Kepulauan Bangka Belitung

6 Makanan Khas Bangka Belitung Adalah Rusip, Lempah Kuning DLL + Penjelasannya

6 Makanan khas bangka belitung adalah rusip lempah kuning dan penjelasannya beserta gambarnya di jakarta martabak kuliner pokok tradisional ringan ciri lakso pantiaw kecalo belacan

Lezatnya kuliner yang berasal dari Bangka Belitung

Jika kita berbicara tentang kuliner khas Indonesia banyak sekali yang akan dibahas. Karena Indonesia memiliki banyak sajian kuliner yang begitu banyak dan berbeda-beda dalam setiap daerahnya.

Salah satunya adalah makanan khas Bangka Belitung. Pasti anda mengenal daerah yang satu ini. Provinsi Bangka Belitung adalah daerah yang sangat erat dengan hubungan dengan film laskar pelangi.

Provinsi ini terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. di dua pulau ini anda bisa menemukan beberapa jenis makanan yang akan sulit ditemukan ditempat lain.

Berikut ini adalah beberapa makanan dari Bangka Belitung yang wajid anda cicipi jika anda datang berlibur ke tempat ini.

  1. Lempah

makanan khas bangka belitung

Lempah merupakan sebuah jenis makanan yang menggunakan bahan dasar dari laut atau bisa juga dengan menggunakan daging sapi yang diberi bumbu rempah-rempah yang memiliki cita rasa laut.

Namun pada umumnya masyarakat Bangka Belitung membuat makanan ini dengan berbagai bahan yang ada. Salah satu adalah lempang kuning. Lempah kuning terbuat dari buah nanas yang diris-iris dan diberi bumbu kuah kunyit.

Selain lempah kuning terdapat juga lempah jenis lain seperti lempah darat yang terbuat dari campuran sayuran dan kacang-kacangan, lempah kulat yang terbuat dari jamur sebagai bahan dasar utamanya.

  1. Rusip

Rusip adalah makanan khas Bangka Belitung yang cukup unik. Walaupun makanan ini berasal dari Bangka Belitung tetapi bumbu utama dari makanan ini menggunakan jenis bumbu khas pualu Jawa yaitu gula jawa.

Baca Juga :   6 Makanan Khas Bangka Tengah, Selatan & Barat : Belacan, Lakso, Kecalo, Pantiaw DLL

Rusip adalah menu yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya, karena harus melewati proses fermentasi. Ikan teri yang menjadi bahan utama dari masakan ini difermentasikan terlebih dahulu di dalam pot.

Setelah proses fermentasi selesai barulah ikan teri tersebut dibumbui dengan gula jawa.

  1. Belacan

Belacan adalah jenis makanan yang terbuat dari ikan atau udang yang dijadikan pasta lalu difermantasikan dan dipadatkan serta memiliki bau yang sangat khas dan kuat. Belacan biasanya menjadi bumbu dari berbagai makanan lainnya.

Belacan dibuat dengan memanggang hasil dari fermentasi tersebut lalu dicampurkan dengan berbagai jenis cabai dengan cara dihaluskan atau diulek. dan terkadang ditambahkan jeruk kunci yang memiliki rasa asam.

Sambal ini memiliki berbagai jenis rasa dari pedas, manis, asin, asam. Sangat pas dijadikan sebagai sambal lalapan.

  1. Kecalo

Kecalo merupakan bumbu tambahan yang terbuat dari rebon. Karena kecalo hampir sama dengan rebon abon. Kecalo menggunakan udang sebagai bahan utamanya lalu difermentasikan dan ditambahkan dengan menggunakan garam.

Kecalo biasa menjadi bumbu tambahan dalam membuat telur kocok atau telur dadar, atau juga bisa dijadikan pelengkap kuliner pada menu lainnya.

  1. Pantiaw

Pantiaw adalah makanan yang memiliki rasa yang gurih, pedas, manis. Makanan ini adalah makanan berkuah yang terbuat dari suwiran daging ikan dan kuahnya terbuat dari berbagai macam jenis bumbu khusus yang akan terasa sangat familiar jika sudah menyentuh lidah.

Baca Juga :   Liburan Ke Bangka Belitung Murah 2018 Ala Backpacker, Kunjungi 3 Pantai dan 2 Pulau Ini

Bagi anda yang datang ke Bangka Belitung wajib untuk mencoba menu makanan yang satu ini. biasanya agar isian dari makanan ini lebih ramai ditambahkan lagi pelengkap seperti mie ataupun bakso.

  1. Lakso

Makanan berkuah lainnya adalah lakso. Sekilas makanan ini tempak sama dengan mie bakso. Namun kuah dari lakso dibuat dengan menggunakan santan yang memiliki rasa yang begitu gurih dan nikmat.

Bahan utama dari makanan ini adalah tepung beras. dan sebagai pelengkap biasanya ditambahkan abon udang, sosis, serta kerupuk. Jika anda bekunjung ke Bangka Belitung pastikan anda mencoba menu yang satu ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker