Jawa Timur

5 Nama Macam Makanan Khas Jember Jawa Timur : Suwar Suwir, Pecel Gudeg, Pincuk Garahan, Prol/Pia Tape DLL

5 Makanan khas jember jawa timur suwar suwir apa kota kabupaten ciri ringan dari murah jatim tradisional kuliner unik kue masakan daerah makan nama foto macam tempat menu

Masakan yang Bercita Rasa Spesial dari Kota Jember

Jember adalah sebuah kota yang terdapat di yang terdapat di Jawa Timur. Kota ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan bukan hanya karena kota ini memiliki banyak tempat wisata melainkan ada salah satu festival yang cukup terkenal hingga keseluruh dunia.

Yaitu festival fashion yang ada setiap tahunnya di kota tersebut. Karena festival tersebut juga yang menjadikan Jember memiliki banyak sekali kunjungan wisatawan, jika anda tertarik untuk datang ke Jember jangan sampai melewatkan festival ini.

Selain festival ini anda juga dapat menemukan berbagai jenis wisata kuliner yang begitu menarik. Saat anda mengunjungi kota Jember jangan sampai melewatkan makanan khas Jember dapat menggugah selera anda.

  1. Pecel Gudeg

Seperti dengan namanya pecel gudeg adalah makanan perpaduan dua jenis makanan yaitu pecel dan guded. Nasi gudeg beserta isiannya dicampur dengan berbagai bahan pecel seperti kecambah, kacang panjang, daging ayam, ditambah dengan menggunakan sambal pecel yang begitu khas.

Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan lagi rempeyek agar kuliner ini terasa lebih gurih dan lezat. Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah di seluruh penjuru kota Jember.

Rasa gudeg yang gurih dan rasa pecel dan sambalnya begitu khas akan membuat lidah anda dimanjakan oleh cita rasa dari makanan ini.

  1. Pecel Pincuk Garahan
Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Sidoarjo dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Satu lagi menu pecel yang berasal dari kota Jember. Makanan ini mungkin jadi makanan favorit bagi para pecinta kuliner pedas.

Pecel pincuk garahan adalah salah satu pecel yang memiliki rasa begitu pedas, walaupun rasa pedasnya begitu terasa anda masih bisa merasakan rasa manis yang berasal dari bumbu pecel yang diulek secara kasar.

Hal itulah yang menjadikan makanan ini begitu khas. Seperti dengan namanya pecel pincuk menggunakan daun pisang yang dipincuk sebagai alas penyajian dari makanan ini. Sebagai pelengkap pecel ini menggunakan tambahan rebusan sayur tauge, gundo, dan kacang panjang.

Namun sayuran tersebut tidak direbus hingga menjadi lembek.

  1. Prol Tape

makanan khas jember

Dari namanya mungkin anda sudah bisa menebak bahan pembuatan dari makanan yang satu ini. Prol tape adalah olahan lanjutan dari tape. Prol tape terbuat dari tape singkong, tepung terigu, susu, telur, dan mentega.

Prol tape juga memiliki banyak varian rasa yang dapat anda cicipi, beberapa diantara adalah original, keju, kismis, dan coklat. Anda bisa menjadikan makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh selepas pulang dari kota Jember.

Rasa prol tape yang manis, gurih, dan kecut bercampur menjadi satu ini sangat pas dinikmati sebagai cemilan di sore hari bersama secangkir teh.

  1. Suwar-Suwir

Mungkin anda baru untuk mengenal makanan yang satu ini. Suwar suwir adalah makanan khas Jember yang cukup terkenal di Jember. Kuliner yang satu ini adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari tape yang diolah kembali menjadi sebuah dodol namun bertekstur agak keras.

Baca Juga :   7 Penginapan Murah di Pangandaran 2018 Dekat Pantai Barat Timur Untuk Rombongan Keluarga

Pada awalnya makanan ini dibuat dengan menggunakan buah sirsak sebagai tambahan rasa, namun sekarang anda bisa menemukan suwar suwir dalam berbagai varian rasa seperti susu, coklat, strawberry, dan kacang.

Kuliner yang satu ini juga dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh yang begitu khas Jember.

  1. Pia Tape

Satu makanan dari Jember yang terubuat dari tape sebagai bahan dasarnya. Pia tape ini adalah kue pia biasa yang menggunakan bahan dasar tape dalam pebuatannya.

Namun sekarang anda bisa menemukan pia tape yang memiliki rasa tambahan seperti rasa coklat, keju, dan pisang. Kue ini juga dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Jember.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker