Jawa Timur

5 Daftar Macam Makanan Khas Kediri Jatim : Tahu Takwa, Sate Emprit/Bekicot DLL

5 Makanan khas kediri jatim tahu jawa timur ringan daerah di pare makan masakan kota kabupaten ciri tradisional pokok enak pembuka nama daftar tempat macam artikel foto

Sajian Khas dari Kota Kediri yang Begitu Istimewa

Kediri adalah kota sering terdengar di telinga kita. Tapi bukan hanya karena factor pariwisatanya saja melainkan Kediri adalah pusat industri rokok yang ada di Indonesia.

Beberapa tahun yang lalu Kediri telah dinobatkan sebagai Recommended City for Investment tepatnya pada tahun 2010. Jadi mungkin beberapa dari anda yang pebisnis sering mengunjungi kota yang satu ini.

Selain telah dinobatkan menjadi kota terbaik untuk berinvestadi Kediri juga memiliki berbagai macam sajian kuliner yang sangat menarik.

Jika datang ke Kediri untuk berlibur atau bekunjung untuk berbisnis maka jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kediri yang cukup terkenal di kota tersebut. Berikut ini adalah beberapa makanan yang berasal dari kota Kediri yang patut anda cicipi kelezatannya.

  1. Sate Bekicot

Seperti dengan namanya sate bekicot adalah sate yang terbuat dari daging bekicot. Sate bekicot ini sangat terkenal di Kediri. Makanan khas ini berpusat di Desa Djengkol, Plosoklaten, Kediri. Anda bisa mendapatkan sate bekicot yang memiliki cita rasa tinggi di sana.

Sate bekicot ini diolah dengan menggunakan berbagai bumbu khusus untuk mendapatkan rasa yang begitu lezat dan sulit ditandingi jenis sate lainnya.

Di Desa Djengkol tersebut anda juga bisa mendapatkan berbagai menu olah bekicot lainnya seperti krengsengan bekicot, kripik bekicot, atau oseng-oseng bekicot.

  1. Sate Emprit
Baca Juga :   17 Tempat Ngabuburit di Surabaya Yang Pas Asik Murah Enak

Sate lagi menu sate khas dari Kediri. Selain dari sate bekicot di Kediri juga terdapat sate emprit. Sama seperti namanya sate emprit adalah sate yang mengunakan daging burung emprit sebagai bahan dasar pembuatannya.

Pengolahan sate ini hingga matang hampir sama dengan sate lainnya. Namun sebelum dibakar daging burung emprit diolesi oleh bumbu yang terbuar dari guka merah, bawang putih, dan asam.

Dan setelah dibakar sate ini masih harus diolesi dengan bumbu sate pada umumnya yaitu kecap dan sambal kacang. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan lalapan dalam penyajian makanan yang satu ini.

  1. Soto Kediri

Kediri juga memiliki menu soto khasnya sendiri. Jika dilihat sekilas soto Kediri tidak jauh berbeda dengan soto ayam pada umumnya. Karena memang soto Kediri menggunakan berbagai macam bahan yang sama dengan soto ayam pada umumnya.

Namun ada perbedaan yang sangat mencolok dari makanan tersebut yaitu pada bumbu kuahnya. Soto Kediri menggunakan kuah yang diberi bumbu santa. Sehingga soto Kediri memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan lezat jika dibandingkan dengan soto ayam biasa.

  1. Tahu Takwa

Tahu takwa adalah makanan tradisional khas Kediri. Makanan khas Kediri yang satu ini sudah ada sejak tahun 1912. Tahu ini pertama kali diperkenalkan ke masyarakat Kediri oleh seorang pengusaha China yang beranam Bah Kacung.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi di Surabaya Terbaru Yang Terkenal Dekat Bandara dan Sekitarnya

Tahu takwa memiliki aroma yang sangat khas dan berbeda jika dibandingkan dengan tahu lainnya. Tahu ini memiliki rasa yang lebih lezat dan gurih jika dibandingkan dengan tahu lain.

Yang unik dari tahu takwa ini adalah jika digoreng kulit luar tahu akan terasa begitu crispy namun isi dalam tahu tetap lembut. Karena itulah yang membuat tahu takwa sangat terkenal di Kediri hingga sekarang.

  1. Nasi Pecel Tumpang

makanan khas kediri

Jika nasi pecel biasa mungkin anda bisa menemukannya dengan mudah di tempat lain, tapi bagaimana dengan nasi pecel tumpang.

Nasi pecel tumpang memiliki berbagai macam campuran sayur seperti duan kenikir, daun ketela pohon, daun papaya, kecambah, kacang panjang semua itu diletakan di atas nasi yang masih hangat.

Lalu disiram dengan menggunakan sambel pecel dan sambel tumpang. Sambel tumpang adalah sambel yang memiliki rasa yang pedas, asin, dan gurih.

Tags

Related Articles

One Comment

  1. Nasi Pecel Tumpang dan Soto Kediri memang ngangeni, lihat gambarnya saja langsung membuat perut ini lapar…
    Kuliner Kediri Mantap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker