5 Makanan Khas Banyuwangi Adalah : Rujak Soto DLL Selain Pindang Koyong Jawa Timur

5 Makanan khas banyuwangi adalah rujak soto DLL Selain pindang koyong jawa timur makan bagiak kota kabupaten suku osing tradisional enak ciri tempat favorit terkenal terenak

Bangkitkan selera makan anda dengan menu makanan Banyuwangi

Jika anda adalah pecinta kuliner pasti anda sangat ingin mencicipi berbagai makanan dari berbagai daerah bahkan yang ada diberbagai belahan dunia sekalipun.

Indonesia khususnya Pulau Jawa memiliki berbagai makanan khas yang sangat beragam dan sangat berbeda dengan daerah lainnya.

Memang banyak makanan daerah yang telah dijual di berbagai kota besar namun anda akan merasakan sensasi makan yang berbeda saat mencicipi makanan khas suatu daerah langsung di mana makanan tersebut berasal.

Salah satu tempat yang wajib anda kunjungi berwisata kuliner adalah Banyuwangi. Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang terdapat di Jawa Timur. Saat anda datang ke daerah ini cobalah beberapa makanan khas Banyuwangi berikut ini.

  1. Rujak Soto

makanan khas banyuwangi

Rujak Soto, jika didengar saja nama makanan ini sudah menarik. Menu makanan rujak dan soto adalah menu yang memiliki perbedaan yang cukup jauh dan memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Tapi bagaimana jika kedua makanan ini digabung menjadi satu.

Rujak yang bercita rasa pedas dan penuh dengan sayuran dan buah, dikombinasikan dengan soto yang memiliki cita rasa yang sangat kuat dan berkuah serta segar. Jika anda ingin merasakan menu unik satu ini anda bisa datang ke Banyuwangi.

Di Banyuwangi menu dapat dengan mudah anda temukan. Bahan yang dipakai dalam menu adalah berbagai bahan menu rujak sayur dan dicampur dengan kuah soto babat.

  1. Sego Tempong

Kuliner yang bercita rasa pedas selalu memiliki peminat dan penikmatnya sendiri. Jika anda adalah salah satunya maka makanan khas Banyuwangi ini mungkin akan sangat cocok dengan anda.

Sego tempong sebenarnya adalah menu nasi biasa saja. Nasi seperti pada umumnya yang dicampur dengan berbagai lauk pauk seperti kacang panjang, terong., daun ketela, tahu, tempe, hingga ikan asing.

Namun yang membuat makanan ini luar biasa adalah sambal yang disajikan bersama makanan ini. Sambal yang digunakan adalah benar-benar sambal yang masih segar, bukan hanya segar tapi juga memiliki rasa yang super pedas.

Sego tempong sendiri memiliki art nasi tempeleng, yang artinya makanan yang dapat memberikan rasa pedas yang luar biasa seperti ditempelang.

  1. Pecel Itik

Pecel adalah salah satu makanan khas dari Pulau Jawa. Suku Jawa memilki berbagai menu sajian pecel yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Walaupun dalam sebagian besar menu pecel tersebut memiliki cara dan bahan pembuatan yang sama.

Namun pasti ada saja yang perbedaan yang membuat terdapat cirri khas dari menu pecel tersebut. Salah satunya adalah menu pecel itik. Yang istimewa dari pecel ini adalah menggunakan daging ayam kampung muda sebagai cirri khasnya.

Daging ayam muda yang empuk dan gurih karena dimasak dengan cara dibakar membuat makanan ini menjadi salah makanan yang tidak boleh anda lewatkan saat di Banyuwangi.

  1. Ayam Pedas Rantinem

Dari namanya saja pasti anda sudah tahu bagaimana rasa dari makanan yang satu ini. Ayam Pedas Rantinem adalah menu makanan yang terbuat dari daging ayam sebagai bahan utamanya dan dimasak dengan menggunakan santan, berbagai bumbu khusus makanan ini.

Ayam yang digunakanpun biasanya menggunakan ayam kampung sehingga rasa daging ayamnya begitu lezat. Daya tarik utama dari makanan ini adalah rasa pedasnya yang super pedas.

  1. Kue Bagiak

Selain menu-menu berat, Banyuwangi juga memiliki menu makanan ringan.

Makanan ringan yang satu ini sangat pas dijadikan sebagai cemilan saat menonton televisi, atau cemilan saat menonton DVD di rumah karena rasanya yang gurih dan sangat pas disajikan bersama secangkir the atau kopi. Kue Bagiak juga bisa dibeli untuk dijadikan oleh-oleh dari Banyuwangi.

Tags: #Ayam Pedas Rantinem #Kue Bagiak #Pecel Itik #Rujak Soto #Sego Tempong

Leave a reply "5 Makanan Khas Banyuwangi Adalah : Rujak Soto DLL Selain Pindang Koyong Jawa Timur"

Author: 
    author