Jawa Barat

7 Makanan Khas Bogor Yang Enak : Cungkring, Toge Goreng, Doclang, Laksa DLL

6 Makanan khas bogor yang enak cungkring toge goreng doclang laksa jawa barat adalah surya kencana terkenal wisata kuliner asinan minuman tradisional bapatong ciri ringan kering pedas
Laksa Khas Bogor

Daftar Kuliner di Bogor yang Sedap dan Dapat Memanjakan Lidah

Bogor adalah salah kota penunjang dari Ibu kota Jakarta. Selain memiliki tempat wisata yang jaraknya tidak begitu jauh. Kota Bogor yang memiliki julukan kota hujan ini juga memiliki berbagai kuliner khas kota ini.

Mungkin beberapa anda sudah sering mendengan atau mungkin sudah pernah mencobanya tapi pasti ada beberapa yang belum anda tahu. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Bogor yang pastinya akan memberikan pengalaman baru pada lidah anda.

  1. Toge Goreng

Toge Goreng adalah salah satu makanan dari Bogor yang cukup unik. Walaupun namanya toge goreng tapi toge dari makanan ini tidak digoreng sama sekali, melainkan direbus.

Lalu toge yang sudah direbus ditambahkan dengan mie telor kuning dan irisan dari tahu goreng lalu disiram dengan kuah khusus yang terbuat dari bahan oncom dan tauco.

Sebagai pelengkap terkadang bisa dtambahkan kecap manis, dan lontong untuk menambah porsi makanan ini. Untuk makanan khas Bogor yang satu ini anda akan kesulitan untuk menemukannya ditempat lain.

  1. Waroenk Talubi, Restoran yang Mengobati Rindu Akan Oma Tersayang

Kalau kamu sedang rindu-rindunya dengan masakan Oma, Waroenk Talubi cocok banget untuk menawarkan rasa rindumu.

Berlokasi di Jalan Surya Kencana no. 278, restoran ini akan menyuguhkanmu dengan aneka hidangan yang terinspirasi dari resep rahasia ala Oma tersayang.

Jalan Surya Kencana bisa ditempuh dengan angkutan kota (angkot) nomor 02 jurusan Sukasari-Bubulak dari Stasium Bogor menuju Jalan Surya Kencana.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Eksotis

Kendaraan pribadi juga dapat melintasi kawasan ini. Tidak perlu khawatir soal parkiran, karena Waroenk Talubi menyediakan tempat parkiran yang luas.

Menu andalan dari restoran ini adalah Ayam Bakar Desa yang akan selalu sold out karena menjadi incaran para pecinta kuliner.

Kalau ayam bakar biasa hanya bermandikan bumbu kecap, ayam bakar di Waroenk Talubi menggunakan racikan bumbu terasi yang wangi dan legit yang dibawa langsung dari kampung halaman Oma.

Tak heran bila rasanya lezat dan gurih dengan warna kemerahan yang khas. Jika kamu tidak berminat dengan ayam bakar, Waroenk Talubi juga menghadirkan varian ayam goreng dengan dua macam kremesan, basah ataupun kering, yang enak dimakan dengan nasi uduk hangat.

Kalau kamu lagi diet dan gak pengen makan ayam, jangan kecewa dulu! Karena di Waroenk Talubi juga ada pecel yang enak banget, lengkap dengan peyek yang garing dan gurih. Bisa dipesan lengkap dengan nasi atau pecelnya saja loh.

Setelah kenyang makan, Waroenk Talubi juga menghadirkan beragam varian minuman, seperti es dawet, es kelapa jeruk, es kelapa muda, dan lain lain.

Harga yang dipatok Waroenk Talubi tidak mahal dan ramah di dompet. Cukup dengan Rp 20.000,00 saja, kamu sudah kenyang dengan seporsi ayam, nasi uduk pulen, lalapan, dan sambal talubi yang pedas dan nikmat.

Tertarik untuk mencoba? Waroeng Talubi buka setiap hari pukul 07.00-22.00. Untuk info lebih lanjut dan reservasi silahkan hubungi 08811776580.

Baca Juga :   16 Daerah Tempat Ngabuburit di Bandung Yang Asyik Favorit 2018

Baca Juga : 51 Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya Timur Kota Sentul Murah : Taman Bunga, Jungle Land, Curug Nangka DLL Seperti di Eropa Italia

  1. Bapatong

Dari nama makanannya saja sudah unik. Bapatong sendiri adalah sebuah singkatan dari bakso kupat gentong. Makanan ini banyak juga ditemukan di pinggir perjalanan ke Puncak Bogor.

Seperti namanya makanan ini terdiri dari tiga bahan utama tersebut yaitu ketupat yang dipotong kecil-kecil lalu ditambahkan bakso dan daging iga sapi yang dipotong-potong.

Kuah dari makanan yang satu ini terbuat dari kaldu sapi sehingga membuat rasa dari makanan ini begitu lezat dan membuat anda ketagihan.

  1. Cungkring

Satu lagi makanan sajian khas Bogor yang terdengar begitu unik. Yaitu Cungkring. Cungkring adalah makanan yang terbuat dari bagian kepala sapid an potongan kikil yang dimasak menggunakan bumbu kuning, lalu disiram dengan bumbu kacang yang manis.

Dalam bahasa Sunda sendiri cungkring berarti kikil sapi. Jika dilihat sekilas makanan ini terlihat seperti sate. Cungkring sangat pas disajikan bersama nasi putih yang bercampur kelapa parut atau terkadang bisa juga dimakan bersama oncom goreng dan tempe.

  1. Doclang

makanan khas bogor

Doclang adala sejenis makanan yang hampir sama dengan ketupat tahu atau lontong sayur. Doclang sendiri adalaha makanan yang terdiri dari tahu goreng yang diiris-iris, telur rebus, pesor, bumbu kacang kacang, kecap dan kerupuk atau emping.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Di Bogor Dekat Stasiun

Pesor sendiri adalah sejenis ketupat yang terbuat dari nasi yang bungkus dengan daun patat dalam proses pemasakannya. Sayang sekali untuk sekarang-sekarang ini makanan doclang sudah agak sulit ditemui di kota Bogor sekalipun.

  1. Pepes Sagu

Mungkin ini pertama kalinya anda mendengar pepes tahu. Karena biasanya yang dipepesa adalah tahu, ikan, dan jamur. Tapi di Bogor anda bisa menemukan makanan yang unik ini.

Pepes tahu kini memiliki beberapa varian rasa seperti pepes sagu pisang, pepes sagu pisang keju, pepesa sagu nangka, dan pepesa sagu keju. Jika anda tertarik anda bisa datang ke Jalan Suryakenca agar dapat menikmati lezatnya pepes sagu.

  1. Laksa Bogor

Kalau di Jakarta ada laksa Betawi makan di Bogor ada Laksa Bogor. Laksa ini memiliki beberapa perbedaan dengan laksa betawi. Lakso Bogor memiliki campuran oncom yang unik selain itu laksa Bogor tidak menggunakan mie.

Laksa Bogor menggunakan bihun dan ketupat atau lontong sebagai bahan campurannya. Selain itu laksa bogor juga menggunakan toge dan daun kemangi.

Kuah dari laksa ini sendiri terbuat dari santan kelapa dan terdapat juga parutan kelapa di dalam kuah yang menyebabkan tekstur dari laksa ini agak kasar. Sebagai penambahan laksa biasanya disajikan dengan tahun kuning dan telur rebus serta toppng serundeng.

Tags

Related Articles

One Comment

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat
    Saya juga mempunyai artikel yg serupa yang dpat di lihat di Explore Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker