6 Makanan Khas Batak Naniura, Arsik, Lapet DLL Selain Saksang dan Hare

4933 views

6 Makanan khas batak naniura arsik lapet saksang hare suku toba karo pakpak simalungun angkola mandailing tapsel makan masakan adat tradisional dairi ikan dari jenis daerah ringan lapet

6 Sajian Kuliner dari Suku Batak yang Terkenal Karena Kelezatannya

Suku Batak adalah suku yang tinggal di Provinsi Sumatera Utara. Namun kita juga bisa menemui berbagai suku Batak yang tinggal di seluruh pulau Sumatera.

Suku Batak adalah salah satu suku di Indonesia yang memegang teguh keaslian dari budaya leluhur mereka hingga saat ini. Mulai dari acara adat istiadat, baju tradisional bahkan hingga ke makanan.

Suku Batak memiliki berbagai jenis makanan tradisional. Setiap dari masakan Batak memiliki perbedaan dengan masakan suku lainnya.

Walaupun masakan Batak identik dengan bumbu pedas seperti halnya dengan masakan Padang namun rasa pedas dari masakan Batak biasanya berasal dari bumbu andaliman. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Batak yang dapat anda cicipi.

  1. Arsik

Arsik adalah satu jenis masakan khas Batak yang terbuat dari daging ikan yang diberi dengan berbagai jenis rempah-rempah seperti kunyit, asam, dan tidak ketinggalan bumbu khas Batak yaitu andaliman.

Pada umumnya di masyarakat Batak masakan arsik disajikan pada acara-acara tertentu misalkan acara adat atau pesta adat, terkadang juga disajikan saat acara perkumpulan keluarga.

Yang menarik adalah terdapat filosofi atau arti-arti dalam setiap penyajian dari makanan ini. Maka jangan heran jika berbeda acara maka penyajian makanan ini akan berbeda pula. Namun karena kelezatannya makanan ini sekarang menjadi salah satu kuliner buruan oleh para pecinta kuliner.

  1. Naniura

makanan khas batak

Naniura adalah masakan ikan mas khas Batak. Makanan ini bisa dibilang sushinya orang Sumatera Utara. Karena Naniura adalah makanan yang tebuat dari ikan mas mentah yang diberi berbagai bumbu rempah-rempah.

Selain itu ditambahkan dengan perasan air asam pada ikan tersebut. Walaupun begitu makanan khas Batak ini memiliki rasa yang sangat lezat.

Ini terbukti dari banyaknya wisatawan yang datang ke Sumatera Utara atau Medan tak pernah lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini. ikan yang digunakan pada menu yang satu ini hanya terbatas menggunakan ikan mas saja yang mudah ditemui di perairan Danau Toba.

  1. Mie Gomak

Mie Gomak adalah mie yang berwarna kuning dan terbuat dari mie lidi. Jika dilihat secara sekilas mie ini terlihat seperti makanan dari Italia yaitu Spagheti. Mie gomak biasanya dijadikan sebagai menu sarapan pagi yang sangat dicari-cari.

Nama mie gomak diambil dari kata gomak yang artinya menggunakan tangan, mie ini diambil atau disajikan langsung menggunakan tangan, walaupun tetap ada pedagang yang menyajikan dengan menggunakan centong atau sumpit.

Mie gomak terdiri dari dua jenis yaitu mie gomak berkuah dan mie gomak yang tidak berkuah.

  1. Kopi Silintong

Kopi silintong adalah salah satu jenis kopi white yang cukup terkenal. Kopi ini memiliki aroma yang sangat kuat dan rasa yang tak kalah nikmat.

Kopi ini memiliki tekstur yang cukup kental untuk sekelas kopi white, dan juga mengandung rendah kafein, sehingga dapat dikonsumsi dari berbagai umur. Sekarang kopi silintong sudah diproduksi secara masal di Humbang Hasundutan.

  1. Lapet

Lappet adalah sejenis masakan dari Batak. Makanan ini merupakan makanan ringan yang memiliki rasa begitu lezat. Kue ini biasanya disajikan saat terdapat acara adat atau perkumpulan keluarga.

Proses pembuatan yang tidak memakan waktu yang lama dan prosesnya yang tidak terlalu serta rasanya yang lezat membuat kue ini banyak dicari oleh para wisatawan.

  1. Pohul-Pohul

Pohul-pohul adalah makanan ringan selanjutnya yang berasal dari Suku Batak. Nama pohul-pohul diambil dari bentuk kue ini yang sebesar kepalan tangan. Karena pohul-pohul sendiri artinya adalah kepalan tangan.

Kue ini sebenarnya memiliki bahan dasar yang sama dengan lappet perbedaannya hanya terletak pada bentuknya.

Tags: #Arsik #Kopi Silintong #Lappet #Mie Gomak #Naniura #Pohul-Pohul

Leave a reply "6 Makanan Khas Batak Naniura, Arsik, Lapet DLL Selain Saksang dan Hare"

Author: 
    author