Bali

7 Daftar Kuliner Wajib Di Bali Yang Patut Dicoba

Jika berlibur di Bali tidak lengkap jika tidak memakan kuliner khas Bali. Kuliner khas Bali memiliki cita rasa pedas dan rempah-rempahnya yang kuat. Dari sekian banyak kuliner yang ada di Bali, ada tujuh daftar kuliner wajib di Bali yang patut untuk dicoba. Berikut ulasannya :

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu Gilimanuk resto halal bali

Jika ke Bali yang paling di cari adalah ayam betutu. Kuliner wajib di Bali ini memang sangat mendunia. Meskipun rasanya pedas dan kaya akan rempah-rempah wisatawan asing juga menyukainya.  Ayam betutu ini memiliki keunikan dimana bumbunya dimasukkan ke dalam perut ayam.

Ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Pemasakannya menggunakan pemanggang dengan durasi waktu 24 jam. Pemanggangnya menggunakan api sekam.  Selain menggunakan ayam kampung, menu ini juga menggunakan bebek.

2. Babi Guling

babi guling bali

Untuk kuliner khas Bali yang satu ini tidak dianjurkan untuk muslim. Makanan ini seratus persen tidak halal karena berbahan babi. Namun, makanan ini menjadi ciri khas andalan kuliner khas Bali.

Menu babi guling ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares. Babi guling ini dipanggang diatas bara api sekam.  Babi guling ini cara masaknya unik. Bumbunya dimasukan ke dalam perut babi bersama dengan daun ketela. Jadi rasanya pedas, gurih, dan enak tentunya.

Baca Juga :   Daftar Tempat Makan Di Bali Yang Menyediakan Makanan Halal

3. Nasi Campur Ayam Bali

kuliner wajib di bali

Bagi penduduk asli, nasi ayam campur ini adalah makanan sehari-hari yang di makan oleh mereka. Isian dari menu ini adalah sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Bali, sayur urap, dan lawar ayam. Biasanya juga menu ini dihadirkan bersama sambel matah dan sambel embe. Kedua sambel ini merupakan sambel khas Bali.

Setiap rumah makan akan menyajikan berbagai varian lauk untuk menu ini. Jadi, ada ciri khas sendiri dari setiap warung mengenai menu ini.

4. Sate Lilit Bali

sate lilit khas bali

Biasanya sate cara masaknya itu ditusuk, namun di Bali cara memasak sate dengan cara dililit, makanya namanya sate lilit. Cara memasak sate lilit adalah daging dicincang halus lalu di beri bumbu Bali. Setelah bahan tercampur rata, adonan dikepal-kepal pada batang daun serai.

Daing yang digunakan biasanya daging ayam, daging babi, dan daging ikan tengiri. Rasa sate ini khas dengan wangi daun serai. Diantara berbagai daging yang digunakan, wisatawan lebih menyukai daging ikan tengiri.

5. Lawar Kuwir

Dari segi nama menu ini memang unik. Namun, lawar sendiri adalah daging cincang yang dicampur bumbu khusus khas Bali. Umumnya lawar menggunakan daging babi dan juga bebek entog, Kedua daging diatas menjadi pilihan bahan utama yang paling difavoritkan oleh penduduk Bali.

Daging babi atau entog ini dicincang terlebih dahulu lalu di campur potongan-potongan sayur seperti kacang, parutan kelapa yang dilumuri bumbu khas Bali. Menu ini akan nikmat dimakan bersama sate lilit, nasi hangat dan sayur batang pisang atau jakut ares.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Tempat Makan Romantis Di Bali

6. Rujak Kuah Pindang Dan Rujak Bulung

Di Bali kuliner ini banyak dijajakan di warung kecil. Menu ini memang unik karena ada rujak dengan menggunakan ikan pindang sebagai bahan utamanya. Mangga dan irisan tuna di balur bumbu rujak sangat pedas akan membuat pecinta makanan menjadi ketagihan.

Selain mangga bisa juga digantikan dengan aneka buah lainnya.  Untuk bahan yang digantikan dengan rumput laut di beri nama rujak bulung.

7. Serombotan

Kuliner khas daerah Klungkung ini kalau di Jawa sama dengan urap-urap. Bumbu dari sayur serombotan ini dikenal dengan nama kalas. Bumbunya terdiri dari santan, kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bumbu ini biasanya di campur juga dengan bumbu kacang dan bumbu pedas.

Dari tujuh daftar kuliner wajib di bali di atas, wisatawan bisa memilih menu yang pas di lidah tentunya. Jangan sampai saat makan mengalami alergi ataupun melanggar syariat agama.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh