6 Daftar Nama Macam Makanan Khas Bekasi Adalah Sayur Gabus Pucung, Rengginang DLL

9130 views

6 Daftar nama macam makanan khas bekasi adalah asal jawa barat timur apa kabupaten daerah cikarang ciri di tengah kota tradisional daerah ringan nabati kering contoh 10 sayur gabus pucung dodol betawi kue akar kelapa rengginang sagon duit

Masakan Nikmat yang Berasal dari Bekasi dan Belum Banyak Diketahui

Bekasi adalah salah kota pendukung ibu kota Jakarta. Walaupun terletak di Provinsi Jawa Barat, warga asli Bekasi adalah suku Betawi. Jadi bagi anda yang sangat menyukai sajian kuliner anda perlu datang ke Bekasi.

Jika dari Jakarta sangat terbilang sangat dekat dan tidak membutuhkan waktu lama. Warga bekasi yang kebanyakan keturunan Suku Betawi membuat makanan khas Bekasi sangat terpengaruh dari masakan khas Betawi.

Mungkin dari beberapa makanan dari Bekasi ini belum dapat anda temui atau dengar sebelumnya tapi pasti ada beberapa yang memang sudah tidak asing lagi di telinga anda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang berasal dari Bekasi yang perlu anda kenali.

  1. Sayur Gabus Pucung

makanan khas bekasi

Makanan ini adalah makanan khas Bekasi asli. Namun sayangnya makanan agak sulit ditemukan sekarang ini. sayur ini terbuat dari ikan gabus sebagai bahan dasar utamanya.

Salah satu kenapa makanan ini sulit ditemukan dan mulai jarang ada rumah makan yang menyediakan menu ini adalah karena ikan gabus yang terbilang cukup sulit diternak, jadi kebanyakan ikan gabus yang dipakai adalah ikan gabus yang ditangkap dari alam.

Namun dalam beberapa acara pernikahan Betawi yang ada di Bekasi masih dapat dijumpai menu kuliner yang satu ini.

  1. Dodol Betawi

Bekasi merupakan kota yang sangat terpengaruh dari budaya Betawi karena memang beberapa tempat di Bekasi telah ditinggali lama oleh para Suku Betawi. Salah kuliner yang berasal dari kota ini adalah dodol Betawi.

Sama seperti halnya sayur gabus makanan ini sangat sulit ditemukan jika pada hari-hari biasa. Hal tersebut bukan karena bahan baku yang sulit dicari melainkan proses pemasakan yang membutuhkan waktu lama dan pemasak harus memiliki keterampilan yang cukup.

Kue ini biasanya sangat mudah ditemukan pada bulan Ramadhan khusus pada akhir bulan Ramadhan menjelang hari raya Lebaran.

  1. Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa adalah salah satu makanan ringan kahs Bekasi. Makanan ini bukan terbuat dari dari olahan akar kelapa yang dibuat menjadi sajian kuliner melainkan bentuk dari makanan yang satu ini berbentuk seperti akar kelapa.

Kue akar kelapa memiliki sebutan lain yaitu kue procot. Nama lain ini diambil dari proses pemasakan yaitu adonan yang sudah siap masak di procotkan dari sebuah lobang untuk menciptakan bentuk yang khas dari makanan ini.

Kue ini terbuat dari beras tepung, tepung ketan, dan kelapa parut. Kue akar kelapa memiliki tekstur yang sangat renyah, oleh karena itu sangat pas dinikmati dengan segelas teh untuk cemilan di sore hari.

  1. Kue Rengginang

Makanan selanjutnya adalah kue rengginang. Kue ini jika dilihat sekilas nampak seperti kerupuk. Kue rengginang tebuat dari beras sebagai bahan dasar utamanya. Beras tersebut diolah dan setelah itu dijemur dibawah sinar matahari langsung untuk mengeringkan.

Setelah itu keu rengginang digoreng hingga mengembang. Kue ini memiliki dua varian rasa yaitu rasa asing dan rasa manis. Jika anda ingin mencicipi makanan yang satu anda dapat menemukannya dengan mudah diberbagai pasar tradisional yang ada di Bekasi.

  1. Kue Sagon

Kue sagon adalah kue yang cukup terkenal di Bekasi. Kue terbuat dari tepung beras yang digarang atau disangrai. Proses sangrai tidak dilakukan diatas kompor melainkan langsung diartas bara api.

Hal ini menimbulkan rasa yang sangat khas dari makanan ini. Kue sagon memiliki berbagai bentuk, seperti oval, bergerigi, dan lingkaran serta bentuk yang lainnya semua itu tergantung pada cetakan kue.

  1. Kue Duit

Anda pasti asing dengan makanan yang satu ini. Kue duit dibuat dari adonan tepung yang dibentuk menyerupai uang logam lalu digoreng. Kue ini berasa manis karena terdapat campuran tepung gula.

Tags: #Dodol Betawi #Kue Akar Kelapa #Kue Duit #Kue Rengginang #Kue Sagon #Sayur Gabus Pucung