Yogyakarta

7 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg dan Bakpia, Bisa Untuk Oleh Oleh Yang Murah dan Tahan Lama

Nikmati wisata kuliner di Kota Jogja, dengan 7 Makanan Khas yang Terkenal Kelezatannya iniĀ Banyak yang bilang Jogja adalah tempat seribu cerita. Mungkin ungkapan ini karena Jogja adalah kota pelajar, yang notabennya banyak pelajar yang berasal dari luar kota menuntu ilmu di kota ini.

Para pelajar tersebut pasti memiliki banyak cerita semasa masa pembelajaran mereka di Jogja. Hidup di Jogja dan makan makanan Jogja.

7 Makanan khas jogja selain gudeg dan bakpia, bisa untuk oleh yang murah dan tahan lama ciri sejarah yogyakarta dan penjelasannya adalah terkenal di malioboro wikipedia beserta hewani

Mungkin yang paling membekas adalah tentang makanan yang ada di Jogja yang memang akan memberikan kesan yang cukup lama di hati para penikmatnya. Berikut ini adalah makanan khas Jogja yang wajib anda cicipi.

  1. Gudeg

makanan khas jogja

Memang tidak ada habisnya jika membahas Jogja dan Gudeg, karena dua hal tersebut adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. di Jogja banyak sekali tempat yang menjual Gudeg di dalam menu mereka.

Gudeg adalah sebuah makanan yan berbahan dasar nangka muda yang diberi santan lalu dimasak hingga matang. Ada tiga buah jenis gudeg di Jogja yaitu Gudeg Basah, Gudeg Kering, dan Guded Manggar.

Gudeg basah adalah gudeg yang biasa kita temukan, dan gudeg kering adalah gudeg yang biasa dijadikan oleh-oleh. Lalu gudeg manggar adalah gudeg yang terbuat dari bunga kelapa, untuk yang satu ini agak sulit ditemukan di Jogja sekalipun.

  1. Soto Sulung

Soto Sulung adalah soto yang terbuat dari daging sapi sebagai bahan dasar utamanya lalu dicampur dengan jeroan sapi dan ditambah dengan kuah soto yang kental lalu ditambag denga potongan telur rebus dan perasan jeruk nipis.

Baca Juga :   8 Penginapan Murah di Malioboro Jogja 2018 Untuk Backpacker dan Keluarga Dibawah 100 Ribu

Salah satu sulung yang terkenal di Jogja adalah soto sulung stasiun tugu. Soto sulung telah ada sejak tahun 1968 dan sekarang telah membuka beberapa cabang di Jogjakarta.

  1. Angkringan

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya angkringan. Angkringan adalah salah satu ikon dari kota Jogja. Walaupun sekarang sudah banyak angkringan di luar kota Jogja, namun angkringan kota Jogja akan memberikan kesan tersendiri.

Angkringan adalah bukan jenis makanan tetapi sejenis pedagang yang menjajakan makanan kecil yang biasanya berdagang pada malam hari. Makanan yang terkenal dari angkringan adalah nasi kucing. dan nasi kucing adalah makanan khas Jogja.

  1. Nasi Goreng Beringharjo

Mungkin anda bisa menemukan nasi goreng diberbagai tempat di Indonesia, namun Nasi Goreng Beringharjo adalah nasi goreng khas Jogja yang tidak bisa anda temukan ditempat lain selain di Jogja.

Nasi goreng ini telah ada sejak tahun 1960 dan hingga sekarang masih menggunakan resep lama dan hal itulah yang membuat nasi goreng ini special dan istimewa dibandingkan dengan nasi goreng lainnya.

  1. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah bakmi yang direbus dengan campuran kol, telur, dan daging ayam. Ditambah denga kuah yang begitu lezat karena campuran bumbunya yang merupakan bumbu khas Jawa.

Makanan ini dimasak di atas anglo dengan api arang yang akan menambah sensasi saat memakannya. Berikut ini adalah tempat penjual Bakmi Jawa yang cukup terkenal di Jogja, yaitu di jalan Bintaran Kulon No 3 & 6.

  1. Brongkos
Baca Juga :   7 Makanan Khas Nusantara yang Mudah Dibuat dan Gambarnya + Asal Daerahnya

Brongkos adalah makanan tradisonal jawa yang masih ada hingga kini. Makanan ini terbuat dari tempe, tahu, kacang tolo, yang diguyur dengan kuah santan yang cukup kental serta kaldu dari daging segar.

Rasa dari brongkos sendiri adalah manis, pedas, dan ditambah kuah kaldu yang menjadi gurih. Penjual borngkos yang cukup terkenal di Jogja adalah yang ada di dekat alun-alun.

  1. Mangut Lele

Mangut lele adalah ikan lele yang ditusuk dengan pelepah daun kelapa sebelum ikan tersebut dibakar diatas tungku.

Dan setelah matang masih harus dimasak lagi dengan kuah santan untuk membuat daging lele menjadi gurih dan nikmat saat dimakan. Mangkut lele yang dimasak menggunakan tungku dan kayu bakar akan memberikan rasa tersendiri dimasakannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker