Kepulauan Bangka Belitung

6 Makanan Khas Bangka Tengah, Selatan & Barat : Belacan, Lakso, Kecalo, Pantiaw DLL

6 Makanan khas bangka tengah selatan & barat masakan toboali belinyu pangkal pinang kue muntok di jakarta jual toko rumah makan daerah provinsi pulau kepulauan dari belacan lakso kecalo pantiaw rusip lempah

6 Masakan dari Bangka yang wajib Anda cicipi

Jika anda mendengar kata Bangka mungkin yang terlintas pertama di pikiran anda adalah sebuah film laskar pelangi.

Dalam film tersebut memperlihat keindahan panorama laut Pulau Bangka. Pulau Bangka sendiri terletak di Provinsi Bangka Belitung.

Karena panorama alamnya yang begitu indah dan menawan tak salah jika Pulau Bangka menjadi salah objek tempat wisata yang sangat menarik.

Namun bukan hanya sekedar tempat wisata yang indah yang ada di pulau tersebut melainkan juga terdapat berbagai jenis kuliner yang pastinya akan membuat anda ketagihan dan rindu pulau ini saat pulang nanti.

Berbagai jenis masakan terdapat di pulau Bangka ini dari yang manis hingga pedas, dan dari yang berminyak sampai yang berkuah. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Bangka yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Rusip

makanan khas bangka

Rusip adalah makanan yang terbuat dari ikan teri sebagai bahan dasarnya. Ikan teri tersebut difermentasikan didalam sebuah guci dalam kurun waktu tertentu.

Setelah itu ikan teri tersebut diberi bumbu yaitu gula jawa, karena bahan bumbu yang dipakai adalah gula jawa maka terkadang rusip dikatakan sebagai makanan yang memiliki budaya campuran antara Jawa dan Bangka.

Namun sepertinya anda tidak bisa menemukan makanan yang satu ini di Pulau Jawa. Jadi saat anda berkunjung ke Bangka jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Bangka ini.

  1. Belacan
Baca Juga :   6 Makanan Khas Bangka Belitung Adalah Rusip, Lempah Kuning DLL + Penjelasannya

Satu makanan khas Bangka yang mengalami proses fermentasi. Balacan adalah makanan yang terbuat dari udang atau ikan yang difermentasikan lalu dipadatkan. Makanan ini memiliki bau khas dan sangat kuat.

Pada umumnya balacan dijadikan sebagai bumbu makanan khas dari Bangka lainnya. Atau juga bisa dibuat menjadi sambal balacan, yaitu balacan yang sudah jadi dipanggang.

Setelah matang dicampurkan dengan berbagai bumbu seperti cabe, gula, bawang, dan garam. dan semuanya dihaluskan menjadi satu yang menjadi sambal ini khas adalah tambahan jeruk kunci yang memiliki rasa asam.

  1. Lakso

Lakso adalah makanan sejenis dengan mie bakso. Lakso memiliki tekstur yang lumayan kenyal dan memiliki campuran mie putih serta disajikan dengan kuah santan yang sangat lezat.

Tepung beras menjadi bahan utamanya dan ini juga yang membuat makanan ini menjadi kenyal. Tidak jarang juga sebagai pelengkap lakso ditambah dengan berbagai lauk seperti sosis, udang, kerupuk dan berbagai lauk pelengkap lainnya.

Makanan ini sangat pas untuk menemani acara menonton televisi.

  1. Lempah

Lempah pada umumnya adalah makanan berbahan dasar hewan laut atau seafood. Namun ada juga lempah yang dibuat dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, namun menggunakan berbagai bumbu untuk menghasilkan cita rasa makanan lautnya.

Di Bangka makanan ini dibuat dengan berbagai olahan bahan lainnya. Salah jenis lempah yang terkenal adalah lempag kuning yang terbuat dari potongan nanas, dan bumbu kunyit untuk kuahnya. Selain itu juga ada lempah darat, dan lempah kulat.

  1. Kecalo
Baca Juga :   4 Objek Tempat Wisata Pantai di Bangka Belitung yang Terkenal dan Terindah

Kecalo adalah makanan dari Bangka yang hampir sama dengan rebon abon. Kecalo ini biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk membuat berbagai masakan. dan menghasilkan rasa yang sangat khas.

Kecalo terbuat dari fermentasi udang yang diberi tambahan bumbu garam yang membuatnya menjadi lebih gurih.

  1. Pantiaw

Pantiaw adalah makanan khas dari Bangka yang merupakan makanan berkuah. Yang membuat khas dari makanan yang satu ini adalag kuahnya yang beraneka ragam rasa dari pedas manis dan gurih menjadi satu.

Sebagai pelengkap biasa terdapat suwiran daging ayam, atau bakso maupun mie kedalam makanan tersebut. Jika anda datang ke Bangka pasti anda mencicipi makanan yang satu ini dan dijamin akan ketagihan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker