo roso ini yang berlokasi di depan pasar Ngaliyan Semarang. Bakso Mintogo Roso ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam.

Baca Juga :   7 Penginapan di Solo Yang Murah Bersih dan Bagus Dekat Stasiun Balapan, Purwosari, Jebres

Bakso Mintogo roso mempunyai rasa yang sangat enak, baksonya kenyal dan bumbunya terasa. Tidak heran jika setiap harinya bakso mintogo roso ini selalu di buru oleh penyukanya. Untuk harga dari seporsi bakso mintogo roso hanya 10.000. Harga yang tergolong murah untuk ukuran bakso yang lumayan besar.

Kuliner Unik di Semarang

5. Bandeng Juwana

bandeng juwana semarang

Oleh oleh khas Semarang ini sayang sekali untuk dilewatkan. Ikan bandeng Juawana ini bisa tahan sampai beberapa hari bahkan berminggu minggu karena dikemas dalam wadah yang sangat kedap udara. Kuliner Bandeng Juwana merupakan bandeng yang dimasak dalam panci presto, sehingga durinya berubah menjadi sangat lunak. Bandeng juwana ini di goreng dengan dicampur telur sampai terlihat coklat dan garing. Bandeng Juwana ini disajikan dengan sambal yang enak sebagai pelengkap.

Jika berkunjung ke Semarang jangan lupa membeli oleh oleh bandeng juwana ini di jalan Prof. Hamka Ngaliyan Semarang. Untuk harga bandeng juawana 70.000 per 1 Kg nya. Bandeng juwana ini cocok sekali buat oleh oleh untuk keluarga, kerabat, dan teman teman.

6. Wingko Babat

Wingko babat merupakan oleh oleh khas Semarang yang sangat legendaris. Rasanya yang gurih dan enak membuat penikmatnya tidak cukup hanya satu ketika memakannya. Wingko babat ini terbuat dari ulenan beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula putih kemudian dibakar. Kuliner Semarang ini bisa tahan 3-5 hari walau dibuat tanpa tambahan bahan pengawet.

Wingko babat ini dikemas dalam besek biasanya satu besek ada sekitar 20 bungkus wingko. Untuk rasanya sangat bervariasi dari mulai wingko rasa nanas, nangka, durian hingga coklat. Wingko babat ini bisa dijumpai di sepanjang jalan Pandanaran Semarang. Untuk harganya sekitar enam puluh ribu per beseknya.

7. Pisang Plenet

Pisang Plenet adalah makanan yang sangat legendaris di Semarang. Kuliner Pisang Plenet ini berdiri pada tahun 1960. Sekilas pisang plenet ini mirip dengan pisang goreng namun aslinya berbeda. Pisang plenet dibuat dengan cara di panggang sampai layu dan berwarna kecoklatan, lalu diplenet atau dipenyet kemudian diolesi dengan margarin dan diberi topping meises dan gula pasir. Untuk rasanya sangat istimewa, perlu untuk dicoba.

Untuk pisang planet digunakan pisang kepok raja yang benar benar matang dan berwarna kekuning-kuningan. Soalnya, pisang jenis ini itu tidak lembek dan mudah sekali di penyet (planet). Pisang kepok ini bisa dijumpai di pasar pasar tradisional. Pisang penet ini sudah bisa dinikmati hanya dengan harga 6000.

Pak Turdi adalah salah satu penjual pisang planet yang terkenal di Semarang. Untuk bisa menikmati pisang planet Pak Turdi datang saja ke Jalan Pemuda tepatnya didepan Mal Sri Ratu Johar. Pelanggan Pisang Plenet Pak Turdi bukan hanya dari Semarang saja, tapi juga dari kota lain yang sedang liburan ke Semarang dan menjadikan pisang ini sebagai oleh-oleh.

8. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie adalah salah satu makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Jika berkunjung ke Semarang jangan lewatkan mie kopyok Pak Dhuwur yang enak dan tiada tara ini. Mie dicampur dengan touge, remah karak kemudian disiram dengan kuah dengan bumbu khas lalu ditaburi seledri, kecap, dan terakhir di beri bawang goreng.  Mie kopyok ini sangat cocok untuk menu sarapan.

Baca Juga :   Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah Bernafaskan Budaya

Walaupun tempatnya terlihat sederhana, warung mie kopyok Pak Dhuwur yang berlokasi di Jalan Tanjung belakang kantor PLN ini selalu ramai pembeli. Harganya cukup terjangkau hanya tujuh ribu rupiah per porsinya.

9. Wedang Tahu

Namanya memang terdengar unik tapi rasanya enak dan dapat menyegarkan badan. Sekilas wedang tahu ini mirip dengan pudding karean memang wedang tahu ini dibuat dari susu kedelai yang dicampur dengan bubuk agar agar lalu dibiarkan dingin akhirnya membeku terlihat seperti kembang tahu. Untuk kuah dari wedang tahu ini terbuat dari rempah rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, gula merah, dan gula putih.

Ketika cuaca dingin wedang tahu ini merupakan salah satu minuman yang sangat cocok. Tidak hanya menghangatkan tubuh saja wedang jahe ini pun bisa meredakan sakit tenggorokan dan masuk angin. Bisa dicoba sendiri untuk membuktikannya.

Wedang tahu ini bisa di jumpai di Kawasan Pecinan Semarang. Untuk harganya sangat terjangkau kurang dari sepuluh ribu cukuplah untuk memulai petualangan kuliner Semarang.

10. Soto Pak No

Soto merupakan makanan asal Indonesia yang paling banyak digemari.  Banyak sekali penjual penjual soto yang ada pinggir jalan. Bagi pecinta kuliner Semarang, tidak lengkap jika tidak berkunjung ke warung soto Pak No yang ada di Jalan Sukun no 4 Banyumanik Semarang. Sekilas soto Pak No ini tidak jauh berbeda dengan soto soto yang lainnya, namun rahasia soto Pak No ini terletak pada racikan rempah rempah yang sangat lezat. Tak heran jika warung soto Pak No tidak pernah sepi pengunjung.

Warung soto Pak No buka dari jam tujuh pagi sampai jam Sembilan malam.  Namun, sering kali pada sore hari Soto Pak No sudah habis karena banyak sekali pembelinya terlebih pas jam makan siang. Untuk satu porsi dari soto Pak No bisa dinikmati hanya dengan empat ribu rupiah. Selain soto yang dijual, ada juga tersedia tempe goreng, dan berbagai macam sate seperti sate kerang, sate jeroan, sate telur puyuh dan lain sebagainya.

Warung soto Pak No sangat kental dengan nuansa Jawanya, dimana setiap ketemu dengan pelayannya selalu disapa dengan bahasa jawa serta selalu memakai pakaian batik. Membuat pengunjungnya merasa senang dan nyaman.

11. Ayam Goreng Suharti

Ayam Goreng Suharti adalah nama rumah makan yang ada di Semarang salah satunya. Seperti namanya terdengar menu utama resto tersebut adalah ayam goreng. Apa yang bisa membuat Ayam Goreng Suharti ini begitu terkenal dan memiliki banyak sekali cabang?

Ternyata ayamnya  yang dipakai adalah ayam kampung, bukan ayam potong. Untuk rasa dari ayam kampung memang berbeda dengan ayam potong kebanyakan. Daging ayam kampong itu lebih gurih dan enak, aromanya juga sangat sedap. Apalagi kalau ayam kampong digoreng garing dengan rempah rempah tertentu maka akan terasa sangat lezat. Di rumah makan Suharti ini ayamnya ditambahi  dengan kremes yang renyah, gurih, dan enak. Sehingga makin lezat ketika disantap. Ditambah dengan lalapan seperti mentimun, kemangi dan sambel, makin bikin ketagihan.

Di rumah makan Suharti ada juga ayam bakar. Khusus untuk  menu ayam bakar tidak ditambah dengan kremes. Tetapi ditambah dengan bumbu khas rumah makan Suharti dan bawang goreng. Rasanya enak, gurih dan lezat.

