Kalimantan Tengah

5 Makanan Khas Kalimantan Tengah dan Penjelasannya + Keterangannya SELAIN Juhu Singkah

sewa mobil jogja banner

5 Makanan khas kalimantan tengah dan penjelasannya keterangannya juhu singkah palangkaraya download wikipedia sampit dayak masakan daerah dari tradisional adat pangkalan bun kuala kapuas ada

5 Sajian kuliner yang unik dari Kalimantan Tengah

Pernahkah anda mengunjungi semua tempat di Indonesia.

Indonesia adalah negara penuh dengan tempat yang memiliki keindahan super indah dan eksotis, dan negara yang memiliki kebudayaan yang sangat beragam.

Dari keberagaman budaya membuat setiap dari tersebut memiliki cirri khasnya masing-masing termasuk juga dalam makanan. Banyak menu kuliiner yang unik yang ada di berbagai belahan bumi Nusantara.

Salah satunya adalah menu yang di Kalimantan Tengah. Jika anda pecinta sajian kuliner khususnya sajian kuliner Indonesia maka anda sangat perlu datang ke Kalimantan Tengah untuk menambah pengalaman anda dalam berwisata kuliner.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Kalimantan Tengah yang waijb anda cicipi.

  1. Umbut Rotan

makanan khas kalimantan tengah

Umbut rotan adalah makanan dari Kalimantan Tengah yang terbilang sangat unik. Kuliner asli dari Suku Dayak ini menjadikan rotan sebagai bahan utama dari menu ini. Umbut Rotan juga dikenal dengan sebutan nama uwut nang’e.

Rotan yang biasanya dijadikan sebagai pengganti kayu namun di Suku Dayak dijadikan menjadi salah satu dari sajian kuliner. Namun rotan yang dipakai dalam masakan ini adalah rotan yang masih muda.

Kulit rotan dibuang lalu rotan dipotong kecil-kecil lalu dimasak dengan menggunakan campuran terong dan ikan baung. Rasa dari masakan ini cukup bercampur dari asam, manis, gurih, dan terdapat juga rasa pahit.

Jika anda mengunjungi Kalimantan Tengah jangan sampai lupa mencoba menu yang satu ini.

  1. Juhu Umbut Sawit

Pasti anda akan merasa asing dengan makanan yang satu ini. Kerana memang anda tidak dapat mendapatkan makanan ini di berbagai tempat makan di Kota Besar. Jika anda datang ke Kalimantan Tengah maka jangan lupa berburu makanan dari suku Dayak yang satu ini.

Walaupun makanan ini sulit untuk ditemui tapi untuk suku Dayak makanan ini adalah makanan yang wajib ada saat terdapat perayaan atau terdapat acara-acara syukuran. Makanan ini juga menjadi makanan yang paling diburu oleh para turis yang datang ke daerah Kalimantan Tengah.

  1. Wadi

Wadi adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang sangat khas karena rasanya. Makanan ini terbuat dari daging ikan atau daging babi namun pada biasanya menggunakan daging ikan.

Makanan ini memiliki proses pembuatan yang lumayan lama yaitu setidaknya butuh 5 hari untuk menjadi makanan ini dari bahan mentah menjadi makanan yang siap santap.

Daging yang telah dibersihkan dicampur dengan garam dan didiamkan selama 10 jam lalu dikeringkan dan dicampur kembali dengan sa’mu dan disimpan didalam tempat yang kedap udara seperti stoples, atau kotak kaca sampai 5 hari.

Barulah setalah itu baru daging yang disimpan tersebut dapat diolah kembali dengan cara digoreng dan dicampur dengan berbagai bumbu khusus untuk makanan ini.

  1. Kalumpe

Kalumpe adalah sajian kuliner yang sehat dari Suku Dayak. Kalumpe biasa dikenal juga dengan sebutan karuang. Kalumpe hanya menggunakan daun singkong sebagai bahan utamanya.

Daun singkong di tumbuk hingga menjadi halus, setelah itu daun singkong ditambahkan dengan terong kecil atau terong pipit sebagai pelengkap. Terkadang bagi yang menyukai pedas dapat juga menambahkan sambal, yang biasa digunakan untuk menu yang satu ini adalah sambal terasi.

  1. Bangamat

Jika di Manado Sulawesi ada masakan paniki makan di Kalimantan Tengah ada Bangamat. Bangamat adalah makanan yang terbuat dari kelelawar.

Daging kelelawar dibersihkan dan dimasak dengan hingga matang, biasanya daging kelelawar dimasak bersama dengan sulur keladi atau dengan sayur hati batang pisang.

Kuliner yang satu ini bisa termasuk menjadi sajian kuliner yang cukup ekstrim dan tidak mudah anda temui di tempat lain dan sembarang tempat makan.

Tags

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh