5 Daftar Macam Makanan Khas Batam Adalah : Gonggong, Kerapu Steam DLL

6676 views

5 Daftar macam makanan khas batam adalah gonggong apa indonesia pulau ringan dari oleh2 di kota manado kering ciri tradisional jual harga tempat kek pisang villa bingka bakar nayadam kerapu steam sup ikan kakap

Kenali 5 Makanan yang Spesial Khas Batam dan Tidak Kalah Lezat Dengan Masakan Lain

Jika anda sering berangkat keluar negeri atau berlibur ke luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan daerah Batam.

Apalagi bagi anda yang sering bolak-balik Indonesia – Singapura. Karena Batam sering dijadikan sebagai tempat transit dari Indonesia ke Singapura.

Batam memang terkenal sebagai kota transit. Tapi apakah anda pernah menginap dan tinggal sebentar di Batam dan menikmati berbagai makanan khas Batam.

Batam adalah sebuah daerah yang penduduknya terdiri dari berbagai suku, namun suku asli dari Batam adalah melayu. Maka dari itu makanan-makanan dari Batam begitu terpengaruh dari budaya melayu.

Berikut ini adalah beberapa sajian kuliner khas Batam yang dapat anda cicipi saat mengunjungi kota ini.

  1. Gonggong

Gonggong adalah sejenis hewan laut yang berupa siput laut. Gonggong memiliki cangkang yang cukup tebal dan berwarna putih kecoklatan.

Biasanya gonggong dimasak dengan direbus langsung dengan cangkangnya dan memakannya dengan menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan dagingnya. Biasanya gonggong dinikmati dengan tambahan saus atau sambal.

Gonggong adalah makanan yang memiliki kandung gizi yang cukup tinggi. Walaupun menu yang satu tergolong sangat sederhan tapi menu gonggong ini memiliki harga yang tidak murah untuk satu porsinya.

Karena rasa dari makanan ini yang sangat gurih dan lezat. Ternyata makanan ini juga lumayan terkenal di luar negeri.

  1. Sup Ikan Kakap

Satu buah makanan yang harusnya anda tidak lewatkan saat berada di Batam adalah sup ikan Kakap. Seperti namanya makanan ini terbuat dari ikan kakap. Sama seperti dengan masakan sup yang lainnya.

Sup ikan kakap sangat pas dinikmati saat kondisi makanan masih panas. Kuah yang mengepul dengan bau bumbu yang sangat menyengat membuat nafsu makan semakin meningkat. Daging ikan kakap putih akan terasa sangat lezat dan membuat anda ketagihan begitu mencicipinya.

  1. Kerapu Steam

Makanan Batam yang lainnya adalah kerapu steam. Makanan ini terbuat dari ikan kerapu yang dimasak dengan cara disteam. Menu yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan segar.

Ikan kerapu dimasak dengan menggunakan bawang putih, jahe, dan dengan tambahan saus sebagai pelengkap. Selain itu ikan kerapu ditambah dengan berbagai bumbu khusus yang membuat makanan yang satu ini terasa begitu lezat.

Harga dari ikan kerapu ini cukup bervariatif. Uniknya adalah harga menu bukan dihitung perporsi melainkan dari berat ikan kerapu. Harga per onsnya sekiatr 20.000.

  1. Bingka Bakar Nayadam

Sebenarnya bingka adalah salah satu makanan khas Melayu. Namun sekarang ini adalah makanan bingka bakar yang begitu khas di Batam. Biasanya makanan ini dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota Batam namun anda tetap bisa menikmati makanan ini langsung ditempatnya.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Batam pasti langsung mencari bingka bakar ini sebagai oleh-oleh. Jadi saat anda datang ke Batam jangan lupa untuk membeli makanan yang satu ini.

  1. Kek Pisang Villa

makanan khas batam

Sama seperti dengan bingka bakar, kue kek pisang villa adalah salah satu makanan ringan yang ada di Batam. Kue kek pisang villa sangat terkenal di kota Batam sebagai kue yang wajib dibawa pulang.

Jika anda penasaran anda langsung bisa menikmati kue ini di tempatnya langsung. Kue ini memiliki cita rasa pisang yang sangat terasa. Namun sebenarnya kue ini memiliki berbagai varian rasa, seperti strawberry, coklat, keju, dan mocha.

Tapi yang paling laris dibeli para wisatawan adalah yang original rasa pisang. Jadi jika anda datang ke Batam pastikan mencicipi kue kek pisang villa makanan khas Batam.

Tags: #Bingka Bakar Nayadam #Gonggong #Kek Pisang Villa #Kerapu Steam #Sop Ikan Kakap