Di samping menu ayam kampung goreng dan bakar, di rumah makan Ayam Goreng Suharti ada juga menu seperti soto, nasi rames, gudeg, sop buntut, gado-gado, dan juga nasi goreng. Buat pecinta ikan, di rumah makan Suharti juga disediakan. Ada gurame bakar, gurame goreng,  udang goreng tepung, dan pecel lele

Baca Juga :   Dari Wisata Alam Hingga Kuliner, Jogja Punya Segalanya

12. Sate Kalak

Sebagai orang Indonesia tentu tidak asing lagi dengan Sate. Sate sangat beragam jenisnya tergantung asal muasal wilayah sate tersebut. Sate Madura berarti sate tersebut dari Medura, sate Blora berarti sate itu dari Blora dan lain lain. Namun, ada juga nama sate yang berasal dari jenis bahan yang dipakai dalam membuat sate contohnya sate telur puyuh, sate jeroan,  sate usus, sate kerang, dan lain sebagainya. lain dengan sate kalak yang ada di Semarang

Sekilas sate kalak ini tidak ada bedanya dengan sate ayam pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah bumbunya yang dinamai bumbu kalak. Kenapa disebut dengan bumbu kalak? karena bumbu sate kalak ini dicapur dengan santan dan rempah rempah tertentu. Grill On Restaurant lah yang pertama kali membuat sate kalak ini di Semarang

Grill On Restaurant menawarkan konsep tempat makan yang unik dan menarik. Pengunjung bisa makan juga bisa nongkrong. Untuk harganya kisaran dari 20.000-80.000 perorang, tergantung dengan makanan yang dipesan.

Untuk lokasi dari Grill On Restaurant ini di Susan Building ll Seroja Timur 2. Buka dari pukul 10.00–22.00 WIB. Bagaimana? Sudah tertarik untuk mencicipi sate kalak? jangan lupa mampir kalau ke Semarang.

13. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Bagi pecinta kuliner kambing, gulai kambing Pak Sabar ini menjadi kuliner yang wajib untuk dicoba. Untuk rasanya dijamin akan membuat ketagihan. Gulai kambing bustaman Pak Sabar ini sangat terkenal di Semarang. Rasanya juga sangat lezat tak tertandingi. Tidak heran kalau setiap harinya kedai gulai kambing Pak Sabar ini selalu diburu penggemarnya.

Gulai kambing bustaman Pak Sabar ini berbeda dengan gulai kambing pada umumnya yang menggunakan kuah santen. Disini tidak akan dijumpai gulai dengan kuah santen melainkan kuah tersebut diganti dengan campuran serundeng.

Serundeng yang digunakan sebagi pengganti kuah terbuat dari kelapa yang diparut kemudian disangrai sampai kering dan berwarna kecoklatan. Sesudah itu, dicampur dengan rempah rempah dan di tumbuk sampai halus. Untuk hasilnya, kuah gulai kambing bustaman Pak Sabar ini berwarna bening rasanya sangat menyegarkan.

Gulai kambing bustaman Pak Sabar ini sudah berdiri sejak lama yaitu sekitar tahun 1962 an. Seperti yang telah dijelaskan diatas, ciri khas dari gulai kambing bustaman Pak Sabar ini yaitu terletak pada bumbunya dan potongan potongan daging yang ukurannya lumayan besar.

Untuk bisa mencicipi gulai kambing bustaman Pak Sabar ini bisa datang ke kawasan Kota Lama Semarang tepatnya berada di belakang Gereja Blenduk. Gulai kambing ini bisa dinikmati dengan harga 25.000 per porsinya.

Bagaimana? Terlihat enak enak semua ya. Dari mulai kuliner Semarang dengan rasanya yang lezat, tempatnya yang unik dan instagramable, harganya yang pas dikantong, sampai makanan yang sangat legendaris. Wah kalau diterusin bisa bikin ngiler nih. Itulah 13 kuliner Semarang yang bikin ketagihan.

Tentunya kalau hanya membaca informasinya saja pastinya kurang lengkap. Nah, jika berkunjung ke Semarang ada baiknya kalau mampir ke tempat kuliner Semarang yang sudah disebutkan diatas. Selamat mencoba.

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker