Jawa Barat

7 Makanan Khas Cirebon : Empal Gentong, Nasi Jamblang DLL SELAIN Docang dan Mie Koclok

sewa mobil jogja banner
7 Makanan khas cirebon empal gentong nasi jamblang SELAIN docang mie koclok jawa barat di jakarta bandung adalah apa masakan rumah makan jual jogja rawamangun tempat kota jajanan minuman cemilan ringan
Sate Kalong Khas Cirebon

Ini dia 7 makanan yang berasal dari kota Cirebon

Cirebon adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki beberapa budaya dan tempat wisata yang menarik. Kota Cirebon juga memiliki beberapa makanan khas yang pastinya akan menambah pengalaman cita rasa anda terhadap sajian kuliner Nusantara.

Jika anda berlibur ke kota ini pastikan anda merasakan makanan ini di tempat asalnya karena akan memberikan sensasi dan rasa yang berbeda dibanding dengan makan di tempat lain.

  1. Nasi Jamblang

makanan khas cirebon

Nasi Jamblang adalah menu dengan model prasmanan serta berbagai menu tersedia. Menu yang biasanya ada adalaha paru-paru, tahu sayur, semur daging, kentang, perkedel, telur dadar, semur ikan, ikan asin, temped an tahu goreng, sambal goreng.

Yang unik adalah nasi ini menggunakan daun jati sebagai bungkusnya. Daun Jati dipercaya bisa membuat makanan ini bertahan lebih lama karena memiliki pori-pori yang membantu menjaga kualitas dari makanan tersebut.

Nasi Jamblang sendiri diambil nama daerah nasi berasal yaitu daerah Jamblang.

  1. Empal Gentong

Empal Gentong adalah salah makanan khas Cirebon yang terbuat dari bahan dasar daging sapi. Nama empal gentong diambil dari proses pemasakan masakan ini yaitu daging sapi direbus di dalam gentong yang berbahan kayu.

Proses pemasakan yang cukup lama hingga 5 jam membuat daging dari empal begitu lezat dan empuk. Kuah dari dari Empal gentong hampir sama dengan kuah soto dan disajikan bersama nasi atau lontong. Anda bisa menemukan banyak tempat makan yang menjual makanan ini di Cirebon.

  1. Tahu Gejrot
Baca Juga :   5 Tempat Piknik di Depok Jawa Barat Yang Murah : Taman Wisata Pasir Putih DLL

Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan khas Cirebon yang satu ini. tahu gejrot adalah makanan tradisional yang berasal dari kota Cirebon.

Tahu gejrot adalah tahu yang dipotong kecil-kecil dan diletakan di piring yang terbuat dari tanah liat lalu disiram dengan bumbu khusus yang dibuat dari cabai dan gula merah. Makanan ini anda bisa temukan diberbagai tempat di luar kota Cirebon sekalipun.

  1. Nasi Lengko

Bagi anda yang belum tahu nasi lengko, Nasi Lengko adalah menu nasi dan lauk pauk seperti tahu, tempe, mentimun dan daun seledri yang disiram dengan menggunakan bumbu kacang dan kecap.

Sebagai pelengkap pada umumnya masakan ini ditambah dengan kerupuk dan emping. Sebenarnya makanan ini lumayan populer di kota Cirebon dan dapat dengan mudah ditemukan diberbagai penjuru kota.

  1. Bubur Sop

Pada menu malam hari anda bisa menikmati masakan yang satu ini. Bubur Sop yang terkadang disebut sebagai bubur ayam dan sayur sop. Semua itu karena bahan yang di pakai makanan ini seperti bubur ayam dan sayur sop.

Bubur sop adalah bubur putih yang diberi kol, tauco, dan daun bawang. Serta disiram dengan menggunakan kuah sop dan ditaburi daging ayam yang telah disuwir.

  1. Teh Poci

Teh poci adalah sejenis kuliner minuman yang sudah sangat terkenal dan banyak dicari orang walaupun sekarang penjualnya tidak mudah ditemukan.

Baca Juga :   Pantai Pangandaran Terletak di Jawa Barat, Ini Jalur Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk-nya

Kalau dilihat seklias ini terlihat sebagai teh biasa namun jika sudah merasakan minuman masuk kedalam mulut anda, barulah anda akan tahu bedanya. Teh poci memiliki rasa yang lebih segar dibanding dengan teh lainnya.

Teh poci mengggunakan teh hijau melati yang mengeluakan aroma yang sangat begitu diseduh dan nikmati menggunakan gula batu.

  1. Sate Kalong

Kalau dilihat dari namanya pasti banyak yang mengira jika makanan yang satu menggunakan daging kelelawar sebagai bahan utamanya namun sebenarnya makanan terbuat dari daging kerbau yang diolah menjadi sate.

Nama sate kalong diambil karena makanan hanya dijajakan pada saat malam hari saja.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh