Jawa Timur

6 Makanan Khas Madura Yang Terkenal di Indonesia Daerah Pamekasan, Bangkalan, Sampang DLL

6 Makanan khas madura yang terkenal di indonesia daerah pamekasan bangkalan sampang nasi jagung sumenep adalah lorjuk bebek kota jajanan dan penjelasannya terbuat dari mulut sapi masuk dalam 30 kuliner

Mengenal berbagai Macam Masakan khas dari Madura

Madura adalah salah satu pulau yang berada di Pulau Jawa bagian timur. Madura sebenarnya tida begitu diunggulkan dalam bidang pariwisatanya kalau dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Pulau Jawa.

Tapi untuk masalah kuliner Madura adalah salah satu kota yang harus anda kunjungi, Madura memeiliki beberapa makanan yang begitu lezat dan sangat khas karena bumbunya.

Mungkin kalau bicara Madura hal pertama yang ada dipikiran adalah sate. Sebenarnya Madura memiliki berbagai makanan selain dari sate. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Madura yang perlu anda tahu.

  1. Sate Madura

makanan khas madura

Sate Madura makanan yang telah menjadi ikon dari kota Madura ini. sate Madura sebenarnya sudah dapat anda temukan diberbagai kota di Indonesia, namun anda akan merasakan sensasi berbeda jika langsung merasakannya langsung di kota asalnya.

Sate Madura ini terbuat dari daging ayam atau kambing biasanya. Lalu untuk bumbunya sate Madura menggunakan rempah-rempah, kecap, kacang yang ditumbuk, bawang merah, dan garam.

Sate Madura dibumbui saat sedang dibakar hingga aroma dari sate dapat tercium dan sangat mengiurkan.

  1. Tajin Sobih

Tajin sobih merupakan makanan ringan asal Madura. Tajin sobih merupakan sebuah jajanan sejenis bubur. Namun bukan hanya sekedar bubur biasa, yang membuat unik dari makanan ini adalah warna bubur dan jenis bubur yang beragam.

Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Harga Tiket Masuknya Murah Meriah

Ada yang berwarna kecoklatan, putih, bahkan ada yang berwarna kemerahan. Jika anda ke Madura pastikan anda tidak melewatkan makanan yang unik satu ini. Diberi nama tajin sobih karena kebanyakan pedagang makanan ini berasal dari Desa Sobih yang terletak di dekat kabupaten Bangkalan.

  1. Topak Ladeh

Jika hari besar di ibukota Jakarta biasanya hanya diramaikan oleh sajian ketupat saja, namun tidak begitu di Madura. di Madura terdapat Topak ladhe yaitu makanan yang biasa disajikan saat hari besar seperti Lebaran.

Sebenarnya jika dilihat sekilas makanan ini terlhat mirip dengan ketupat sayur namun jika diperhatikan makanan memiliki perbedaan yang lumayan signifikan.

Kuah topak ladhe terbuat dari rempah-rempah dan parutan kelapa, serta menggunakan campuran daging sapi. Sebagai tambahan pelengkap biasanya menggunakan kacang panjang dan sayur markisa, dan topping bawang goreng serta cabai.

  1. Nasi Serpang

Nasi serpang adalah makanan khas Madura yang memiliki berbagai cita rasa di dalamnya.

Hal itu dikarenakan makanan ini memiliki berbagai campuran bumbu rempah-rempah yang begitu khas Madura serta bahan utamanya yang beraneka ragam mulai dari hewan yang ada di laut seperti kerang, ikan tongkol dan yang ada di darat daging sapi.

Selain itu banyak tambahan lainnya seperti bihun, telur asin dan kerupuk rambak.

  1. Kaldu Kokot

Jika di daerah kota sekitar Jakarta anda hanya bisa mendapati olahan kacang hijau yang berupa bubur, namun di Madura anda bisa menikmati kaldu kokot yang terbuat dari kacang hijau sebagai bahan utamanya.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi di Malang Jawa Timur dan Sekitarnya Yang Bagus Murah

Yang membuat istimewa adalah kacang hijau tersebut diracik dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, pala, dan daun bawang. Sebagai pelengkap dan lauknya biasanya disajikan dengan kikil sapi atau tulang kaki sapi.

  1. Soto Madura

Soto adalah salah satu makanan khas Nusantara yang memiliki banyak versi diberbagai tempat yang ada di Indonesia. Salah satu daerah yang menyajikan soto sebagai makanan khasnya adalah Madura.

Soto Madura memang tidak seterkenal dengan soto lainnya yang ada di Indonesia seperti soto banjar, ataupun soto Makassar. Namun soto Madura memiliki kelezatannya tersendiri khususnya dibagian kuahnya yang terbuat dari santan.

Satu yang berbeda dari soto ini karena soto ini dibuat dari bahan-bahan yang sebelumnya sudah digoreng bukan direbus.

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker