Jawa Tengah

7 Makanan Khas Jawa Tengah Olahan Nabati Beserta Gambarnya SELAIN Lumpia dan Gudeg

7 Makanan khas jawa tengah olahan nabati beserta gambarnya SELAIN lumpia gudeg adalah semarang pemalang masakan daerah tradisional dan penjelasannya keterangannya yang terkenal wikipedia dari bahan kota
Telur Asin Khas Jateng

7 Daftar Masakan Khas Jawa Tengah yang Mengoda Selera Anda dan Wajib Anda Cicipi Kelezatannya

Jawa Tengah adalah sebuah provinsi yang memiliki kebudayaan jawa yang masih begitu kental. Kebudayaan dan tradisi mereka tetap dipertahankan hingga sekarang. Begitu juga dengan makanannya yang tetap dipertahankan hingga sekarang.

Berikut ini adalah daftar makanan khas Jawa Tengah yang masih ada hingga saat ini wajib anda coba sesekali apalagi saat anda berada di Jawa Tengah.

  1. Telur Asin

makanan khas jawa tengah

Telur Asin adalah sebuah makanan sederhana yang tidak terlalu rumit dalam pembuatannya. Yaitu dengan mendiamkan telur tersebut dalam sebuah bubukan bata yang telah dicampur dengan bata lalu didiamkan selama beberapa hari.

Setelah itu barulah telur tersebut direbus dengan air garam. Proses pembuatan selesai dan telur asinpun sudah siap dinikmati sebagai lauk atau dimakan langsung. Telur yang biasa digunakan untuk telur asin adalah telur bebek atau telur itik. Makanan berasal dari Brebes Jawa Tengah.

  1. Tempe Mendoan

Untuk yang satu pasti anda sudah sangat tida asing lagi. Karena di beberapa kota besar sudah ada yang menjajakan makanan ini. ini adalah sebuah makanan yang terbuat dari tempe yang di goreng dalam minyak sangat banyak dan biasanya hanya setengah matang.

Makanan ini awalnya berasal dari kota Banyumas dan Purwokerto namun sekarang banyk kota-kota lainnya yang juga menjajakan makanan ini. biasanya makanan ini ada di angkringan dan tukang gorengan.

  1. Tahu Petis
Baca Juga :   5 Oleh Oleh Khas Solo Makanan Enak Terkenal Yang Tahan Lama 2018 : Serbat Jahe DLL

Makanan yang berbahan dasar tahu adalah makanan yang biasa dijadikan sebagai lauk ataupun bisa sebagai cemilan. Tahu petis sebenarnya sama dengan tahu biasa yang membedakan adalah tahu petis dimakan bersama saus petis.

Saus petis ini adalah saus yang berwarna hitam biasanya saus ini dibuat dengan campuran rempah-rempah dan gula jawa. Jika anda penasaran anda bisa berkunjung ke Jawa Tengah atau khususnya Semarang jika penasaran dengan rasa dari tahu petis.

  1. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari kota Pati. Jika anda belum tau nasi gandul itu seperti apa, nasi gandul itu hampir sama dengan nasi uduk.

Yang membedakan adalah dalam bentuk penyajiannya saja yang menggunakan daun pisang. Tetapi biasanya nasi gandul ini memiliki rasa yang lebih gurih dengan nasi lainnya karena penggunaan daun pandan dalam prosesi pemasakannya.

  1. Rondho Royal

Pasti anda asing dengan makanan yang satu ini. makanan ini sangat mudah dalam pembuatannya. Rondo Royal adalah tape atau singkong frementasi yang di goreng dengan minyak goreng atau margarin.

Makanan ini berasal dari daerah Jepara. Rondo Royal memiliki rasa yang manis dan gurih. Kini makanan ini sudah hampir ada diseluruh Jawa Tengah, bahkan anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

  1. Nasi Liwet

Yang satu pasti tidak asing untuk anda. Untuk anda penggemar kuliner pasti pernah mencicipi makanan ini. Makanan ini berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Tapi apakah mencicipi makanan ini di tempat asalnya.

Baca Juga :   4 Daftar Baru Sewa Homestay di Solo Dekat UNS yang Harga-nya Murah

Kalau belum pernah cobalah sesekali untuk mendapatkan sensasi berbeda. Nasi Liwet ini terkenal rasa gurih nasinya yang sulit dibandingkan dan disamakan dengan nasi pada umumnya.

  1. Gethuk

Gethuk adalah makanan ringan atau cemilan khas Jawa Tengah. Makanan ini berbahan dasar singkong yang diolah sedemikian rupa hingga membentuk sebuah makanan yang begitu manis dan gurih.

Setelah jadi dan matang biasanya makanan ini berwarna-warni tidak terlihat sama sekali jika makanan ini terbuat dari singkong. Warna ini biasa didapat secara alami dengan menambahkan pewarna makan alami, tapi terkadang ada yang menggunakan pewarna makanan biasa.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker