7 Makanan Khas Betawi Tempo Dulu Yang Hampir Punah : Kerak Telor, Soto DLL

3617 views
7 Makanan khas betawi tempo dulu yang hampir punah kerak telor soto dan keterangannya di jakarta wikipedia atau sunda adalah gambarnya penjelasannya kue masakan sejarahnya bahannya daftar minuman ketupat sayur nasi uduk semur jengkol ketoprak gado-gado

Ketupat Sayur Khas Betawi

Nikmatnya 7 sajian kuliner khas Betawi yang Sangat Mudah Ditemui

Jakarta adalah sebuah kota metropolitan dan sekaligus menjadi ibukota Negara Indonesia. Di Jakarta terdapat banyak sekali suku dan budaya yang membaur menjadi satu, karena banyaknya orang-orang yang berurbanisasi.

Namun suku asli dari Jakarta sendiri adalah Betawi. Suku ini memang tidak terlalu lagi tampil menyolok di kota Jakarta karena banyak sekali orang-orang yang berasal dari beragam suku yang datang ke kota ini.

Soal kuliner, Betawi masih termasuk mendominasi dihampir seluruh penjuru Jakarta namun banyak dari kita kurang menyadarinya. Berikut ini daftar makanan khas Betawi yang ada di sekitar kita.

  1. Kerak Telor

makanan khas betawi

Makanan ini adalah makanan yang telah menjadi ikon kota Jakarta di mata masyarakat Indonesia. Makanan ini biasanya sangat mudah dijumpai saat ada perayaan Jakarta Fair yang biasa di adakan antara bulan Juni sampai Juli.

Makanan khas betawi adalah sejenis martabak yang terbuat dari telur dan isinya dihanti menggunakan ketan dan ubi. Dan memasak makanan ini memiliki cara tersendiri yaitu dengan mengunakan tungku arang.

  1. Ketupat Sayur

Ketupat Sayur adalah makanan yang sangat identik dengan sarapan bagi warga Betawi. Biasa penajaja makanan ini mudah ditemui saat pagi hari yaitu saat orang untuk sarapan.

Ketupat sayur sendiri adalah makanan yang terbuat dari potongan lontong atau ketupat yang diberi kuah santan, dan sebagai topping pelengkap biasanya ditambahkan kacang kedelai, dan kerupuk. Jika anda yang tinggal di Jakarta pasti pernah mencicipi masakan yang satu ini bukan.

  1. Nasi Uduk

Satu lagi menu untuk sarapan untuk warga Betawi yaitu Nasi Uduk. Nasi uduk adalah nasi yang dibuat dengan daun pandan agar rasa dan aromanya menjadi lebih nikmat saat disantap.

Penjual nasi uduk biasanya hanya ada di pagi hari saja, namun sekarang sudah ada penjual nasi uduk yang berdagang saat malam hari.

Selain nasinya yang dimasak secara khusus makan ini juga memiliki campuran lauk yang sanagt menggoda selera seperti kentang balado, ayam goreng, semur tahu, orek tempe, dan berbagai menu lainnya.

  1. Semur Jengkol

Semur Jengkol adalah masakan khas Betawi yang sudah sangat terkenal. Semur jengkol hanya dapat anda temui di Jakarta saja atau daerah komunitas Betawi saja, karena memang masakan ini adalah masakan asli tradisional Betawi yang hampir mustahil ditemukan ditempat lain.

Walaupun terkenal dengan bau jengkol yang kurang sedap namun peminat dari masakan ini masih begitu banyak karena memang rasanya yang nikmat.

  1. Ketoprak

Hampir sama dengan Lontong sayur, ketoprak juga menggunakan lontong atau ketupat sebagai bahan dasarnya, namun perbedaan yang paling mencolok adalah makanan ini tidak menggunakan kuah santan melainkan bumbu kacang.

Untuk pelengkap ketoprak biasanya dicampur dengan tahu goreng, bihun dan kerupuk sebagai pelengkap. Makan ini dapat anda mudah temui diberbagai penjuru kota Jakarta.

  1. Gado-Gado

Gado-gado bisa dibilang sebagai saladnya orang Indonesia. Gado-gado adalah makanan yang terbuat dari campuran sayuran yang hanya direbus lalu dicampur menjadi satu dan diguyur dengan menggunakan bumbu kacang.

Namun tidak jarang gado-gado ditambah dengan irisan telur rebus dan nasi atau lontong untuk menjadi menu makanan pokok. Gad-gado juga menjadi makanan yang mudah ditemui di Jakarta.

  1. Soto Betawi

Soto Betawi merupaka salah sajian kuliner khas Betawi yang berkuah. Soto ini memiliki kuah yang bersantan, dengan isian daging sapi yang dimasak hingga empuk, dan campuran irisan tomat serta potongan-potongan kecil kentang.

Soto ini memiliki ciri khas rasa yang gurih dan nikmat. Makanan biasanya dijadikan sebagai menu makan siang.

Tags: #Gado-Gado #Kerak Telor #Ketoprak #Ketupat Sayur #Nasi Uduk #Semur Jengkol #Soto Betawi