Objek Wisata Dunia

34 Makanan Khas Daerah di Indonesia Asalnya, Penjelasannya dan Beserta Bahan Bakunya

34 Keanekaragaman masakan khas daerah yang ada di Indonesia Wajib Anda Cicipi

Indonesia adalah negara yang sangat luas dan memiliki berbagai keanekaragaman budaya yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya.

Begitu juga dengan hal kuliner yang setiap daerah memiliki makanan khas daerahnya masing-masing. Berikut ini adalah daftar makanan daerah yang ada di Indonesia.

34 Makanan khas daerah di indonesia asalnya penjelasannya dan beserta bahan bakunya gambarnya ciri khasnya 33 provinsi dari bahan nabati seluruh yang ada bagian timur masakan kue tradisional yang terkenal di dunia

  1. Mie Aceh

Dari namanya kita tahu kalau mie ini berasal dari Aceh. Mie ini berstruktur tebal dan dicampur dengan irisan daging dan disajikan dalam kuah kari yang pedas dan gurih.

  1. Bika Ambon

bika ambon khas batam

Walaupun namanya bika ambon tapi makanan ini bukan berasal dari Ambon melainkan dari Sumatera Utara. Biasanya banyak dijual di kota Medan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis.

  1. Rendang

rendang makanan khas sumatera

Rendang adalah makanan yang sangat terkenal hingga keseluruh dunia. Bahkan pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Makanan ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Memang benar sekali rendang setelah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Banyak sekali penikmat kuliner berlomba lomba menikmati rendang.

  1. Gulai Ikan Patin

Gulai-Ikan-Patin-Khas-Jambi

Gulai Ikan Patin adalah makanan khas daerah Jambi. Keunikan dari masakan ini adalah cara masak yang campur dengan daging buah durian yang biasa disebut tempoyak, walaupun terkadang tempoyak ini digantikan dengan santan.

  1. Pendap

pendap makanan khas indonesia

Pendap adalah makanan khas Bengkuli. Yaitu ikan yang dibumbui oleh bumbu khusus yang beraneka ragam daerah tersebut.

  1. Gulai Belacan

Resep Gulai Belacan Khas Riau

Gulai Belacan adalah makanan khas riau yang tebuat dari udang atau ikan yang dicampur dengan kuah belacan atau terasi.

  1. Otak-Otak

otak otak ikan

Di Kepulauan Riau terdapat sebuah makanan tradisional yang masih terbuat dari seafood, yaitu otak-otak. Otak-otak adalah makanan hasil laut yang olah dan dibungkus dengan daun pisang.

  1. Pempek
Baca Juga :   4 Objek Liburan Ke Vietnam Murah Sendiri Atau Bersama Anak : Halong Bay, Ho Chi Minh DLL

pempek-kapal-selam

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan Pempek. Makanan ini berasal dari Sumatera Selatan, khususny kota Palembang. Makanan ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu.

  1. Mie Bangka

mie ayam bangka

Mie Bangka adalah makanan Khas Bangka yang berbahan dasar mie yang dicampur dengan kuah yang terbuat dari bumbu ikan, udang, atau cumi, dan di taburi dengan kecambah serta mentimun.

  1. Seruit

Seruit adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan yang dibakar dan disajikan dengan sambal terasi atau tempoyak atau mangga.

  1. Sate Bandeng

Sate Bandeng adalah makanan khas banten yang tebuat dari ikan bandeng. Uniknya sate bandung ini tidak memiliki duri dan memiliki tekstur daging yang empuk.

  1. Kerak Telor

Di Jakarta ada Kerak Telor yang pasti sudah sering anda dengar. Makanan ini biasanya sangat mudah anda jumpai saat Jakarta Fair setiap tahunnya.

  1. Serabi

Serabi adalah makanan khas jawa barat yang memiliki rasa yang manis. Serabi terbuat dari tepung beras yang di panggang. Sekarang banyak serabi dengan berbagai varian rasa.

  1. Lunpia

Lunpia merupakan makanan khas Jawa Tengah. Makanan ini seperti risoles dan berisi telur, rebung, serta daging udang.

  1. Gudeg

Jika anda ke Jogja pastikan anda mencoba mencicipi Gudeg, yaitu makanan khas daerah tersebut. Guded adalag nasi yang disajikan dengan campuran santan dan berbagai lauk pauk.

  1. Rujak Cingur

Di Jawa Timur ada Rujak Cingur yang sangat terkenal. Makanan ini sangat mudah ditemui di daerah Jawa Timur. Rujak ini adalah campuran dari sayur dan buah-buahan yang disirami bumbu petis.

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah makanan yang terbuat dari ayam utuh yang di beri bumbu dan dipanggang hingga matang. Makanan ini berasal dari Bali.

  1. Ayam Taliwang
Baca Juga :   11 Tips Wisata Saat Puasa Bulan Ramadhan - Mengisi Liburan Penuh Cerita dan Pengalaman

Ayam Taliwang adalah makanan khas Nusa Tenggara Barat. Makanan yang berbahan dasar ayam goreng ini disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

  1. Catemak Jagung

Di Nusa Tenggara Timur ada Catemak Jagung. Seperti namanya makanan ini berbahan dasar jagung. Biasanya dijadikan sebagai makanan penutup.

  1. Bubur Pedas Sambas

Bubur Peda Sambas adalah masakan khas daerah Kalimantan Barat. Makanan ini adalah salah satu makanan dengan cita rasa pedas yang cukup menantang.

  1. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan makanan khas dari Kalimanta Selatan. Soto Banjar terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah. dan terkadang ada tambahan perkedel dan kentang rebus.

  1. Juhu Singkah

Dalam Masyarakat Dayak terdapat makanan yang diberi nama Juhu Singkah yaitu makanan berbahan dasar umbut rotan yang dicampur dengan ikan betok. Makanan ini berasal dari Kalimantan Tengah.

  1. Ayam Cincane

Di Kota Samarinda atau Kalimatan Timur terdapat makanan yang begitu khas daerah tesebut yaitu Ayam Cincane. Makanan ini berbahan dasar ayam yang diberi bumbu berwarna merah yang menjadi cirri khas masakan ini.

  1. Kepiting Soka

Kepiting Soka adalah makanan khas Kalimantan Utara yang terbuat dari kepiting. Yang terbaik dari makana ini adalah kita bisa memakan semua kepiting hingga ke cangkangnya yang dibuat begitu lunak.

  1. Sup Konro

Sup Konro bukan saja menjadi masakan khas daerah Sulawesi Selatan tapi juga menjadi masakan andalan Indonesia. Sup Konro adalah sup iga sapi yang memiliki kuah berwarna coklat.

  1. Sup Ikan Jantung Pisang

Makanan ini berasal dari Sulawesi Tengah. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau makanan ini terbuat dari ikan yang dijadikan sup. Masakan ini memiliki cita rasa yang pedas dan segar.

  1. Lapa-Lapa

Lapa-Lapa adalah makanan khas Sulawesi Tanggara yang mempunyai rasa yang gurih. Makanan ini sangat cocok disantap bersama ikan asin.

  1. Binte Biluhuta
Baca Juga :   Mau Liburan Ke Korea Selatan 2018 Sendiri? Cari Yang Hemat dan Murah, Lihat 4 Lokasi ini

Makanan ini biasa dikenal juga dengan sebutan Milu Siram. Makan ini terbuar dari Jagung yang disiram dengan bumbu khas daerah dan di campur dengan udang, belimbing sayur serta topping pelengkap lainnya. Makanan ini berasal dari Gorontalo

  1. Bubur Manado

Dari namanya saja kita tahu pasti tahu kalau makanan ini berasal dari Sulawesi Utara tepatnya di Manado. Bubur ini terbuat dari campuran berbagai macam sayuran. Bubur Manado merupakan makanan khas daerah seperti dari Namanya berasal dari Manado. Bubur Manado banyak terbuat dari jagung muda dan sayur.

  1. Ikan Asar

Ikan Asar adalah makanan khas Maluku. Yang biasa digunakan untuk makanan ini adalah ikan cakalang atau ikan tongkol yang dipanggang dengan asap.

  1. Gohu Ikan

gohu-ikan

Maluku Utara memiliki makanan khas daerah mereka sendiri yaitu Gohu ikan. Adalah makanan yang berbahan dasar ikan tuna mentah. Yang dicampur dengan bumbu gohu.

  1. Ikan Bakar Manokwari

resep dan cara memasak ikan bakar manokwari

Ikan Bakar yang berasal dari Papua Barat ini tidak sama dengan ikan bakar yang ada dikebanyakan tempat lainnya. Ikan Bakar ini memiliki bumbu khusus yang memberikan sensasi rasa berbeda di lidah anda. Ikan bakar manokwari merupakan makanan khas daerah khusus dari Manokwari papua tengah.

  1. Kue Sagu (Bagea)

Resep-Kue-Bagea

Keu Sagu atau Bagea adalah makanan khas dari Papua Tengah. Makanan ini terbuat dari tepung sagu, yang unik dari makanan ini adalah akan terasa cukup keras saat digigit namun jika sudah didalam mulut makanan akan melunak.

  1. Papeda

papeda

Papeda pasti sudah tidak asing ditelinga anda. Makanan ini bubur sagu yang menjadi makanan pokok oleh beberapa masyrakat wilayah timur Indonesia.

Artikel Lainnya

Related Articles

One Comment

  1. yuk mampir gan, ujan2 gini enaknya ngemil, apalagi ngemilin keripik pisang aneka yang ada di toko oleh-oleh Lampung terbesar Aneka Sari Rasa di Jl.Ikan Kakap No.26 & 28, Teluk Betung, Bandar Lampung. telp.(0721)-5630988. anekasarirasaoleholehlampung.blogspot.co.id anekasarirasa.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close