Jawa Timur

7 Makanan Khas Surabaya Yang Bisa Menggoyang Lidah

sewa mobil jogja banner

Surabaya adalah salah satu kota terbesar di indonesia. Banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung sekaligus menikmati kekayaan kuliner di Surabaya yang mempunyai cita rasa berbeda dari kota-kota lainnya. Berikut ini 7 makanan khas Surabaya yang bisa menggoyang lidah, yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Surabaya:

1. Sate Klopo

Sama seperti sate pada umumnya, sate klopo terbuat dari daging sapi atau daging ayam. Tapi bedanya sate ini menambahkan jeroan dan lemak sapi untuk menambah cita rasa gurih yang nikmat. Selain itu, sate klopo ini sebelum dibakar dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu jadi cita rasa yang tercipta semakin unik dan pasti bikin ketagihan.

Banyak warung atau rumah makan yang menjual sate klopo, tapi yang paling terkenal adalah sate klopo Ondomohen Ibu Asih yang terletak di jalan Walikota Mustajab no. 36, Surabaya. Walaupun terlihat sederhana tapi warung ini tidak pernah sepi pengunjung.

2. Lontong Balap

lontong balap surabaya

Lontong balap adalah salah satu ikon makanan khas kota Surabaya. Diberi nama lontong balap karena konon penjualnya menggunakan pikul untuk mengangkut barang dagangannya, karena berat para pedagang berjalan dengan cepat seperti sedang balapan.

Baca Juga :   Informasi Makanan Dan Toko Penjual Oleh-oleh Gresik

Kuliner ini terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, lentho (terbuat dari kacang tholo,  singkong dan kelapa parut yang digoreng), toge yang melimpah dan disiram kuah, tidak lupa bumbu petis udang yang semakin menambah kenikmatan lontong balap terakhir taburan bawang goreng yang gurih.

3. Bebek Tugu Pahlawan

bebek tugu pahlawan

Warung bebek ini terletak tepat di seberang jalan tugu pahlawan, walaupun letaknya di pinggir jalan dengan tampilan yang sederhana. Untuk warung ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan banyak pengunjung yang rela antri untuk menikmati seporsi nasi bebek hangat ditemani dengan sambal yang mantap. Warung ini sudah mulai buka sejak pukul 6 sore, kalau tidak ingin mengantri datang saja lebih awal agar dapat dilayani lebih dulu.

4. Rawon Setan

rawon setan

Terdengar seram ya nama makanan khas Surabaya yang satu ini. Pasti sebagian orang beranggapan bahwa rasanya super pedas sehingga dinamai rawon setan, tetapi bukan itu yang menjadi alasan kuliner ini bernama rawon setan melainkan potongan dagingnya yang besar-besar dan mulai buka pada pukul 10 malam. Warna hitam pekat pada rawon yang berasal dari buah kluwak ini menjadi ciri khas rawon setan di Surabaya. Kalau berkunjung ke Surabaya, wajib cobain ini!

5. Sego Sambel Mak Yeye

Kuliner ini fenomenal dikalangan pemuda pemudi Surabaya lho. Meskipun warung ini mulai buka dari pukul 10 malam, sudah banyak rela yang mengantri. Penampilan dari kuliner ini terlihat unik, karena nasinya ditutupi dengan sambal dan tumpukan lauk pauk diatasnya. Porsinya cukup banyak dan mengenyangkan perut jika lapar melanda saat malam hari. Ada beberapa jenis lauk yang tersedia, seperti telur dadar, ikan pari panggang, dan tempe goreng.

Baca Juga :   8 Penginapan Murah di Malang 2018 Harga 75rb, Dekat Jatim Park, Museum Angkut, Pantai, UB

6. Rujak Cingur

Kuliner ini terbilang unik karena terbuat dari sayur-sayuran,buah-buahan, dan juga lontong yang di siram bumbu kacang dan bumbu petis, dan ada tambahan hidung sapi/kerbau didalamnya. Unik bukan? Banyak penjual rujak cingur di pinggir jalan Surabaya, dijual dengan harga yang cukup murah. Tidak akan menyesal untuk mencicipi kuliner khas Surabaya yang satu ini. Bagaimana tertarik untuk mencoba sensasi makan hidung sapi?

7. Warung Kepiting Cak Gundul

Warung ini sudah ada di Surabaya sejak tahun 1992, dan memang sudah tersohor di Surabaya. Menu andalannya adalah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Tidak hanya kepiting, banyak juga hidangan dari aneka seafood yang tersedia di warung ini. Warung ini terletak di jalan Kupang Indah, dan mulai buka sejak pukul 11 siang sampai pukul 11 malam. Patut dicoba nih, bagi para pecinta seafood.

Nah, 7 makanan khas Surabaya yang bisa menggoyang lidah ini hanya sebagian dari banyaknya kuliner khas yang ada di Surabaya. Sayang sekali jika berkunjung ke Surabaya melewati kuliner khas Kota Pahlawan yang fenomenal ini. Jangan lupa untuk selalu membaca wisatatempat.com untuk mendapatkan berbagai update informasi wisata.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh