Jawa Tengah

12 Kuliner Solo Paling Recommended Yang Murah Dan Enak

Jika berkunjung ke kota kecil di Jawa Tengah yang satu ini, jangan lupa untuk mencicipi beragam kuliner Solo yang wajib dicoba bagi para travelers. Banyaknya pilihan kuliner menjadikan Solo sebagai destinasi wajib dikunjungi bagi travelers. Rata-rata kuliner yang ada di kawasan Solo ini memiliki rasa yang enak serta harga yang murah meriah.

Rasa yang enak ditunjang dengan harga yang murah tentu menarik perhatian para wisatawan. Jadi jika ingin berkunjung ke Solo, berikut ini adalah pembahasan tentang macam-macam Kuliner Solo yang murah dan enak. Yuk simak kuliner apa saja!

Warung Pecel Solo

Kuliner Solo yang pertama dibahas adalah pecel Solo. Salah satu kuliner yang terkenal di Solo yaitu Warung Pecel Solo atau biasa disebut warung Ndeso Resto. Para pecinta kuliner yang pernah singgah di Solo pasti sangat mengenal warung ini. Khususnya bagi yang menggemari makanan tradisional.

Berlokasi di Jl. Dr. Soepomo Kelurahan Mangkubumen No.55, Solo. Warung ini biasa buka dua kali dalam sehari pada pukul 8 pagi hingga 4 sore lalu pukul 6 sore hingga jam 10 malam. Menu yang biasa ditawarkan di warung ini adalah pecel ndeso atau desa.

Berisi nasi merah yang dipadu dengan daun bayam rebus, daun kenikir rebus, daun pepaya rebus, kembang turi, dan jantung pisang yang dicampur dengan sambel pecel yang pedas manis. Untuk minuman khasnya, warung ini menyediakan beberapa minuman antara lain Kunir Asem sirih, Temu Lawak, Jahe Pandan, Beras Kencur.

Minuman di warung ini bisa disajikan sesuai selera, mau hangat atau dingin. Pecinta kuliner cukup merogoh kocek Rp 12.000 untuk porsi pecel Solonya saja. Jika ingin memakai nasi merah, hanya perlu menambah Rp 3000 per porsinya. Untuk minumannya, warung ini mematok harga Rp 5.000- Rp 10.000.

Serabi Notosuman

serabi notosuman

Kuliner Solo yang murah dan enak berikutnya adalah Serabi Notosuman. Kue serabi ini berbeda dengan yang ada di Bandung. Serabi yang terkenal di Solo adalah Serabi Notosuman yang berdiri sejak tahun 1923.

Banyak para pecinta kuliner yang datang ke tempat ini mengatakan kalau serabi di tempat ini adalah yang terbaik. Kue khas yang beradonan campuran antara tepung beras dan santan ini  dibandrol harga Rp20.000 untuk 10 buahnya. Murah, kan?

Alamat tempat kuliner serabi ini ada di Jl. Muhammad Yamin No. 28, Jayengan, Serengan, Solo. Bagi pecinta kuliner yang ingin mampir, hendaknya sedari pukul pagi untuk menghindari ramainya pembeli.  Jam buka warung ini adalah pukul 05 pagi hingga pukul 4 sore.

Soto Gading

soto gading solo

Kuliner yang selanjutnya adalah Soto Gading. Pecinta kuliner pasti mengenal makanan berkuah yang satu ini. Gurihnya kuah soto yang dicampur daging serta koya pastilah menggugah selera. Tempat yang menjual Soto Gading paling terkenal di alun-alun keraton Solo atau di Jl. Brigadir Jenderal Sudiarto kawasan Pasar Kliwon. Tempat ini biasa buka dari pukul 06 pagi hingga jam 03 sore.

Soto gading adalah kuliner khas kota Surakarta. Penyajiannya meliputi bihun, suwiran daging ayam, irisan daun bawang serta potongan tomat yang disiram dengan kuah bening segar serta kaldu ayam. Kuliner Solo ini sangat nikmat untuk sarapan di pagi hari.

Dengan berbagai lauk tambahan seperti telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan dan lain sebagainya maka soto yang dinikmati pun semakin enak. Saking terkenalnya tempat makan Soto Gading ini, banyak pejabat tinggi pernah mampir ke warung ini.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Jepara dan Sekitarnya yang Baru Murah Selain Pantai : Benteng Portugis DLL

Contohnya saja, Joko Widodo, Agum Gumelar, Abdurrahman Wahid, Susilo Bambang Yudhoyono, Mari Elka Pangestu serta Megawati Soekarno Putri. Harga yang dibandrol untuk seporsi Soto Gading ini tidak sampai Rp 20.000. Tidak salah jika memilih tempat ini untuk mencoba kuliner Solo. Selain harga sotonya yang murah, rasanya pun sangat lezat.

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

sambal tumpang bu kis

Kuliner Solo yang satu ini berlokasi di Jl. Gleges, Desa Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Buka sedari pukul 7 pagi hingga pukul 2 siang. Namun bagi yang ingin datang di hari minggu, sebaiknya diurungkan karena warung ini tutup dan buka kembali di hari senin. Kuliner satu ini biasa dimakan ketika makan pagi atau sarapan.

Lokasinya yang berdekatan dengan Griya Batik serta Hotel Dana, memudahkan para pecinta kuliner yang ingin sarapan dengan menu tradisional dapat mampir ke warung Bu Kis ini. Warung sederhana ini menyediakan banyak lauk tambahan untuk pelengkap dalam menikmati pecel dan sambel tumpang ini seperti babat, empal, telur rebus, ayam, hingga aneka jeroan.

Sambal yang menjadi ciri khas warung ini bercita rasa manis dan sedikit pedas. Seperti halnya sambal khas kota Solo, sambal tumpang sendiri terbuat dari santan yang dimasak dengan tempe semangit hingga santan ini mengental. Jadi bukan sambel yang dibuat dengan alat cobek, ya.

Sambal tumpang ini biasa dinikmati dengan paduan kerupuk rambak agar rasanya semakin istimewa. Untuk menikmati kuliner Solo ini, pecinta kuliner cukup membayar tidak sampai Rp 20.000. Harga ini sudah mencakup paket lengkap menikmati pecel serta sambal tumpang yang nikmat.

Baca Juga : 7 Oleh Oleh Khas Solo Yang Banyak Dinikmati

Cabuk Rambak Solo

cabuk rambak pak citro

Kuliner Solo mempunyai banyak ciri khasnya tersendiri dan beraneka ragam. Salah satunya Cabuk Rambak. Makanan khas Solo ini berupa cemilan wajib yang dapat dinikmati pecinta kuliner. Biasanya pedagang kuliner Solo ini masih menggunakan pincuk dari daun pisang sebagai wadahnya. Cabuk Rambak sendiri terdiri dari irisan ketupat, sambal wijen serta karak.

Pedagang kuliner Solo satu ini biasa ada di sekitaran Stadion Manahan Solo. Makanan tradisional ini biasa ada di pagi hari sekitar pukul 06 pagi hingga pukul 10. Lokasinya yang cukup menarik membuat banyak pembeli melakukan swafoto sembari menikmati kuliner Solo tradisional ini.

Harganya yang sangat ekonomis membuat para pecinta kuliner sangat menyukai kuliner Solo yang enak ini. Selain cabuk rambak, terdapat nasi liwet yang harga serta rasanya tak kalah enak dengan cabuk rambak. Masing-masing makanan ini dibandrol dengan harga Rp 5000 per porsi.

Tahok Pak Citro Pasar Gede

tahok pak citro solo

Kuliner yang satu ini letaknya berada tepat pada pusat Pasar Gede. Banyaknya pilihan dapat memuaskan pecinta kuliner yang hendak mampir ke Pasar gede ini. Salah satunya adalah Tahok Pak Citro di Pasar Gede.

Berlokasi di dalam Pasar Gede yang beralamat di Suryopranoto No.21, Kepatihan Wetan, Surakarta membuat Tahok Pak Citro ini banyak dikenal pecinta kuliner. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 6.000 untuk semangkuk Tahok. Pecinta kuliner dijanjikan rasa hangat dari air jahe gula yang berpadu dengan sari kacang kedelai yang nikmat.

Buka pada pukul 06 pagi, makanan ini sangat cocok dimakan sebagai sarapan. Tahok sendiri adalah makanan khas Cina yang mulai dikenalkan pada masyarakat Kota Solo oleh Pak Citro dari tahun 1968.

Baca Juga :   5 Oleh Oleh Khas Solo Makanan Enak Terkenal Yang Tahan Lama 2018 : Serbat Jahe DLL

Baca Juga : 20 Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Kota Solo (Surakarta)

Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

Kuliner Solo ini berlokasi di Pasar Klewer Solo yaitu di alamat Dr. Radjiman, Kauman, Gajahan, Surakarta. Buka pada pukul 12 siang dan tutup pada pukul 4 Sore membuat tempat makan ini ramai oleh pembeli ketika memasuki jam makan siang tiba. Tempat ini sudah berdiri sejak 1971 oleh generasi pertama keluarga Bu Edi yaitu neneknya.

Tengkleng ini dinikmati dengan memakai sebuah pincuk dari daun pisang agar tetap menciptakan ke-khas-annya. Untuk menikmatinya, pecinta kuliner dapat memilih sendiri lauk yang diinginkan seperti sumsum tulang, daging kambing, hingga jeroan seperti babat dan iso.

Sepincuk tengkleng beserta nasi serta lauknya hanya dibandrol dengan harga Rp 30.000. Selain enak dan mengenyangkan, kuliner Solo ini termasuk dalam makanan tradisional paling laris di Solo. Jika ingin menikmatinya, sebaiknya datang lebih cepat agar tidak kehabisan.

Selat Solo Segar Mbak Lies

Kuliner Solo yang lainnya adalah  selat solo. Makanan khas satu ini adalah primadona bagi para pecinta kuliner yang mampir ke Kota Solo. Selat Solo ini sendiri yang paling terkenal adalah di Gang II no. 42, Serengan. Warung Selat Solo Mbak Lies ini buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore.

Nuansa unik pecinan terasa ketika memasuki warung makan ini. Banyak ornament unik serta keramik-keramik yang disusun rapi membuat warung ini terlihat instagramable. Selat Solo ini terbuat dari daging sapi masak semur yang dicampur dengan potongan buncis, wortel, daun selada, acar, timur, irisan bawang merah, kentang goreng, galantin serta telur rebus.

Hidangan ini disiram kuah lalu dicampur dengan saus mustard yang terbuat dari kuning telur serta cuka. Sensasi segar akan langsung terasa ketika menikmati seporsi selat solo ini. Harga yang dipatok relative murah yaitu sekitar 21.000 Rupiah untuk seporsi Selat Solo. Bagi para pecinta kuliner yang ingin merasakan menu lain dapat mencoba Timlo yang dibanderol harga Rp 18.000 per porsi.

Sate Buntel Mbok Galak

Kuliner Solo ini cukup terkenal karena sate yang dijual tidak biasa. Yaitu sate buntel. Sate buntel ini terbuat dari daging kambing cincang yang dibuntel atau dibungkus dengan lemak kambing itu sendiri lalu dibakar seperti biasa.

Berlokasi di jalan Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar serta buka sejak pukul 6 pagi dan tutup pada pukul 6 sore membuat tempat ini tidak pernah sepi pembeli. Apalagi ketika memasuki jam makan siang. Sebagai makanan tradisional yang terkenal membuat makanan ini menjadi favorit bagi para pejabat tinggi. Terutama para presiden yang sudah mampir kesini.

Sejak era pak Soeharto hingga pak Jokowi. Menjadi favorit para pejabat tak jua membuat warung ini kehilangan selera tradisionalnya. Warung ini masih mempertahankan bakul pikulannya sebagai tempat dagangannya. Untuk seporsi sate buntel dibandrol dengan harga Rp 35.000 Rupiah. Sedangkan untuk tengkleng dan gule dibandrol dengan harga Rp 20.000.

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Kuliner Solo yang dapat dinikmati ketika cuaca sedang terik adalah makanan yang satu ini. Berlokasi di Jl. Dr. Wahidin atau tepatnya di samping masjid Tegalsari Solo, membuat warung es gempol pleret Pak Suhar ini tidak pernah sepi pembeli.

Buka dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore membuat para pecinta kuliner semakin ramai mampir untuk menikmati hidangan di kala cuaca terik. Gempol pleret Pak Suhar adalah satu-satunya pedagang es tradisional ini yang masih bertahan. Banyaknya warung es yang baru membuat makanan tradisional ini semakin terkikis zaman.

Baca Juga :   Sedang Di Jawa Tengah? Cobalah 6 Oleh Oleh Wonosobo Ini

Namun, bagi yang sudah merasakan makanan ini maka akan merasa ketagihan. Bahannya yang terbuat dari beras membuat minuman ini mengenyangkan disamping rasa dingin yang diberikan ketika cuaca terik tiba. Sangat cocok bagi yang tengah mencari kudapan mengenyangkan di kala siang hari.

Harganya cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk seporsi es gempol pleret dengan campuran cendol dawet ini. Cukup pergi ke samping masjid Tegalsari Solo maka akan bertemu dengan warung Pak Suhar.

Tahu Kupat Sari Pak Brewok

Kuliner Solo satu ini menyajikan sepiring tahu kupat dengan cita rasa manis dan gurih yang menggugah selera. Berlokasi di Mangkubumen, Surakarta atau lebih tepatnya di Jalan R. M. Said No. 197. Biasanya warung ini mulai buka pada pukul 6 pagi sampai dengan pukul 12 siang.

Cita rasa gurih dan manis telah menghipnotis banyak pejabat negara termasuk salah satunya adalah Pak Harto. Beliau sangat menyukai makanan khas Solo ini. Perpaduan antara ketupat tahu, campuran kol dan tauge plus mie kuning yang kemudian disiram dengan air bawang serta kuah kecap tentu menambah selera makan.

Apalagi ditambah dengan daun seledri dan juga bawang goreng pasti akan menambah cita rasa yang lezat. Harganya sangat ramah dikantong. Dengan merogoh kocek Rp 9.000 saja, pecinta kuliner sudah dapat merasakan seporsi kupat tahu yang nikmat serta menyehatkan.

Sate Kere Yu Rebi

Kuliner Solo lainnya  adalah sate kere atau sate yang dibuat dengan ampas tempe. Sate kere yang terkenal adalah milik Yu Rebi. Buka setiap hari mulai jam 10 pagi hingga 9 malam membuat pecinta kuliner dapat bebas kemari dalam waktu apapun. Lokasinya berada tepat di belakang kawasan Stadion Sriwedari dan Galabo, Solo.

Bagi para pecinta kuliner yang ingin mencicipi sate kere yang enak dan kaya rasa ini cukup merogoh kocek Rp 10.000 dan untuk campuran sate daging serta sate kere dibandrol dengan harga Rp 30.000. Tempatnya yang berada di tengah kota, memudahkan para pecinta kuliner untuk menemukan tempat ini.

Sate kere ini juga terbuat dari ampas tempe yang bagus. Lalu direndam dalam bumbu bacem kemudian dibakar diatas arang atau bara api. Sate kere lalu disajikan dengan bumbu kacang serta sambal pedas manis. Dibalik penampilan sederhananya. Terdapat rasa unik yang sangat berbeda dari sate kebanyakan.

Sate kere ini hadir sebab zaman dahulu sate merupakan kudapan yang mewah. Namun sate hanya disantap oleh para bangsawan kalangan kelas atas. Akhirnya masyarakat miskin atau kere ini berinisiatif membuat sate sendiri dengan menggunakan ampas tempe atau jeroan.

Nah, bagaimana beberapa rekomendasi kuliner Solo di atas tentu bisa menjadi referensi para pecinta kuliner yang ingin datang ke Solo, bukan? Semua makanan tradisional Solo sudah banyak dikenal masyarakat, baik masyarakat Solo maupun luar kota karena rasanya yang nikmat. Bahkan banyak pejabat tinggi yang menyukai kuliner Solo.

Rasanya yang kaya akan rempah serta harganya yang murah meriah membuat para pelanggan selalu ramai memenuhi warung makan tradisional di Solo. Beberapa kuliner Solo sudah hampir punah karena terkikis oleh banyaknya makanan yang bercitarasa baru dan unik. Sehingga hanya sedikit yang masih mempertahankannya.

Jadi jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner lezat yang ada di Solo. Hal tersebut dikarenakan kuliner Solo selalu menjadi juara untuk masalah rasa.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker